Selidiki Proyek Reklamasi, Polisi Kumpulkan Dokumen sejak Tahun 1995

Foto udara suasana proyek pembangunan reklamasi Teluk Jakarta di Pantai Utara Jakarta.

Selidiki Proyek Reklamasi, Polisi Kumpulkan Dokumen sejak Tahun 1995
BENTENGSUMBAR. COM - Reklamasi di Teluk Utara Jakarta tengah heboh diperbincangkan. Pasalnya, proyek kewenangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan-Sandiaga Uno turut dicampuri Pemerintah Pusat.

Dilansir dari Kricom. id, Direskrimum Polda Metro Jaya, Kombes Adi Deriyan enggan berpangku tangan melihat polemik reklamasi. Saat ini polisi tengah mencari data valid terkait megaproyek yang sedang heboh tersebut.

"Melihat kondisi seperti itu (pro dan kontra), maka polisi wajib mengetahui apa itu reklamasi DKI Jakarta. Jangan polisi diam, apatis, tidak mau tahu, dan akhirnya hanya menunggu-nunggu laporan saja," terang Adi Deriyan saat ditemui wartawan di Mapolda Metro Jaya, Rabu, 25 Oktober 2017.

Saat ini, Adi telah memerintahkan anggotanya untuk mengumpulkan dokumen-dokumen reklamasi sejak awal dicanangkan yakni sejak tahun 1995 lalu hingga sampai saat ini.

Bahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi-instansi terkait untuk mencari informasi yang akurat.

"Kami harus tahu, itu munculnya tahun 1995, nah ini kita tata dari 1995 muncul apa, apa actionnya, apa kegiatannya, siapa orang-orangnya, apa yang mau didapat dari tahun 95 sampai dengan itu," lanjutnya.

Lewat dokumen tersebut, pihaknya bakal melihat siapa saja yang terlibat. Termasuk, kemungkinan adanya Gubernur DKI terdahulu yang menandatangani dokumen reklamasi juga akan diperiksa.

Adi juga mengklaim selama 46 hari penyelidikan, pihaknya memeriksa belasan saksi. Sayang, dia enggan mendetailkan jumlah dan asal dari saksi itu.

"Ada dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) juga. Semua ada," paparnya.

Diberitakan sebelumnya, pada September 2016 lalu, Ditreskrimsus Polda Metro Jaya mengeluarkan surat perintah penyelidikan. Langkah itu diambil untuk mengetahui apakah ada sesuatu yang salah terhadap reklamasi.

Penyelidikan dilakukan berdasarkan laporan tipe A yang dibuat polisi dengan nomor LP/802/IX/2017/PMJ/Dit.Reskrimsus tertanggal 11 September 2017. Polisi berinisiatif untuk menengahi asumsi masyarakat terkait pro dan kontra terhadap proyek reklamasi tersebut.

"Kita akan tata berdasarkan timeline yang ada. setiap aturan itu pasti ada pijakannya. nah ketika satu aturan dibangun pasti ada pijakannya, apa dasarnya aturan itu dibangun," pungkasnya.

(by)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Selidiki Proyek Reklamasi, Polisi Kumpulkan Dokumen sejak Tahun 1995
Selidiki Proyek Reklamasi, Polisi Kumpulkan Dokumen sejak Tahun 1995
Foto udara suasana proyek pembangunan reklamasi Teluk Jakarta di Pantai Utara Jakarta.
https://4.bp.blogspot.com/-3pprJeDljpo/WfCQNqbgZgI/AAAAAAAAyAc/wBV_TqnEk8En9T7Eb_ezZ_1qvxHsSPsTgCLcBGAs/s640/Reklamasi.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-3pprJeDljpo/WfCQNqbgZgI/AAAAAAAAyAc/wBV_TqnEk8En9T7Eb_ezZ_1qvxHsSPsTgCLcBGAs/s72-c/Reklamasi.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/10/selidiki-proyek-reklamasi-polisi.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/10/selidiki-proyek-reklamasi-polisi.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy