IWO: Dewan Pers Tak Pernah Keluarkan Kebijakan Pembatasan terhadap Kerja Wartawan di Lapangan

Ketua Umum IWO Jodhi Yudono berjabatan tangan dengan Ketua Dewan Pers, Stanley Adi Parsetyo.

IWO: Dewan Pers Tak Pernah Keluarkan Kebijakan Pembatasan terhadap Kerja Wartawan di Lapangan
BENTENGSUMBAR. COM - Pimpinan Pusat (PP) Ikatan Wartawan Online (IWO) melayangkan nota protes terkait pembatasan peliputan oleh wartawan di beberapa instansi pemerintah. Kasus terakhir terjadi di Polda Jawa Timur. 

Polda Jatim hanya membolehkan wartawan yang medianya terdaftar di Dewan Pers yang melakukan peliputan. Pebatasan tersebut tentu saja membuat heboh publik, terutama para kuli tinta di negeri ini.

Pimpinan Pusat IWO pun melayangkan nota protes pada Kamis, 9 November 2017, yang ditujukan kepada Kepala Divisi Humas Instansi Pemerintah, TNI dan POLRI.

"Berkait dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh beberapa Divisi Humas belakangan ini, yang membatasi kerja wartawan dari perusahaan media yang belum terverifikasi Dewan Pers untuk tidak boleh meliput di lingkungan instansi pemerintah, kami Ikatan Wartawan Online (IWO) melalui surat ini mengajukan nota protes," tegas Jodhi Yudono, Ketua Umum IWO melalui siaran persnya, Kamis, 9 November 2017.

Beberapa alasan ia kemukakan pada nota protes tersebut. Menurutnya,  setelah melakukan pembicaraan pribadi dengan Ketua Dewan Pers (DP), Stanley Adi Parsetyo pada Rabu, 8 November 2018,  melalui whatsApp, ternyata pihak Dewan Pers tidak pernah mengeluarkan kebijakan pembatasan atas kerja wartawan di lapangan.

"Setelah saya melakukan pembicaraan pribadi dengan Ketua Dewan Pers saudara Stanley Adi Parsetyo pada Rabu, 8 November 2018 pukul 13.00 WIB melalui WhatsApp, ternyata pihak DP tidak pernah mengeluarkan kebijakan pembatasan atas kerja wartawan di lapangan, termasuk meminta kepada instansi pemerintah untuk melarang wartawan yg peruaahaannya belum terverifikasi," tegasnya.

Dikatakannya, pelarangan yang diterbitkan oleh beberapa instansi telah melanggar UU Pers nomor: 40 tahun 1999 karena termasuk menghalang-halangi kerja wartawan untuk mencari informasi di instansi negara sebagai representasi dari instansi yang dibiayai publik (masyarakat).

Apatah lagi, kata Jhodi, upaya verifikasi media dan wartawan IWO saat ini sedang dalam proses verifikasi yang membutuhkan waktu panjang mengingat keterbatasan tenaga atau petugas Dewan Pers yang melakukan verifikasi.

"Atas alasan-alasan tersebut di atas, kami mohon kesediaan saudara untuk dapat bekerjasama dengan tidak membatasi kerja kawan-kawan wartawan di lingkungan kerja saudara," harapnya pada nota protes dimaksud.

(by)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: IWO: Dewan Pers Tak Pernah Keluarkan Kebijakan Pembatasan terhadap Kerja Wartawan di Lapangan
IWO: Dewan Pers Tak Pernah Keluarkan Kebijakan Pembatasan terhadap Kerja Wartawan di Lapangan
Ketua Umum IWO Jodhi Yudono berjabatan tangan dengan Ketua Dewan Pers, Stanley Adi Parsetyo.
https://2.bp.blogspot.com/-cczrOp9fE0U/WgSFahAjaTI/AAAAAAAAJI4/kTBhUgw_ZqQDlRlPDqnDzO4yY3Jijt22QCLcBGAs/s640/IMG-20171109-WA0071.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-cczrOp9fE0U/WgSFahAjaTI/AAAAAAAAJI4/kTBhUgw_ZqQDlRlPDqnDzO4yY3Jijt22QCLcBGAs/s72-c/IMG-20171109-WA0071.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/11/iwo-dewan-pers-tak-pernah-keluarkan.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/11/iwo-dewan-pers-tak-pernah-keluarkan.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy