Wismar Panjaitan Heran Pemko Padang Ngotot Terkait Penyertaan Modal Perumda PSM

Ketua Fraksi Perjuangan Bangsa DPRD Kota Padang, Wismar Pandjaitan.

Wismar Panjaitan Heran Pemko Padang Ngotot Soal Penyertaan Modal Perumda PSM
BENTENGSUMBAR.COM - Ketua Fraksi Perjuangan Bangsa DPRD Kota Padang, Wismar Pandjaitan menilai Pemerintah Kota Padang terlalu terburu-buru dan ngotot untuk memasukan anggaran penyertaan modal untuk Perusahaan Daerah Padang Sejahtera Mandiri (Perumda PSM) di anggaran APBD tahun 2018. Ia pun mempertanyakan keinginan pemko tersebut.

"Ada apa Pemko terlalu ngotot untuk penyertaan modal Perumda PSM ini, kan sudah disampaikan dalam paripurna waktu itu, bahwasanya DPRD meminta agar pemko merevisi terlebih dahulu terkait Perda tentang Pendirian Perusahaan Daerah Padang Sejahtera Mandiri ini," ujarnya. 

Apatah lagi, katanya, DPRD Kota Padang telah melakukan konsultasi ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan mendapat masukkan dari tenaga ahli, pakar ekonomi dan ahli hukum beberapa waktu lalu agar Perda Perusda PSM ini direvisi dan dilakukan kajian - kajian yang jelas. Dan saat itu juga direkomendasikan bukan perusahaan daerah namanya, tetapi PT (Perseroan Terbatas). 

"Karena yang namanya perusahan daerah itu selama ini banyak yang merugi. Sementara untuk PT sendiri dimana nantinya Direktur PT ini akan bertanggungjawab atas deviden dan modal yang diberikan pemerintah," ungkapnya.

Selain itu, jelas Wismar, harus jelas kajian yang disampaikan pihak PSM ke DPRD Kota Padang mengenai Feasibility Studynya (FS) PSM tersebut. Namun, kajian secara detail dari PSM belum ada disampaikan.

"Kenapa harus ngotot agar penyertaan modal PSM ini agar dimasukkan di anggaran 2018," tegas Wismar anggota Komisi II DPRD Padang ini,  Rabu, 11 Oktober 2017.

Wismar mengaku mendapat informasi bahwa setelah rapat pimpinan DPRD Kota Padang, seluruh fraksi diminta bertemu oleh Walikota di rumah dinasnya. Dalam pertemuan itu, informasi yang didapat, katanya lagi, walikota meminta tolong agar Paripurna APBD Tahun Anggaran 2018 ditunda hingga akhir November 2017 ini, guna menunggu revisi Perda Pendirian Perusda PSM ini.

"Kenapa harus terburu - buru dalam hal ini, seharusnya ada kajian - kajian jelasnya terlebih dahulu karena sebelumnya yang namanya perusahaan daerah ini banyak yang merugi," pungkasnya.

Dikatakannya, Perusda PSM dalam hal ini ingin melakukan usaha dalam pengelolaan perparkiran dan distributor semen. Padahal, PT. Semen Padang sendiri kan juga sudah ada anak perusahaannya untuk itu.

Menurutnya, perusahaan daerah itu berfungsi membina perekonomian, bukan mematikan usaha masyarakat yang ada. Untuk itu,  perusahaan daerah yang dibentuk harus pada bidang usaha yang tidak bisa dilakukan masyarakat. Dalam aturannya perusahaan daerah itu tidak boleh menggangu usaha yang telah ada.

"Nah di sana perlunya kajian kelayakan investasi tersebut. Jangan ini nantinya yang akan membunuh usaha yang telah ada. Ini namanya bukan membantu tapi membunuh usaha yang sudah ada, membunuh rakyat namanya. Seolah-olah ini menurutnya ingin menyelamatkan direktur-direktur maupun direksi PSM yang diangkat kemarin itu," pungkas politisi PDI Perjuangan ini. 

(by/mul)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Wismar Panjaitan Heran Pemko Padang Ngotot Terkait Penyertaan Modal Perumda PSM
Wismar Panjaitan Heran Pemko Padang Ngotot Terkait Penyertaan Modal Perumda PSM
Ketua Fraksi Perjuangan Bangsa DPRD Kota Padang, Wismar Pandjaitan.
https://1.bp.blogspot.com/-9RULqn6ga_s/Wd957907oZI/AAAAAAAAw7w/H0bX5D8DSe8QTTcyH8t7K8IaoWzmiUXtwCLcBGAs/s640/Wismar.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-9RULqn6ga_s/Wd957907oZI/AAAAAAAAw7w/H0bX5D8DSe8QTTcyH8t7K8IaoWzmiUXtwCLcBGAs/s72-c/Wismar.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/10/wismar-panjaitan-heran-pemko-padang.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/10/wismar-panjaitan-heran-pemko-padang.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy