KPK Tegaskan Tetap Tindak Calon Kepala Daerah yang Terlibat Korupsi

Wakil Ketua KPK Laode M Syarif.

KPK Tegaskan Tetap Tindak Calon Kepala Daerah yang Terlibat Korupsi
BENTENGSUMBAR. COM - KPK menegaskan akan melakukan tindakan hukum terhadap calon kepala daerah peserta pilkada serentak 2018 yang diduga terlibat korupsi. Proses penegakan hukum disebut KPK terpisah dengan proses politik.

"KPK dan Polri tidak akan ragu-ragu untuk menindak para pelaku korupsi. Karena proses penegakan hukum harus dipisahkan secara tegas dengan proses politik," kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif, dilansir dari detik.com, Sabtu, 6 Januari 2018.

"KPK akan tetap berpedoman pada UU KPK, KUHAP dan UU Tipikor serta asas hukum equality before the law," imbuhnya.

Hal tersebut disampaikan Syarif terkait ajakan Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk menunda pemanggilan untuk proses hukum bagi para calon kepala daerah di Pilkada 2018. Menurut Tito, penundaan itu ditujukan untuk menghindari kampanye negatif dalam pilkada.

Selain menegaskan tetap menindak para calon kepala daerah yang diduga terlibat korupsi, Syarif menyebut KPK akan melakukan pencegahan politik uang dalam pilkada. Salah satunya lewat pelaporan LHKPN para calon kepala daerah.

"Untuk mencegah politik uang, KPK dan Polri telah berkoordinasi untuk melakukan pencegahan sejak awal. Melalui imbauan dan upaya-upaya pencegahan lainnya seperti pendaftaran LHKPN, penelusuran jejak calon pemimpin daerah, dan lainnya," ujar Syarif.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk tidak meminta atau menerima uang dari calon kepala daerah. Tujuannya, agar pilkada berlangsung jujur dan adil.

"Saya juga mengimbau masyarakat untuk tidak meminta dan menerima uang dari para calon pemimpin daerah agar pilkada bisa berlangsung secara jujur dan adil," ungkapnya.

Sebelumnya, Kapolri mengatakan proses hukum bisa dilanjutkan setelah gelaran Pilkada 2018 selesai. Cara ini dinilai Tito untuk memastikan pemilihan berlangsung fair.

"Saya selaku Kapolri mengajak dan mengimbau dan akan berusaha kepada para penegak hukum lainnya, kejaksaan, KPK, koordinasi dengan Bawaslu, mari sama-sama, kalau sudah ada penetapan nanti, siapa pun yang sudah ditetapkan, jangan diganggu mereka dengan pemanggilan proses hukum, karena pemanggilan itu bisa mempengaruhi proses demokrasi yang mungkin tidak fair karena mempengaruhi opini publik," kata Tito di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat, 5 Januari 2018 kemarin.

(Sumber: detik.com)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: KPK Tegaskan Tetap Tindak Calon Kepala Daerah yang Terlibat Korupsi
KPK Tegaskan Tetap Tindak Calon Kepala Daerah yang Terlibat Korupsi
Wakil Ketua KPK Laode M Syarif.
https://2.bp.blogspot.com/-45YDmgwe4Tw/WlEJxL2VzMI/AAAAAAAALgw/ayIStmjmybQj8RMx5lJFx2YKgHZSbMI2wCLcBGAs/s640/Laode%2BM%2BSyarif.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-45YDmgwe4Tw/WlEJxL2VzMI/AAAAAAAALgw/ayIStmjmybQj8RMx5lJFx2YKgHZSbMI2wCLcBGAs/s72-c/Laode%2BM%2BSyarif.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2018/01/kpk-tegaskan-tetap-tindak-calon-kepala.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2018/01/kpk-tegaskan-tetap-tindak-calon-kepala.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy