Emzalmi: Konsep Pendidikan Budaya dan Agama Menjadi Prioritas Warga Kota

Emzalmi: Konsep Pendidikan Budaya dan Agama Menjadi Prioritas Warga Kota
BENTENGSUMBAR. COM - Sebagai Waki Wali Kota Padang, Emzalmi menegaskan, konsep pendidikan budaya dan agama menjadi prioritas warga kota Padang. Demikian disampaikannya ketika ketika menghadiri Silaturahmi Dunsanak, Urang Sumando, dan Anak Pisang Suku Melayu Parak Laweh kota Padang, Sumatera Barat, Minggu, 19 November 2017.

Menurutnya, Indonesia memiliki ragam budaya, adat istiadat dan suku bangsa. Dari Sabang sampai Merauke terdapat beragam macam suku bangsa dan tidak terhitung lagi jumlahnya. Inilah yang menjadi ciri khas dari Indonesia yaitu ragam budaya, adat istiadat, bahasa dan suku bangsa, namun terasa erat tali silaturahmi antara satu dan lainnya.

"Untuk itu, konsep pendidikan budaya dan agama menjadi prioritas warga kota Padang. Kehidupan suatu bangsa erat sekali kaitannya dengan tingkat pendidikan. Pendidikan bukan hanya sekedar mengawetkan budaya dan meneruskannya dari generasi ke generasi, akan tetapi juga diharapkan dapat mengubah dan mengembangkan pengetahuan," cakapnya.

Ia mengatakan, pendidikan bukan hanya menyampaikan keterampilan yang sudah dikenal, tetapi harus dapat meramalkan berbagai jenis keterampilan dan kemahiran yang akan datang, dan sekaligus menemukan cara yang tepat dan cepat supaya dapat dikuasai oleh anak didik.

Pendidikan merupakan usaha yang sengaja secara sadar dan terencana untuk membantu meningkatkan perkembangan potensi dan kemampuan anak agar bermanfaat bagi kepentingan hidupnya sebagai seorang individu dan sebagai warga negara atau masyarakat, dengan memilih isi atau materi, strategi kegiatan, dan teknik penilaian yang sesuai, ungkapnya.

Dilihat dari sudut perkembangan yang dialami oleh anak, jelas wawako, maka usaha yang sengaja dan terencana tersebut ditujukan untuk membantu anak dalam menghadapi dan melaksanakan tugas-tugas perkembangan yang dialaminya dalam setiap periode perkembangan. Dengan kata lain, pendidikan dipandang mempunyai peranan yang besar dalam mencapai keberhasilan dalam perkembangan anak.

Pada kesempatan itu, wawako juga mengingatkan, daerah Sumatra Barat, khususnya kota Padang rawan bencana gempa bumi dan tsunami. 

"Maka dari dini kita harus tahu betul-betul dan dilakukan untuk mengidentifikasi potensi bencana gempa bumi dan tsunami di kota Padang dengan meningkatkan pemahaman dan kesiapsiagaan masyarakat dan sebagai dasar dalam mendukung perencanaan pembangunan yang berwawasan bencana," ulasnya. 

(by/dp)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »