Terkait Jumlah Peserta Reuni 212, Dosen Unpad: 7,5 Juta Menurut Saya Berlebihanlah

Panitia Reuni Alumni 212 mengklaim jumlah peserta yang hadir di Monas, Jakarta Pusat, mencapai lebih dari 7,5 juta orang.

Terkait Jumlah Peserta Reuni 212, Dosen Unpad: 7,5 Juta Menurut Saya Berlebihanlah
BENTENGSUMBAR. COM - Panitia Reuni Alumni 212 mengklaim jumlah peserta yang hadir di Monas, Jakarta Pusat, mencapai lebih dari 7,5 juta orang. Peneliti serta dosen ilmu politik dan keamanan di Universitas Padjadjaran, Bandung, Dr Muradi, tidak sependapat.

"Saya kira jumlah massanya tidak lebih dari 35 ribu sampai 40 ribu orang," kata Muradi kepada wartawan, Sabtu, 2 Desember 2017.

Muradi menjelaskan estimasi jumlah massa itu didapatnya dari sejumlah perhitungan. Pertama adalah kalkulasi atau perhitungan luas wilayah dikalikan jumlah massa yang berdiri di kawasan Monas.

"Katakanlah orang yang berdiri, duduk, dan sebagainya, dibagi jumlah square luas tanah yang diduduki. Kalau penuh saja Monas itu (massa, red) berdiri sampai ke rumput-rumputnya, maka totalnya sekitar 700-800 ribuan orang. Tapi kan itu nggak sampai penuh kan, tapi meluber ke Patung Kuda. Patung Kuda kalau dikalkulasi, total keseluruhan tidak lebih dari 700 ribuan," jelasnya.

"Jadi kalau (jumlah massa Reuni Alumni 212, red) diklaim sampai 7,5 juta ya menurut saya berlebihanlah," sambung Muradi.

Muradi menjelaskan dirinya juga hadir di lokasi Reuni Alumni 212. Menurut dia, estimasi jumlah massa yang dimiliki polisi soal jumlah massa yang hadir juga sama dengan hitung-hitungannya, yakni 35-40 ribu orang.

Muradi menekankan tidak mungkin jumlah massa yang hadir pada Reuni Alumni 212 lebih dari 7,5 juta orang. Dia juga menyatakan jumlah massa kali ini tidak lebih banyak dari Aksi 212 pada 2016.

Menurut Muradi, laporan yang dia terima sekitar pukul 12.00 WIB massa, juga sampah-sampah sebagai efek samping acara itu, sudah bersih dari dalam kawasan Monas. Jadi menurutnya, tidak mungkin jumlah massa mencapai jutaan orang. "Kalau jumlah massanya diklaim sebanyak itu, maka ada eskalasi waktu untuk bergesernya massa," ucapnya. 

"Jadi ini supaya publik mendapatkan berita yang pas terkait dengan acara itu. Saya juga di lapangan. Jadi meluruskan saja supaya tidak terjadi distorsi informasi," sambungnya. 

(by/detik.com)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Terkait Jumlah Peserta Reuni 212, Dosen Unpad: 7,5 Juta Menurut Saya Berlebihanlah
Terkait Jumlah Peserta Reuni 212, Dosen Unpad: 7,5 Juta Menurut Saya Berlebihanlah
Panitia Reuni Alumni 212 mengklaim jumlah peserta yang hadir di Monas, Jakarta Pusat, mencapai lebih dari 7,5 juta orang.
https://2.bp.blogspot.com/-cn1eE8uBft0/WiKUFw0lANI/AAAAAAAAKDA/GRmw6DHizJcdAxRd0X2ilqCRcy3uRmCzQCLcBGAs/s640/Aksi%2B212.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-cn1eE8uBft0/WiKUFw0lANI/AAAAAAAAKDA/GRmw6DHizJcdAxRd0X2ilqCRcy3uRmCzQCLcBGAs/s72-c/Aksi%2B212.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/12/terkait-jumlah-peserta-reuni-212-dosen.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/12/terkait-jumlah-peserta-reuni-212-dosen.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy