Temuan TPID, Pasar Murah Bantu Turunkan Inflasi di Kota Padang

Kepala Bagian Perekonomian Pemkot Padang, Edi Darma menjelaskan peran TPID dalam mengurangi tingkat inflasi.

Temuan TPID, Pasar Murah Bantu Turunkan Inflasi di Kota Padang
BENTENGSUMBAR. COM - Kepala Bagian Perekonomian Pemkot Padang, Edi Darma, mengatakan, pasar murah adalah salah satu cara untuk mengurangi tingkat inflasi di Kota Padang. Dengan pasar murah harga di pasaran dapat stabil dan tidak merugikan rakyat.

Dijelaskan Edi, saat jumpa pers di ruangan Media Center Balai Kota Padang, Rabu, 20 Desember 2017, inflasi per November 2017 mengalami penurunan yang cukup baik yaitu sebesar 0,48%, dan untuk keseluruhan di 2017 mencapai 1,39 %. Ini membuktikan bahwa tingkat inflasi di Kota Padang bisa ditekan dengan murahnya harga bahan pokok.

“Kita juga dapat melihat lansung ketika sebelum hari raya Idul Fitri, harga bahan pangan yang biasanya melonjak tajam. Tapi tahun ini tidak begitu signifikan," ungkap Edi.

“Telah menjadi satu pembuktian bagi TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah), bahwa pasar murah berhasil membantu dalam menekan tingginya angka bahan pokok di pasaran, seperti, cabai, bawang, telur dan lainnya," ulasnya lagi.

Ditambahkannya, program Pemkot Padang menanam cabai dan bawang di halaman rumah juga dapat mengurangi pengeluaran masyarakat. Sebagaimana dilihat dari daerah percontohan penanaman cabai dan bawang yang menunjukkan hasil diluar dugaan.

“Pada awalnya kita ragu akan keberhasilan dari menanam bawang dan cabai di Kota Padang, tapi hasilnya diluar dugaan. Cabai dan bawang berhasil ditanam di Kota Padang, bahkan dengan rentan waktu yang lebih cepat,” ungkap Edi.

Contohnya saja, bawang merah yang di panen pada tanggal 6 Desember lalu. Dari awal penanaman dan panen hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 bulan, dengan jumlah bawang yang biasanya dalam satu rumpun ada 35 buah bawang, akan tetapi di Kota Padang berhasil menumbuhkan 45 buah bawang dalam satu rumpun.

“Ini bisa menjadi solusi dalam mengurangi harga bahan pangan di Kota Padang," ulas Edi. “Dalam waktu dekat, Pemkot Padang akan kembali mengadakan pasar untuk meringankan beban masyarakat,” tambahnya lagi. 

(LL/Mg)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Temuan TPID, Pasar Murah Bantu Turunkan Inflasi di Kota Padang
Temuan TPID, Pasar Murah Bantu Turunkan Inflasi di Kota Padang
Kepala Bagian Perekonomian Pemkot Padang, Edi Darma menjelaskan peran TPID dalam mengurangi tingkat inflasi.
https://3.bp.blogspot.com/-uHM9v_Dujuo/Wjp_OsqIdSI/AAAAAAAAK50/KkQ_1q_P5E8qIvHFFN8BvAz0cqJiZv5cgCLcBGAs/s640/Edi%2BDarma.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-uHM9v_Dujuo/Wjp_OsqIdSI/AAAAAAAAK50/KkQ_1q_P5E8qIvHFFN8BvAz0cqJiZv5cgCLcBGAs/s72-c/Edi%2BDarma.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/12/temuan-tpid-pasar-murah-bantu-turunkan.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/12/temuan-tpid-pasar-murah-bantu-turunkan.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy