Miko Kamal: Indeks Transparansi BUMN Masih Rendah

Penelitian ini diketuai oleh Miko Kamal, S.H., LL.M, PhD dengan anggota Dr Akmal, SE, Msi, dan Riyan Hidayat, SH.

Miko Kamal: Indeks Transparansi BUMN Masih Rendah
BENTENGSUMBAR. COM - Hasil penelitian yang dilakukan Pascasarjana Universitas Bung Hatta (UBH) bekerjasama dengan Institut untuk Reformasi Badan Usaha Milik Negara (Ireformbumn) menunjukkan indeks transparansi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih rendah. 

Penelitian berbasis website tersebut dilakukan pada tanggal 1 September 2017 hingga 26 November 2017. Penelitian ini diketuai oleh Miko Kamal, S.H., LL.M, PhD dengan anggota Dr Akmal, SE, Msi, dan Riyan Hidayat, SH. 

"Penelitian ini penting kita adakan, sebab dari sisi model kepemilikan (ownership), masyarakat Indonesia adalah pemilik yang sebenarnya (ultimate shareholders) BUMN. Sedangkan pemerintah adalah pemegang saham wakil (acting shareholders) di BUMN yang mewakili seluruh rakyat Indonesia, sehingga masyarakat berhak mendapatkan informasi tentang keadaan BUMN yang mereka miliki," ujar Miko Kamal saat menggelar jumpa pers dengan wartawan, Kamis, 21 Desember 2017, bertempat di Lt. II Gedung Pascasarjana UBH.

Miko Kamal: Indeks Transparansi BUMN Masih Rendah
Selain itu, katanya lagi, transparansi merupakan salah satu prinsip tata kelola perusahaan (Good Corporate Governance) disamping prinsip lainnya yaitu akuntabiliti (accountability), responsibility (responsibility), independensi (independence) dan kewajaran (fairness). Transparansi dalam pengelolaan BUMN sangat penting karena dengan dilaksanakannya prinsip tersebut, ultimate shareholders bisa dengan leluasa melakukan kontrol terhadap keadaan BUMN.

"Data primer yang kami gunakan pada penelitian ini adalah data-data yang tersedia pada website BUMN masing-masing dan data pada website Kementerian Badan Usaha Milik Negara. Adapun data sekunder kami ambil dari buku-buku dan artiel-artikel ilmiah menyangkut corporate governance dan transparansi serta peraturan perundang-undangan terkait," jelas Miko Kamal. 

Ia mengatakan, menurut Kementerian BUMN pada tahun 2016, jumlah BUMN adalah 119. Karena yang diteliti dalam penelitian ini adalah semua BUMN yaitu 119, maka yang menjadi sampel penelitian ini adalah 119 BUMN tersebut. Sedangkan, prinsip transparansi yang digunakan dalam riset ini mengacu kepada Pasal 14 UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Namun, UU No. 14 Tahun 2008 tidak mewajibkan BUMN mempublikasikan informasi sebagaimana dimaksud di dalam Pasal 14 melalui webiste. 

Miko Kamal: Indeks Transparansi BUMN Masih Rendah
"Hasil penelitian menunjukkan, persentase jumlah BUMN yang transparan masih relatif sedikit atau masih rendah, yaitu di bawah 50% atau tepatnya 43,6%. Dan persentase jumlah BUMN yang tidak transparan cukup besar, yaitu 43,6%. Ironisnya, masih ada BUMN perseroan terbatas terbuka yang terkategori sebagai BUMN yang tidak transparan. Kita juga menyayangkan, beberapa website BUMN tidak memuat informasi yang dibutuhkan (tidak update)," tegas Miko.

Dikatakan Miko, untuk mendukung terselenggaranya pemberian informasi publik yang transparan secara cepat dan biaya murah, Kementerian Badan Usaha Negara seharusnya mengeluarkan kebijakan yang mengharuskan semua BUMN untuk menggunakan website sebagai media untuk menyampaikan kewajiban transparansi publik mereka. Selain itu, seharusnya BUMN lebih cepat dalam melakukan update informasi.

(by)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Miko Kamal: Indeks Transparansi BUMN Masih Rendah
Miko Kamal: Indeks Transparansi BUMN Masih Rendah
Penelitian ini diketuai oleh Miko Kamal, S.H., LL.M, PhD dengan anggota Dr Akmal, SE, Msi, dan Riyan Hidayat, SH.
https://2.bp.blogspot.com/-ENXYv3-_gPQ/WjvqhAh0niI/AAAAAAAAK9I/A_zJADzvgI064M64QwUq1y3xnX1NaXG2QCLcBGAs/s640/Miko.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-ENXYv3-_gPQ/WjvqhAh0niI/AAAAAAAAK9I/A_zJADzvgI064M64QwUq1y3xnX1NaXG2QCLcBGAs/s72-c/Miko.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/12/miko-kamal-indeks-transparansi-bumn.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/12/miko-kamal-indeks-transparansi-bumn.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy