KPK Peringatkan Setnov Agar Tak Tarik Presiden pada "Pusaran" Kasus yang Menimpanya

Kabiro Humas KPK Febri Diansyah.

KPK Peringatkan Setnov Agar Tak Tarik Presiden pada "Pusaran" Kasus yang Menimpanya
BENTENGSUMBAR. COM - Absen dari pemanggilan penyidik KPK, Setya Novanto beralasan harus ada izin Presiden Joko Widodo (Jokowi). Apa kata KPK?

"Bagi KPK sebenarnya pelaksanaan tugas yang kita lakukan sebaiknya tetap diletakkan di koridor hukum, dan Presiden saya kira punya tugas yang jauh lebih besar. Jadi jangan sampai kemudian ketika itu tidak diatur Presiden juga ditarik-tarik pada persoalan ini," ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin, 6 November 2017.

Surat yang diterima KPK hari ini disebut Febri mengatasnamakan Kesetjenan dan Badan Keahlian DPR. Surat yang intinya menyatakan KPK harus mengantongi izin Presiden sebelum memanggil Novanto ini ditandatangani oleh Pelaksana tugas (Plt) Sekjen DPR Damayanti, bukan oleh Novanto sendiri.

"Sejauh ini kita berharap semua pihak tidak mempersulit penanganan perkara yang sedang ditangani oleh KPK. Itu kita sampaikan kepada semua pihak. Apalagi undang-undang sebenarnya sudah cukup jelas mengatur hal tersebut," tutur Febri.

Dibuatnya surat oleh DPR disebut Febri merupakan salah satu hal yang dicermati KPK. Sebab menurut catatan KPK, surat surat izin yang pernah disampaikan oleh Novanto atas ketidakhadirannya selain pernah dibuat oleh DPR, juga pernah dibuat oleh Novanto sendiri, bahkan keluarganya.

"Karena sebelumnya memang ada juga surat-surat dari kesekretariatan jenderal. Namun ada juga surat yang ditandatangani sendiri oleh saksi. Namun ada juga surat dari keluarga dan kuasa hukum dalam proses pemanggilan saksi-saksi yang lain itu tentu perlu kita cermati," kata Febri.

Terkait kasus e-KTP, alasan itu sendiri baru pertama kali dilontarkan pihak Novanto. Padahal sebelumnya Novanto sudah dipanggil 8 kali, baik sebagai saksi maupun tersangka.

Pada pemanggilan terakhir sebagai saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudihardjo yakni Senin, 30 Oktober 2017 lalu, Novanto menyampaikan izin sedang bertemu dengan konstituen dalam masa reses. Bahkan dirinya sendiri yang menandatangani surat itu.

"Dan saat ini alasannya adalah karena putusan MK dan UU MD3 mengatakan harus ada izin Presiden," ucap Febri.

Namun menurut Juru Bicara KPK ini, komisi antirasuah saat ini sedang mempelajari surat dari DPR tertanggal 6 November 2017 itu, termasuk konsekuensi hukum berikutnya. Terutama terkait kasus dengan tersangka Anang Sugiana Sudihardjo yang saat ini sedang diproses di penyidikan. 

(by/detik.com)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: KPK Peringatkan Setnov Agar Tak Tarik Presiden pada "Pusaran" Kasus yang Menimpanya
KPK Peringatkan Setnov Agar Tak Tarik Presiden pada "Pusaran" Kasus yang Menimpanya
Kabiro Humas KPK Febri Diansyah.
https://1.bp.blogspot.com/-WfZCszmBLOs/WgBvvjPy40I/AAAAAAAAI7E/zoKeXl0N_GQ3Vx1zMBZ-BwCSLILhQxzBQCLcBGAs/s640/Febri.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-WfZCszmBLOs/WgBvvjPy40I/AAAAAAAAI7E/zoKeXl0N_GQ3Vx1zMBZ-BwCSLILhQxzBQCLcBGAs/s72-c/Febri.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/11/kpk-peringatkan-setnov-agar-tak-tarik.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/11/kpk-peringatkan-setnov-agar-tak-tarik.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy