Kejagung Nyatakan Berkas Kasus Korupsi Kondensat Lengkap

Ketua Jampidsus Kejaksaan Agung Adi Toegarisman ketika memberikan keterangan kepada wartawan.

Kejagung Nyatakan Berkas Kasus Korupsi Kondensat Lengkap
BENTENGSUMBAR. COM - Berkas kasus dugaan korupsi kondensat PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) dinyatakan telah lengkap (P21) oleh Kejaksaan Agung. Kejagung menyatakan kerugian negara mencapai USD 2,716 miliar dalam kasus ini.

"Jadi, setelah sekitar 16 hari, kami terima berkas dari penyidik Mabes Polri, tim calon JPU meneliti ulang apakah petunjuk-petunjuk yang pernah diberikan sebelumnya telah dipenuhi atau tidak. Terus terang ini memakan waktu begitu lama karena memang berkas perkaranya begitu tebal. Kita saksi ada 75 orang, ahlinya 12 orang, Alhamdulillah, dari hasil penelitian tim peneliti, berkas perkara kondensat ini lengkap atau P21," kata Ketua Jampidsus Kejaksaan Agung Adi Toegarisman kepada wartawan di Kejaksaan Agung, Jl Panglima Polim, Jakarta Selatan, Rabu, 3 Januari 2018.

Adi mengatakan ada dua berkas perkara tindak pidana korupsi yang ditangani Kejaksaan Agung. Dalam kasus ini, ada dua orang yang jadi tersangka, yaitu Raden Priyono dan Honggo.

"Perlu saya jelaskan ini ada dua berkas perkara, satu atas nama Raden Priyono, kemudian yang kedua Joko Harsono. Berkas lainnya ada Presiden Direktur PT TPPI Saudara Honggo. Dua-duanya sudah dinyatakan lengkap," tutur dia.

Adi menegaskan dalam kasus kondensat ini, pihaknya belum menemukan adanya tindak pidana pencucian uang (TPPU). Namun pihaknya masih akan terus bekerja sama dengan penyidik Polri untuk mendalami kasus ini.

"Perlu saya sampaikan memang tidak ada TPPU atau belum ada. Cuma, dari hasil koordinasi, kami ada komitmen dari kepolisian nanti dalam perkembangannya juga akan ditangani TPPU-nya. Kami juga akan kelola atau fakta ke sana. Kami akan turun sendiri juga," tegas dia.

Adi juga menuturkan kerugian negara atas kasus ini mencapai USD 2,716 miliar. "Kerugian tentu saya sampaikan hasil perhitungan kerugian negara dari BPK dalam kegiatan kolam kondensat ini sebesar USD 2,716 miliar," tutur Adi.

Pasal yang dikenakan untuk kasus pidana korupsi PT TPPI adalah Pasal 2 ayat 1 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 KUHP.

(ibnu/detik.com)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Kejagung Nyatakan Berkas Kasus Korupsi Kondensat Lengkap
Kejagung Nyatakan Berkas Kasus Korupsi Kondensat Lengkap
Ketua Jampidsus Kejaksaan Agung Adi Toegarisman ketika memberikan keterangan kepada wartawan.
https://2.bp.blogspot.com/-rlCOF2IIN3s/Wk0OyA0IJ4I/AAAAAAAALbo/DmB96Mr11PkInyMT4OD-Vq1GgejfAZvegCLcBGAs/s640/Adi%2BTogi1.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-rlCOF2IIN3s/Wk0OyA0IJ4I/AAAAAAAALbo/DmB96Mr11PkInyMT4OD-Vq1GgejfAZvegCLcBGAs/s72-c/Adi%2BTogi1.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2018/01/kejagung-nyatakan-berkas-kasus-korupsi.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2018/01/kejagung-nyatakan-berkas-kasus-korupsi.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy