Fahri: MKD Enggak Bisa Sekonyong-konyong Copot Setnov dari Ketua DPR

Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah menyebut, Setnov tidak bisa digeser sebagai Ketua DPR.

Fahri: MKD Enggak Bisa Sekonyong-konyong Copot Setnov dari Ketua DPR
BENTENGSUMBAR. COM - Posisi Setya Novanto (Setnov) sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mulai digoyang. Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) mulai menyinggung perihal pergantian Setnov.

Posisi Setnov yang digoyang ini terjadi pasca dirinya mengenakan rompi oranye alias menjadi tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah menyebut, Setnov tidak bisa digeser sebagai Ketua DPR. Menurutnya, MKD tidak bisa mengganti Setnov yang kini terlilit persoalan hukum di KPK.

"Enggak bisa. Kalau menurut UU MD3 dan tata tertib enggak bisa," ucapnya saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta Pusat, Selasa, 21 November 2017.

Fahri menerangkan, meski menjadi tahanan, status hukum Setnov saat ini masih sebagai tersangka. Sedangkan pergantian Ketua DPR baru bisa dilakukan setelah kasus yang menyeret Setnov masuk ke pengadilan.

"Dari sisi mekanisme internal DPR, kita tahu bahwa MKD baru bisa memproses setelah statusnya sebagai terdakwa, menuju proses pemberhentian sementara," ujar Fahri.

Lagi pula, lanjutnya, Setnov telah mengajukan praperadilan dari kasus yang menyeretnya di KPK. Dari praperadilan itu, status tersangka yang tersemat ke Setnov masih bisa gugur.

"Kita tunggu saja, karena saya mendengar bahwa Setnov tetap mengajukan proses praperadilan dan itu akan disidang dalam waktu yang tidak terlalu lama dan akan ada hasilnya. Jadi prosesnya itu masih di praperadilan belum masuk peradilannya," lanjutnya.

Diketahui, Setya Novanto menjadi tahanan KPK dalam kasus dugaan korupsi e-KTP. Setnov disangkakan melanggar Pasal 2 ayat (1) subsider Pasal 3 Undang-Undang Republik Inonesia Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan Tipikor Juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1‎ KUHP‎.

(Sumber: Kricom)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Fahri: MKD Enggak Bisa Sekonyong-konyong Copot Setnov dari Ketua DPR
Fahri: MKD Enggak Bisa Sekonyong-konyong Copot Setnov dari Ketua DPR
Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah menyebut, Setnov tidak bisa digeser sebagai Ketua DPR.
https://3.bp.blogspot.com/-JW-n3leHTgw/WhW73QHyr8I/AAAAAAAAJko/fGPQ_ADQPaQTf_6xomPAGBNgN1yn1OQHwCLcBGAs/s640/Fahri%2BHamzah.jpeg
https://3.bp.blogspot.com/-JW-n3leHTgw/WhW73QHyr8I/AAAAAAAAJko/fGPQ_ADQPaQTf_6xomPAGBNgN1yn1OQHwCLcBGAs/s72-c/Fahri%2BHamzah.jpeg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/11/fahri-mkd-enggak-bisa-sekonyong-konyong.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/11/fahri-mkd-enggak-bisa-sekonyong-konyong.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy