Terima Anugerah Dana Rakca dari Presiden, Irwan Prayitno: Menunjukan Kinerja Keuangan Kita Baik

Anugerah diserahkan oleh Presiden Joko Widodo kepada Gubernur Irwan Prayitno di Istana Negara Bogor, Rabu, 6 Desember 2017.

Terima Anugerah Dana Rakca dari Presiden, Irwan Prayitno: Menunjukan Kinerja Keuangan Kita Baik
BENTENGSUMBAR. COM - Pemerintah Provinsi Sumbar kembali menerima Anugerah Dana Rakca. Penghargaan tersebut diberikan karena kinerja keuangan Pemprov Sumbar yang dinilai baik serta menerima opini WTP lima kali berturut-turut.

Anugerah diserahkan oleh Presiden Joko Widodo kepada Gubernur Irwan Prayitno di sela penyerahan Daftar Isian Penggunaan Anggaran (DIPA) di  Istana Negara Bogor, Rabu, 6 Desember 2017.  

"Ini penghargaan dalam hal pengelolaan keuangan yang dinilai terbaik oleh pemerintah. Dengan anugerah ini menunjukan kinerja keuangan kita baik," sebut Gubernur Irwan Prayitno.

Dikatakannya, indikator daerah yang diberikan anugerah Dana Rakca yakni, kestabilan ekonomi Sumbar yang terus mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan juga dilihat dari segala sektor diantaranya lapangan usaha, pertanian, kehutanan, perikanan serta transportasi dan perdagangan.

"Indikatornya cukup banyak, namun tolak ukur paling tinggi berada pada pengelolaan keuangan,"ulasnya.

Menurutnya, selama ini dalam hal pengelolaan keuangan Pemprov Sumbar cukup baik. Itu dibuktikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Sumbar yang terus memperoleh  opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI. 

Hingga WTP lima kali berturut-turut sejak 2012. Selama ini Sumbar memang memiliki prestasi  Laporan Keuangan Daerah yang lebih baik dengan meraih WTP beturut-turut. Serta, penghargaan dari Kementerian Keuangan yang menilai dalam menyusun dan menyajikan laporan  keuangan tahun 2016 dengan capaian sangat tertinggi.

Acuan lainnya, ketepatan penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan dan juga ketepatan sasaran dalam pelaksanaan APBD.

Selain itu, Pemprov Sumbar juga dinilai terkait dengan pelayan dasar seperti kesehatan, pendidikan dan infrastruktur yang sangat baik. Sehingga, penghargaan tersebut, kata Irwan sangat berarti bagi Pemprov Sumbar akan semakin memicu serta memotivasi Pemprov Sumbar untuk berbuat lebih baik lagi.

"Anugerah ini adalah hasil kerja keras seluruh unsur di jajaran Pemprov Sumbar. Memberi pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Dan, penghargaan ini juga tak lepas dari dukungan semua elemen dan masyarakat itu sendiri,” pungkasnya.

Tahun ini, Anugerah Dana Rakca hanya diberikan kepada tiga provinsi yaitu Provinsi Sumbar, Jatim dan Sumsel. Berkat keberhasilan pemerintah provinsi Sumatera Barat meraih penghargaan tersebut, pemerintah pusat memberikan dana alokasi Dana Insentif Daerah (DID) minimum sebesar Rp71 miliyar.

Kedepan, pemerintah daerah tampaknya harus mulai serius menata keuangan daerah. Pemerintah pusat telah menyiapkan dana intensif daerah (DID) yang jumlahnya mencapai miliaran rupiah.

Pada Tahun 2016 Pemprov Sumbar juga menerima penghargaan yang sama. Bersama 65 daerah lainnya yang memiliki kinerja keuangan yang baik berhak mendapat DID 2016.

Editor: Zamri Yahya
Penulis: Jasman Rizal

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Terima Anugerah Dana Rakca dari Presiden, Irwan Prayitno: Menunjukan Kinerja Keuangan Kita Baik
Terima Anugerah Dana Rakca dari Presiden, Irwan Prayitno: Menunjukan Kinerja Keuangan Kita Baik
Anugerah diserahkan oleh Presiden Joko Widodo kepada Gubernur Irwan Prayitno di Istana Negara Bogor, Rabu, 6 Desember 2017.
https://2.bp.blogspot.com/-KWrLcn1_8jE/Wif6J7AXLCI/AAAAAAAAKN4/SSNLDuFnX3MhP1fQXC988DUmt3LRsBgmACLcBGAs/s640/cats.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-KWrLcn1_8jE/Wif6J7AXLCI/AAAAAAAAKN4/SSNLDuFnX3MhP1fQXC988DUmt3LRsBgmACLcBGAs/s72-c/cats.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/12/terima-anugerah-dana-rakca-dari.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/12/terima-anugerah-dana-rakca-dari.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy