Tugu Tani Dituding Simbol Komunis, Moeldoko: Patung itu adalah Patung Pahlawan

Mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal (Purn) Moeldoko berkomentar soal Tugu Tani yang dituding sebagai simbol komunis.

Tugu Tani Dituding Simbol Komunis, Moeldoko: Patung itu adalah Patung Pahlawan
BENTENGSUMBAR.COM - Mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal (Purn) Moeldoko berkomentar soal Tugu Tani di Jakarta Pusat yang belakangan dituding sebagai simbol komunis, termasuk oleh demonstran aksi 29 September (299) lalu.

Dia mengajak setiap pihak untuk bijak memaknai simbol-simbol, termasuk Patung Pahlawan yang berdiri di Menteng itu.

"Saya pikir kita mesti bijak memaknai setiap simbol-simbol. Jangan lihat dari fisiknya, tapi melihat untuk apa patung itu dulu dibuat. Patung itu adalah Patung Pahlawan. Patung itu cermin dari keberhasilan pertempuran di Irian Barat sehingga dilukiskan dalam bentuk patung,” kata Moeldoko, beberapa waktu lalu.

Moeldoko, yang juga Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), mengatakan bahwa di Patung Pahlawan yang berdiri 1963 tersebut tertulis "Hanya Bangsa yang Dapat Menghargai Pahlawan-pahlawannya yang Dapat Menjadi Bangsa Besar.”

Baginya, patung itu sebagai simbol menggambarkan bagaimana seorang ibu membekali anaknya yang akan berangkat ke medan operasi. Itu sebenarnya simbol dan ditarik menuju doktrin sistem pertahanan negara.‎ Sistem pertahanan negara yang dimaksud adalah Sistem Pertahanan Rakyat Semesta sebagaimana termaktub dalam UUD 1945.

“Bahwasanya sistem pertahanan negara tidak hanya dibangun oleh komponen utama, bukan hanya oleh TNI. Di situ ada komponen cadangan dan di situ ada kompenen pendukung yang juga rakyat,” papar doktor jebolan Universitas Indonesia (UI) ini.

Menurut Moeldoko, jika semua pihak memaknai secara positif Sistem Pertahanan Rakyat Semesta yang digambarkan Patung Pahlawan tersebut, maka ini akan menjadi faktor yang membuat negara-negara lain gentar.

“Ini sebuah deterrent factor (gertakan) terhadap negara-negara lain. Hati-hati lho jangan coba-coba menyerang Indonesia, karena semua dari bangsa Indonesia memiliki hak untuk mempertahankan kedaulatan negaranya,” tegas Moeldoko.

(by/beritasatu)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Tugu Tani Dituding Simbol Komunis, Moeldoko: Patung itu adalah Patung Pahlawan
Tugu Tani Dituding Simbol Komunis, Moeldoko: Patung itu adalah Patung Pahlawan
Mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal (Purn) Moeldoko berkomentar soal Tugu Tani yang dituding sebagai simbol komunis.
https://1.bp.blogspot.com/-t_EOU3K5kI0/WdXI2cmwy3I/AAAAAAAAwcQ/bookeN3ApRkCIg88l9zSjrzAs7xnRp01gCLcBGAs/s640/Tugu%2BTani.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-t_EOU3K5kI0/WdXI2cmwy3I/AAAAAAAAwcQ/bookeN3ApRkCIg88l9zSjrzAs7xnRp01gCLcBGAs/s72-c/Tugu%2BTani.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/10/tugu-tani-dituding-simbol-komunis.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/10/tugu-tani-dituding-simbol-komunis.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy