Banjir, Anies Bakal Gusur Rumah Warga Bantaran Kali di Jati Padang

Banjir di DKI Jakarta.

Banjir, Anies Bakal Gusur Rumah Warga Bantaran Kali di Jati Padang
BENTENGSUMBAR. COM - Wilayah yang rawan banjir di Jakarta salah satunya ialah Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Pada Senin, 11 Desember 2017, 23 warga di kawasan ini mengungsi di musala karena rumahnya terendam banjir. Penyebab banjir ialah jebolnya tanggul sungai.

Di pinggir sungai tersebut terdapat beberapa bangunan rumah warga. Sebagai salah satu solusi jangka panjang menangani banjir, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengungkapkan rencananya membongkar rumah warga tersebut.

Anies mengatakan jika tak dibongkar, banjir akan selalu terjadi. Sungai juga ada yang tertutup dan di atasnya dijadikan lokasi pembangunan rumah. "Jadi istilah mereka adalah sungai hilang karena memang hilang. Kita jalan itu tertutup seratus persen. Lebarnya kira-kira tinggal 1 meter. Jadi selama problem itu masih ada selalu kita akan temui," jelasnya, Rabu, 13 Desember 2017.

Saat menginspeksi tanggul di Jati Padang tadi pagi, ia juga bertemu warga yang rumahnya tepat di pinggir sungai. Kepada warga ia mengutarakan keinginannya melakukan pembongkaran.

Jika tak digeser dan dibongkar, keberadaan bangunan itu menghalangi aliran sungai. "Saya bicara kalau kita harus perbaiki ini ibu harus geser, tidak mungkin tidak karena rumahnya ibu sudah menghalangi aliran sungai dan saya bilang pada beliau ini bukan soal melanggar aturan tapi ibu tega tidak melihat tetangga pada kebanjiran seperti itu," terangnya.

Karena keberadaan rumah di pinggir sungai itu, warga yang lain selalu kebanjiran. Menurut Anies, warga yang tinggal di pinggir sungai sepakat untuk dibongkar.

"Tadi saya ngomong ke beberapa orang ini bukan soal mentaati peraturan, perda, pergub, bukan sekedar itu," ujarnya.

"Ini menyelamatkan tetangga, bahwa tetangga sengsara terus selama setiap musim hujan. Dan ternyata di daerah itu sudah setiap tahun terjadi begitu. Tapi sudah disampaikan ke semua karena itu terjadi setiap tahun bukan berarti lalu terbiasa dan didiamkan. Justru karena ini terjadi setiap tahun, maka solusinya dalam jangka panjang, bukan jangka pendek," sambungnya.

Dalam waktu dekat ia akan memanggil Wali Kota Jakarta Selatan, camat dan lurah membahas pembongkaran ini. Ia juga akan mengajak jajarannya melihat dari dekat satu per satu rumah di pinggir sungai dan berbicara dengan warga.

"Saya akan datangi lagi tempat itu. Dan kita akan memastikan bahwa tidak ada lagi hambatan aliran sungai di daerah itu," tandasnya.

(Sumber: merdeka.com)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Banjir, Anies Bakal Gusur Rumah Warga Bantaran Kali di Jati Padang
Banjir, Anies Bakal Gusur Rumah Warga Bantaran Kali di Jati Padang
Banjir di DKI Jakarta.
https://3.bp.blogspot.com/-Jf3qb7W_MH0/WjFT5JQMwZI/AAAAAAAAKkk/LRusJrfFUFQZ4aYN0IYhgdsFKdS_jr0LwCLcBGAs/s640/Banjir.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-Jf3qb7W_MH0/WjFT5JQMwZI/AAAAAAAAKkk/LRusJrfFUFQZ4aYN0IYhgdsFKdS_jr0LwCLcBGAs/s72-c/Banjir.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/12/banjir-anies-bakal-gusur-rumah-warga.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/12/banjir-anies-bakal-gusur-rumah-warga.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy