Tekankan Penyerapan APBD Kepada Kepala Daerah, Jokowi: Berpengaruh Terhadap Pergerakan Ekononi Rakyat

Gubernur Irwan mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kepala Daerah se Indonesia.

Tekankan Penyerapan APBD Kepada Kepala Daerah, Jokowi: Berpengaruh Terhadap Pergerakan Ekononi Rakyat
BENTENGSUMBAR. COM - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo hari ini, Selasa, 24 Oktober 2017, mengelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kepala Daerah se Indonesia di Istana Negara.

Rakernas tersebut dihadiri oleh Gubernur, Walikota, dan Bupati se Indonesia, termasuk Gubernur Sumbar Irwan Prayito. 

"Kepala daerah harus kreatif jangan terjebak dengan rutinitas saja," ujar Presiden Jokowi memulai arahannya.

Pada arahan presiden terkait APBD, Joko Widodo minta agar kepala daerah tidak menggunakan pola lama dengan membagi rata anggaran ke dinas-dinas,  di mana Badan Keuangan Daerah dan Bappeda yang menentukan.

“Gubernur harus menentukan garisan kebijakannya untuk anggaran insfratuktur yang bisa meninggalkan legasi dan harus pandai berkomunikasi dengan DPRD,” ujar Presiden.

Selain itu, kata presiden, kepala daerah harus mampu meningkatkan daya beli masyarakat dengan meningkatkan pendapatan mereka dengan memperbanyak proyek atau program padat karya serta berupaya membuka kesempatan kerja.

Sedangkan terkait ekonomi, Presiden Joko Widodo meminta kepala daerah betul-betul memperhatikan pertumbuhan ekonomi daerahnya setiap saat,  serta melakukan terobosan dan antisipasi.

“Kepala daerah harus mengendalikan inflasi daerah. Kepala daerah mesti mengecek terus inflasi,  mengawal dan menindak lanjutinya. Selalu mengupayakan agar harga sembako terkendali,” tegas Presiden.

Selain itu menggenjot ekonomi daerah memperkuat ekonomi nasional, kepala daerah harus meningkatkan ekspor dan investasi.

"Kunci pertumbuhan ekonomi tidak lagi melalui APBN, karena APBN saat ini hanya sebagai stimulan. Ekspor dan investasi menjadi kunci pertumbuhan ekonomi. Investasi di utamakan ke arah industri padat karya, agar terbuka lapangan kerja," terang Joko Widodo.

Presiden juga meminta kepala daerah mempercepat izin-izin investasi dan pengurusannya dipersingkat.

“Di pusat saja sembilan izin bisa rampung tiga  jam. Kalau bisa di daerah lebih cepat dari itu,” tantang Presiden Joko Widodo.

Tak hanya itu, presiden juga menekankan supaya kepala daerah harus lebih kreatif dan jangan terjebak dengan rutinitas.

“Selain itu bekerja pun harus sistemik dan memakai sistem informasi teknologi. Di antaranya e-pleaning,  e-budgetting dan e-prokrumen. Sistem tersebut akan di kuatkan dalam bentuk Peraturan Presiden, sehingga meminimalisir dari tindakan koruptif,” ujarnya.

Pada bagian lain presiden menekankan kepala daerah untuk harus mampu berinovasi.

“Jangan bergantung kepada APBD dan APBN saja, tetapi harus kreatif dan inovatif mencari sumber-sunber pendapatan lain, seperti pinjaman dari PT SMI (kementerian keuangan); untuk membangun pasar,  rumah sakit,  irigasi dan lainnya,” ujar Joko Widodo.

Sedangkan untuk pertanian, Presiden RI ingatkan kepala daerah se Indonesia, tidak saja beroriantasi kepada persoalan pupuk belaka, tetapi juga memikirkan persoalan paska panen serta juga soal packaging,  sehingga memiliki nilai tambah bagi para petani.

Dan soal peningkatan SDM yang profesional dengan menumbuhkan vocasional school. Seperti mendorong SMK yang jurusannya disesuaikan dg kebutuhan daerah, kebutuhan tenaga kerja. Artinya SMK yang adabtif dan responsif sesuai kebutuhan daerah.

Dan pada pertemuan Rakernas itu, Joko Widodo juga menegaskan agar serapan APBD diperhatikan.

“Jangan sampai APBD tidak terserap. Sebab serapan APBD berpengaruh terhadap pergerakan ekononi rakyat,”ujarnya.

Penyerapan APBD ini, presiden meminta, jangan sampai ada dana yang terlalu lama parkir di bank daerah.

“Ini tidak baik terhadap pergerakan perekonomian. Sata instruksikan agar dana ini segera dicairkan oleh kepala daerah dalam bentuk program-program yang berpihak kepada rakyat,”ujarnya.

Pada arahan terkahirnya, Presiden menekankan tentang peran dan kewenangan masing-masing, yaitu peran gubernur, bupati / wako.

“Sesuai UU nomor 23. Sangat jelas tentang peran masing-masing kepala daerah,  mulai peran menetapkan kebijakan, pembinaan, pengawasan dan tanggung jawab,”ujarnya.

(jr)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Tekankan Penyerapan APBD Kepada Kepala Daerah, Jokowi: Berpengaruh Terhadap Pergerakan Ekononi Rakyat
Tekankan Penyerapan APBD Kepada Kepala Daerah, Jokowi: Berpengaruh Terhadap Pergerakan Ekononi Rakyat
Gubernur Irwan mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kepala Daerah se Indonesia.
https://3.bp.blogspot.com/-0GKbs1IygPE/We9X-Uh8wDI/AAAAAAAAx7Q/pXDkFd26W_kXRjIRju1WQq5xo8YNfjfggCLcBGAs/s640/Rakornas.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-0GKbs1IygPE/We9X-Uh8wDI/AAAAAAAAx7Q/pXDkFd26W_kXRjIRju1WQq5xo8YNfjfggCLcBGAs/s72-c/Rakornas.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/10/tekankan-penyerapan-apbd-kepada-kepala.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/10/tekankan-penyerapan-apbd-kepada-kepala.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy