Wagub Nasrul Abit: Perlu Asuransi Bagi Masyarakat yang Berdampak Bencana

Acara APEC Seminar on Disaster Risk Financing in The Asia Pasific Region di Kota Padang, Selasa, 5 Desember 2017.

Wagub Nasrul Abit: Perlu Asuransi Bagi Masyarakat yang Berdampak Bencana
BENTENGSUMBAR. COM - Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Nasrul Abit berharap, Menteri Keuangan untuk mengadakan asuransi kepada masyarakat yang terkena dampak bencana, khususnya masyarakat yang berpenghasilan rendah.

"Sumatera Barat yang terbagi menjadi 12 Kabupaten dan 7 Kota, dan dari 7 Kota tersebut ada 3 diantaranya yang memiliki indeks resiko bencana yang tinggi, diantaranya Padang, Padang Pariaman, dan Kepulauan Mentawai," ujarnya saat membuka acara Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) Seminar on Disaster Risk Financing in The Asia Pasific Region di Kota Padang, Selasa, 5 Desember 2017.

Ia mengatakan, menyikapi ini perlu ada upaya pemerintah mengurangi resiko bencana yang terjadi di masyarakat, diperlukan  peningkatkan kapasitas dan kerangka kebijakan domestik, untuk memperkuat ketahanan fisikal dalam mengatasi resiko finnasial yang diakibatkan oleh bencana yang terjadi. 

"Kondisi Sumatera Barat yang terkena bencana, seperti kebakaran yang terjadi di Bukittinggi, sudah 2 kali masyarakat demo, namun pemerintah belum bisa apa-apa, karena tidak ada dana yang bisa di berikan," tegasnya.

Dikatakannya, anggaran dana untuk tanggap darurat dari Badan Penangulangan Badan Daerah (BPBD) dinilai sangat bagus dan respon cepat. Namun, saat Pasca bencana tidak ada yang bisa bergerak untuk mendanakan.

"Hal ini sudah saya usulkan juga ke Kemendagri dan belum ada tanggapan. Kita juga meminta agar seluruh Kab/Kota mempersipakan resiko bencana, dengan cara menyiapakan shelter-shelter, tempat pengungsian, pemuda siaga bencana, masyarakat siaga bencana dan dari segi Kewaspadaan harus ditingkatkan," jelasnya.

Menurutnya, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sangat mendukung  adanya kegiatan Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) Seminar on Disaster Risk Financing in The Asia Pasific Region, sehingga bisa berdiskusi tentang perkembangan terkini atas kebijakan pembiayaan resiko dan ansuransi bencana di dalam negeri, untuk melihat berbagai kebijakan dan peraturan-peraturan yang ada saat ini dalam rangka pengurangan resiko bencana. 

Dalam acara seminar ini, juga diikuti oleh Prof. Suahasil Nazara, Kepala Badan Kebijakan Fiskal, Kementrian Keuangan, Kepala Kanwil Pembendaharaan Sumbar Ade Rohmat, Undangan Dari Ekonomi APEC dan Negara-Negara Anggota ASEAN, Perwakilan Mitra Multilateral (Worl Bank, ADB, dan OECD), Perwakilan dari Kementrian/Lembaga Indonesia, Perwakilan Instansi Pemerintahan di Indonesia. 

Editor: Zamri Yahya
Penulis: Zardi

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Wagub Nasrul Abit: Perlu Asuransi Bagi Masyarakat yang Berdampak Bencana
Wagub Nasrul Abit: Perlu Asuransi Bagi Masyarakat yang Berdampak Bencana
Acara APEC Seminar on Disaster Risk Financing in The Asia Pasific Region di Kota Padang, Selasa, 5 Desember 2017.
https://2.bp.blogspot.com/-xBr31vgqMuw/WiY3jxUf2SI/AAAAAAAAKLQ/TLcByDh1xVo_AgcryrMf6X76qD2hbSuDQCLcBGAs/s640/cats.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-xBr31vgqMuw/WiY3jxUf2SI/AAAAAAAAKLQ/TLcByDh1xVo_AgcryrMf6X76qD2hbSuDQCLcBGAs/s72-c/cats.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/12/wagub-nasrul-abit-perlu-asuransi-bagi.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/12/wagub-nasrul-abit-perlu-asuransi-bagi.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy