Wagub Nasrul Abit: Pengawasan dan Pembinaan Pengelolaan Dana Desa Penting Dilakukan

Seminar Nasional "Problematika pengelolaan keuangan daerah dan desa: peluang dan tantangan dalam mewujudkan pengelolaan keuangan yang efisien, efektif dan akuntabel".

Wagub Nasrul Abit: Pengawasan dan Pembinaan Pengelolaan Dana Desa Penting Dilakukan
BENTENGSUMBAR. COM - Pengawasan dan pembinaan pengelolaan keuangan desa menjadi amat penting guna mewujudkan pemerintah yang baik dan bersih di mulai dari desa. Ini guna mewujudkan nawa cita pemerintahan pusat saat ini fokus, membangun  dari pinggir untuk memajukan pembangunan Indonesia,  karenanya dana desa mengucur banyak yang mesti dikelola baik untuk memajukan pembangunan di daerahnya agar tidak terjerat dalam masalah hukum. 

Hal ini disampaikan Wagub Sumbar Drs. H. Nasrul Abit Dt Malintang Panai sebagai Nara Sumber pada Seminar Nasional "Problematika pengelolaan keuangan daerah dan desa: peluang dan tantangan dalam mewujudkan pengelolaan keuangan yang efisien, efektif dan akuntabel" di Kampus IPDN Sumatera Barat, 22 November 2017.

Hadir dalam kesempatan  itu,  Gubernur Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Prof. Dr. H. Ermaya Suradinata, SH, MH, MS.,  Rafdinal, S.Sos, M.TP PLT. Direktur Perencanaan dan Identifikasi Daerah Tertinggal Kementrian Desa, PDT dan Transmigrasi RI ,  Direktur IPDN Baso Dr. H. Abdul Malik, Wakil Walikota Pariaman, Kapolres Bukittinggi dan beberapa Kepala Desa se Sumbar.

Wagub Nasrul Abit dalam kesempatan menyampaikan, saat ini jumlah desa/nagari di Sumatera Barat yaitu 885 nagari dan dana desa yang diterima Sumatera Barat sebesar Rp. 765.559.965.000, yang efisiennya 1,4T. Penyaluran dana desa tersebut sudah diberikan pada tahap I sebesar 60% dan tahap II pada bulan agustus 40%.

"Kita tahu dana desa tersebut sudah dipergunakan sesuai aturan yang berlaku,  meskipun masih belum sempurna dalam pengelolaannya. Di Sumatera Barat sendiri dana desa tersebut sudah digunakan untuk bidang pembangunan, pemberdayaan, bumdes/bumnag, produk unggulan desa dan kawasan desa, embung desa, sarana olahraga, pelayanan teknologi tepat guna dan pelayanan sosial dasar," ujarnya.

Untuk itu Saat ini pemerintah juga sudah menyiapkan ada pendamping desa untuk membantu pengelolaan dana desa ini dan baru-baru ini juga sudah dilaksanakan MoU antara Kemendagri, Kemendes PDT dan Kepolisian RI terkait pengelolaan dana desa ini, ujar Nasrul Abit. 

Wagub Nasrul Abit juga menerangkan,  desa/nagari ini terdiri dari 5 kategori yaitu, desa sangat tertinggal, desa tertinggal, desa berkembang, desa maju, dan desa mandiri. Saat ini di Sumbar baru memiliki 7 desa mandiri. Jika kita bandingkan dengan jumlah desa yang ada di Sumbar tentu ini masih jauh dari yang diharapkan.

"Kita meminta agar setiap wali nagari  dan perangkatnya betul-betul mengikuti aturan-aturan berlaku dalam penyelenggaraam pengelolaan dan pemakaian dana desa ini, sehingga tidak ada perangkat nagari yang terlibat masalah hukum,"  himbau Nasrul Abit Dt. Malintang Panai.

(zardi)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Wagub Nasrul Abit: Pengawasan dan Pembinaan Pengelolaan Dana Desa Penting Dilakukan
Wagub Nasrul Abit: Pengawasan dan Pembinaan Pengelolaan Dana Desa Penting Dilakukan
Seminar Nasional "Problematika pengelolaan keuangan daerah dan desa: peluang dan tantangan dalam mewujudkan pengelolaan keuangan yang efisien, efektif dan akuntabel".
https://4.bp.blogspot.com/-1-hO2dLjLD0/WhWnG_VrVGI/AAAAAAAAJjc/fLYZ9MCF-soBh_oNNdrO03_FxvxP06sbgCLcBGAs/s640/IMG-20171122-WA0074.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-1-hO2dLjLD0/WhWnG_VrVGI/AAAAAAAAJjc/fLYZ9MCF-soBh_oNNdrO03_FxvxP06sbgCLcBGAs/s72-c/IMG-20171122-WA0074.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/11/wagub-nasrul-abit-pengawasan-dan.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/11/wagub-nasrul-abit-pengawasan-dan.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy