Tak Ada Kepastian Ganti Rugi Proyek Irigasi Batang Sinamar, Warga Blokir Jalan

Warga memblokir jalan menuju proyek irigasi Batang Sinamar.

Tak Ada Kepastian Ganti Rugi Proyek Irigasi Batang Sinamar, Warga Blokir Jalan
BENTENGSUMBAR. COM - Warga Nagari Pangian, Kecamatan Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar memblokir jalan lokasi proyek irigasi Batang Sinamar. Ini buntut dari ketidakjelasan ganti rugi sawah warga yang tidak bisa digarap akibat irigasi tradisional yang tertimbun galian proyek. 

Informasi yang dihimpun dari lokasi, warga awalnya sudah menjalin komunikasi dengan pihak kontraktor dan Kasatker dari Balai Sungai Sumatera Wilayah V dan menyampaikan bahwa setidaknya 20 ha sawah warga tidak bisa digarap karena irigasi mereka tertimbun karena galian proyek Irigasi Batang Sinamar. 

Awalnya pihak Satker mempersilakan warga memasukkan surat permohonan ganti rugi. Warga pun sudah mengirimkan surat, namun tak digubris.

"Pihak perusahaan sempat turun ke lokasi, namun mengatakan mereka hanya akan memperbaiki irigasi yang tertimbun, namun tak ada itikad baik untuk mengganti rugi sawah yang dua tahun lebih tak bisa digarap," ujar Reni Roza, salah seorang warga yang ikut memblokir jalan. 

Menurut Reni, lahan warga yang kekeringan adalah Sawah Alahan Godang, Tolang dan Sambuang. Ini karena irigasi bandar sampul tertimbun.

Warga sudah berupaya menjalin komunikasi intensif dengan para pengambil kebijakan dalam proyek itu, namun tak digubris. Setiap ditemui, jawaban yang diberikan hanya normatif dan tidak ada ketegasan. 

Reni menegaskan, tuntutan warga ada tiga. Pertama, perbaiki irigasi yang ditimbun. Kedua, ganti kerugian warga yang tidak bisa bercocok tanam selama dua tahun lebih. 

"Selanjutnya, normalisasi lahan warga yang sudah ditumbuhi rumput dan duri putri malu," jelas perempuan yang juga anggota Badan Perwakilan Rakyat Nagari (BPRN) Pangian ini. 

Ketua Ikatan Pemuda Pangian Raya (IPPR) Arfianto Dt Tan Kayo mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Perhimpunan Bantuan Hukum dan Hak Asasi Manusia (PBHI) dan Wahana Lingkungan hidup (Walhi) Sumbar untuk menggugat perusahaan terkait permasalahan ini. 

"Pihak PBHI dan Walhi sudah ke lokasi dan mengumpulkan data. Jika tidak bisa dikomunikasikan, tidak ada pilihan lain, pemuda Pangian akan dampingi warga menggugat ke jalur hukum," tegas Arfianto. 

(by/hijrah)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Tak Ada Kepastian Ganti Rugi Proyek Irigasi Batang Sinamar, Warga Blokir Jalan
Tak Ada Kepastian Ganti Rugi Proyek Irigasi Batang Sinamar, Warga Blokir Jalan
Warga memblokir jalan menuju proyek irigasi Batang Sinamar.
https://1.bp.blogspot.com/-7EEtHuUHMDY/WgCnZDo1-tI/AAAAAAAAI9k/0aKzhztYab4V0i-2GBwejcX7x-diioiiQCLcBGAs/s640/IMG_20171106_170933.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-7EEtHuUHMDY/WgCnZDo1-tI/AAAAAAAAI9k/0aKzhztYab4V0i-2GBwejcX7x-diioiiQCLcBGAs/s72-c/IMG_20171106_170933.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/11/tak-ada-kepastian-ganti-rugi-proyek.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/11/tak-ada-kepastian-ganti-rugi-proyek.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy