JK Pastikan Masjid Tak Jadi Tempat Kampanye Politik

Ketua Umum (Ketum) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla(JK).

JK Pastikan Masjid Tak Jadi Tempat Kampanye Politik
BENTENGSUMBAR. COM - Sebagai Ketua Umum (Ketum) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla(JK) meyakini bahwa masjid tidak akan menjadi tempat kampanye jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di 171 daerah tahun 2018 ataupun pemilihan umum (pemilu) 2019.

"Undang-Undang (UU) tidak membolehkan," kata JK usai membuka Muktamar VII Dewan Masjid Indonesia (DMI) di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Sabtu, 11 November 2017.

Menurut JK, jika masjid dijadikan tempat kampanye maka jamaah sendiri yang akan menghentikan. Sebab, ia meyakini jamaah dalam satu masjid memiliki pilihan yang beragam.

"Pengalaman selama ini tidak ada (kampanye di masjid). Kalau ada yang kampanye di masjid bisa jamaah juga itu menghentikannya karena di masjid itukan berbagai-bagai partai, berbagai-bagai pilihan. Jadi, biasanya di masjid memang tidak akan terjadi (kampanye)," katanya.

Tangkal Radikalisme

Kemudian, dalam Muktamar VII DMI, JK mengajak seluruh pengurus masjid yang datang tidak hanya menolak rumah ibadah menjadi tempat kampanye, tetapi juga menjaga masjid dari upaya radikalisasi.

"Kita menjaga jangan masjid itu tiba-tiba jadi radikal, jadi provokatif. Khatib mengkritk boleh-boleh saja, mengkritik yang positif tidak dengan cara provokasi orang. Itu sekali lagi pimpinan (DMI) daerah harus koordinasikan," ujarnya.

Ia menegaskan bahwa pengurus masjid harus paham latar belakang penceramah dan juga siapa jamaah masjidnya. Selanjutnya, yang terpenting tetap menjaga ideologi Islam Nusantara, Islam jalan tengah.

Sebagaimana diketahui, tempat ibadah dilarang menjadi tempat kampanye. Hal itu diatur dalam Pasal 69 Undang-Undang Nomor 01 Tahun 2015 sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Perobahan Kedua atas UU No. 1 Tahun 2015 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No. 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota menjadi undang-undang.

Berdasarkan Pasal 69 huruf i para pasangan calob dilarang berkampanye dengan menggunakan tempat ibadah dan tempat pendidikan.

Kemudian, sempat juga diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 12 Tahun 2016 tentang Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Dalam Pasal 66 ayat 1 huruf J, jelas disebut bahwa dalam kampanye dilarang menggunakan tempat ibadah dan/atau tempat pendidikan

(buya/BeritaSatu.com)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: JK Pastikan Masjid Tak Jadi Tempat Kampanye Politik
JK Pastikan Masjid Tak Jadi Tempat Kampanye Politik
Ketua Umum (Ketum) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla(JK).
https://3.bp.blogspot.com/-Q_lqWjDUAQI/Wge61tsMtTI/AAAAAAAAJS4/E_uR7FaAfjwhkpgzx8_is4ZgslJmPBvaQCLcBGAs/s640/JK1.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-Q_lqWjDUAQI/Wge61tsMtTI/AAAAAAAAJS4/E_uR7FaAfjwhkpgzx8_is4ZgslJmPBvaQCLcBGAs/s72-c/JK1.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/11/jk-pastikan-masjid-tak-jadi-tempat.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/11/jk-pastikan-masjid-tak-jadi-tempat.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy