Wakil Sekjen PBB: Sunni-Syiah Lebanon Bersatu Hadapi Saudi

Wakil Sekjen PBB: Sunni-Syiah Lebanon Bersatu Hadapi Saudi
BENTENGSUMBAR. COM - Wakil Sekjen PBB mengatakan, saat ini pengaruh Republik Islam Iran jauh lebih besar dari sebelumnya, dan akibat kebijakan-kebijakan keliru Arab Saudi, sekarang warga Ahlu Sunnah dan Syiah Lebanon bersatu melawan Riyadh.

Fars News (30/11) melaporkan, Jeffrey Feltman, Wakil Sekjen PBB dalam salah satu pidatonya di Dewan Hubungan Luar Negeri Amerika Serikat menuturkan, salah satu alasan koalisi beberapa negara Arab pimpinan Arab Saudi dibentuk untuk menyerang Yaman adalah melawan pengaruh Iran, namun pengaruh Iran sekarang justru semakin besar sejak pecahnya perang Yaman.

Feltman di bagian lain pidatonya menyinggung perkembangan terbaru Lebanon dan menjelaskan, tidak begitu jelas apa yang sudah terjadi pada Saad Hariri, Perdana Menteri Lebanon di Riyadh, namun Thamer Al Sabhan, Menteri Penasihat Saudi secara terang-terangan mengatakan bahwa Lebanon sudah mengumumkan perang dengan Saudi. Namun, sekarang dunia menyaksikan persatuan antara Sunni dan Syiah di Lebanon, dan ini jelas tidak menguntungkan Saudi.

Saudi pada tanggal 4 November 2017 mengundang Saad Hariri ke Riyadh dan memaksa PM Lebanon itu mengumumkan pengunduran diri dari jabatannya.

Setelah berlalu 18 hari sejak pengunduran dirinya di Riyadh, akhirnya Saad Hariri kembali ke Beirut.

(Sumber: parstoday)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »