Kebakaran Pasar Aua Kuniang, NA: Saya Minta Jangan Ada Isu-isu yang Menyesatkan Masyarakat

BENTENGSUMBAR. COM -  Pemerintah Provinisi Sumatera Barat prihatin atas terbakarnya Pasar Aua Kuniang Kota Bukittinggi, Sumatera Barar,  Jumat,  17 November 2017 pagi,  sekira pukul 04.30 WIB.  

Demikian disampaikan Wakil Gubernur Nasrul Abit disela-sela kunjungan kerja meninjau pemadaman kebakaran Pasar Aua Kuniang tersebut. Kehadiran Wagub Nasrul Abit dan rombongan bertepatan saat akhir padamnya titik-titik api dilokasi kebakaran di Gedung G. 

"Ini adalah musibah yang membuat kita sedih. Saya minta jangan ada isu-isu yang menyesatkan masyarakat. Kita serahkan semua kepada pihak kepolisian untuk melakukan tugasnya. Mari kita jaga bersama keamanan dan ketentram hidup masyarakat di Kota Bukitinggi," tukuknya didampingi Wakil Walikota Bukittinggi Irwandi, Jumat,  17 November 2017.

Ia meminta agar seluruh gedung lama yang ada,  termasuk juga bangunan pasar  yang dibangun  sebelum tahun 80-an dilakukan pemeriksaan instalasi listriknya oleh pihak-pihak terkait.

"Apakah masih layak atau perlu diganti, termasuk perlunya menambahkan pemasangan instalasi air hidran seperti gedung-gedung yang dibangun saat ini," ujarnya.

Saat ini sedang dilakukan inventarisir kerusakan yang terjadi oleh Pemko Bukittinggi berdasarkan laporan sementara sebanyak 136 petak kios dan lapak pedagang yang terbakar. Dan hasil pemikiran sementara ada kemungkinan pedagang  yang lapak dan kiosnya terbakar akan dipindahkan sementara di Blok J di Pasar Aur Kuning.

"Namun sebelum itu dilakukan perlu melibatkan pemilik toko, agar tidak terjadi salah persepsi antara pemerintah dengan masyarakat. Kita tidak berharap ada demo-demoan, duduk bersama membahas segala persoalan lebih baik dan lebih efektif," ungkapnya. 

Pemko Bukittinggi diharapkan segera membuat laporan baik kepada Gubernur Sumatera Barat, juga kepada pemerintah pusat, Presiden dan Wakil Presiden untuk menindak lanjuti bagaimana pembangunan kedepannya, baik untuk kepentingan masyarakat dan baik juga untuk kemajuan pembangunan di Kota Bukittinggi, ujar Nasrul Abit.

Wagub Nasrul Abit juga menyampaikan, apresiasi kepada Ketua DPRD Kota Bukittinggi yang menunda penetapan APBD 2018 agar segera menyusun anggaran untuk ikut kembali memperbaiki atau membangun kembali pasar Aua Kuniang ini pada tahun 2018.

"Kita berharap saja tim investigasi, penelitian kerusakan pasar Aua Kuniang ini segera dapat memperlihatkan hasil analisis dan kajian baik kondisi gedung ataupun perbaikan gedung yang akan dilakukan," tegasnya. 

"Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan berupaya memberikan bantuan sesuai aturan yang berlaku, namun karena pagu anggaran sudah ditetapkan kemungkinan itu dapat dibantu melalui dana kebencanaan, kita tunggu kebijakan Bapak Gubernur nantinya," lanjutnya.

Wagub Nasrul Abit dalam kesempatan itu juga menyampaikan, untuk finis Tour De Singkarak, Kota Bukittinggi tetap sebagai lokasi finis TdS tahun 2017 ini, karena secara aktifitas kondisi jalan tidak terganggu oleh kejadi kebakaran ini.

"Kita berharap kegiatan TdS tahun 2017 dapat berjalan dengan baik, dan malam ini di Kota Batusangkar akan dilakukan Grand Opening Tour De Singkarak 2017, juga akan dihardiri tokoh, menteri," urainya. 

Wakil Walikota  Bukittiggi Irwandi dalam kesempatan itu juga menyampaikan, pemkot Bukittinggi masih melakukan  berbagai penyelidikan terhadap kejadian kebakaran Pasar Aua Kuniang. Tim terkait masih bekerja, dan hasil kerja tim masih ditunggu. 

"Selain itu apa langkah-langkah yang akan kita ambil, Walikota akan dilakukan rapat bersama fokopimda, DPRD dalam menyikapi kondisi ini, karena itu kita masih menunggu kedatangan Bapak Walikota yang saat ini masih berada di luar daerah," ujarnya. 

Soal ada aspirasi masyarakat pasar Aua Kuniang agar pemko Bukittinggi mengeser pagar satu meter kedalam, ini juga akan dibahas bersama  dalam rapat ini, mudah-mudahan bapak Walikota sore ini sudah kembali, katanya.

(zardi) 

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »