Wagub Perintahkan Dinas Tekait Siapkan Sarana Pendukung Produksi Kedele

Wagub Perintahkan Dinas Tekait Siapkan Sarana Pendukung Produksi Kedele
BENTENGSUMBAR.COM - Wakil Gubernur Nasrul Abit melakukan Pencanangan Gerakkan Tanam Perdana Serempak Kedele Tahun 2017 dalam rangka pelaksanaan program luas tambah tanam (LTT), Padi, Jagung Kedele ( Pajale) di Provinsi Sumbar yang dipusatkan di jorong Sungai Sanda Nagari Lubuak Gadang Timur, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan, Jum'at, 6 Oktober 2017.

Hadir dalam kesempatan itu, Anggota DPR RI, Dr. Hermanto, Wakil Bupati Abdul Rahman, utusan Kementrian Pertanian, Danrem 032 Wirabraja, Kadis Pertanian, penyuluh pertanian, ketua Gapoktan se Solsel, kelompok tani Kuti Anyia Saiyo. 

"Kita mengetahui tanaman kedele bagi masyarakat petani Sumbar  kurang menarik, selain kondisi lahan, dimana kedele memerlukan air yang cukup selama pertunbuhan, kelebihan dan kekeringan tanaman kedele tidak dapat tumbuh dengan baik. Karena itu rata-rata produksi hasil kedelai Sumbar masih rendah, bekisar 1,15 - 1,32 ton/ha, dengan luas tananam berflutuasi sangat signifikan sekitar 296 ha dengan produksi 1,19 ton/ha yang dibandingkan luar negeri 2,3 -3 ton/ha," ungkap Wagub.

Tahun ini karena percepatan swasembada tanaman kedele, Indonesia menargetkan tananam kedele Sumatera Barat 15.000 ha, yang dicanangkan hari ini. Oleh karena itu kepada dinas dan pihak terkait agar menyiapkan sarana dan prasarana pemasaran yang jelas, sehingga hasil produktif kedele masyarakat Sumbar dapat menjadi tambahan penghasilan yang menguntungkan, selain padi dan jagung. 

"Jangan nanti setelah panen besar kedele terjadi masalah bagi petani kedele kan kasihan kita, capek-capek kerja tidak membawa keuntungan," seru Nasrul Abit.

Ia mengatakan, kondisi saat kebutuhan kedele bagi masyarakat sangat tinggi dari produksi, 241,05 ton perbulan atau 2.892,6 ton pertahun. Dan untuk menutupi kebutuhan kedele Sumbar didatangkan dari Jambi, Riau dan Medan. Hal ini semata-mata untuk kebutuhan industri pengolahan kedele Sumbar yang ada 18 perusahaan tahu dan tempe.

Parahnya, produksi kedele Sumbar tidak stabil dari tahun ketahun, cendrung menurun sejak tahun 1996 -2006. Sebagai contoh tahun 1996 produksi kedele Sumbar 13.408 ton dan pada tahun 2006 hanya 1.438 ton. Produksi kedele pernah tertinggi tahun 2000 sebesar 12.686 ton. Hal ini karena pada tahun sebelumnya pemerintah mencanangkan program aksi "Gema Palagung", yang bertujuan menanggulangi krisis pangan akibat kekeringan, serangan hama dan penyakit, serta menurunya produktifitas tanaman.

Dikatakannya, berdasarkan instruksi dari kementrian pertanian sebagai mewujudkan swasembada kedele dengan kerjasama TNI-AD, sekaligus melepaskan diri dari ketergantungan import dan luar negeri, melalui program Perluasan Tanam (LTT) provinsi Sumatera Barat tahun 2017 seluas tanam 15.000/ha yang tersebar di 10 kabupaten di Sumatera Barat, yang diperkirakan dapat menghasilkan 18.000 ton kedelai. 

"Kesepuluh daerah itu, kabupaten Pasaman, Padang Pariaman, Pasaman Barat, Limapuluh Kota, Agam, Tanah Datar, Sijunjung, Dhamaamsraya, Solok Selatan dan Pesisir Selatan," sebut Wagub Nasrul Abit.

Wakil bupati Abdul Rahman mengatakan, dari sepuluh kabupaten yang ikut program tambah tanam kedele ini, di Jorong Sungai Sundra ini merupakan yang terbesar seluas 600 ha, dari target 2.500 ha di Solok Selatan sudah dapat terealisasi 1.540 ha. 

"Program ini berkah bagi masyarakat Jorong Sungai Sundra yang juga telah sukses dengan program jagung. Dan tahun ini Solok Selatan juga mencetak sawah baru 92 ha dengan hasil produksi panen lebih besar," ujar Abdul Rahman.

Acara diakhiri dengan gerakkan pencanangan tanam kedelale oleh Wagub Nasrul Abit, Wabup Abdul Rahman, Forkopimda, Anggota DPR RI Hermanto.

(zardi)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »