Waspadai Penyebar Hoax dan Ujaran Kebencian di Pilkada 2018

Fuad Chaidir Rosha.

Waspadai Penyebar Hoax dan Ujaran Kebencian di Pilkada 2018
BENTENGSUMBAR. COM - Wartawan senior, Fuad Chaidir Rosha mengajak semua pihak untuk mewaspadai kelompok bayaran yang segaja memproduksi hoax dan ujaran kebencian untuk menjatuhkan lawan politiknya di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang digelar serentak di seluruh Indonesia pada 27 Juni 2018.

"Kita harus waspada kemungkinan adanya kelompok yang mirip Saracen muncul di group-group facebook pada Pilkada 2018 ini," ungkapnya. 

Sebagaimana diketahui, jelas Fuad lagi, sebelumnya bahwa konten bermuatan SARA yang disebarkan sindikat Saracen merupakan pesanan dari pihak tertentu. Tarif mereka puluhan juta untuk setiap konten yang mereka produksi dan sebarkan. 

"Tak tanggung-tanggung, Saracen memiliki ratusan ribu akun media sosial yang siap menggerakan konten-konten provokasi itu, sehingga berseliweran di jagat maya," jelasnya.

Maraknya bisnis kebencian itu, ungkap Fuad, tidak bisa dilepaskan dari panasnya situasi politik di Indonesia saat ini. Dan sudah menjadi rahasia umum kelompok-kelompok mana saja yang berafiliasi dengan Saracen. 

"Pada umumnya yang menggunakan cara-cara ini merupakan kelompok-kelompok minoritas dan bersaing pada wilayah yang bukan basisnya," tukuknya.

Dikatakan Fuad, strategi mereka tidak hanya memposting ujaran kebencian tapi menanggapi postingan lawan politik dengan komentar-komentar miring, seperti “Penista Agama” dan lain sebagainya. 

"Sudah seharusnya kita waspada terhadap kelompok-kelompok ini, yang akan menebarkan isu-isu negatif pada Pilkada 2018," cakapnya.

(by)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Waspadai Penyebar Hoax dan Ujaran Kebencian di Pilkada 2018
Waspadai Penyebar Hoax dan Ujaran Kebencian di Pilkada 2018
Fuad Chaidir Rosha.
https://1.bp.blogspot.com/-Shxt_VFk8P0/WljF0Kw_wkI/AAAAAAAALts/Waeh-J4QXfg8UY58Yf2wFRoW4M9LZVzlQCLcBGAs/s640/Fuad.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Shxt_VFk8P0/WljF0Kw_wkI/AAAAAAAALts/Waeh-J4QXfg8UY58Yf2wFRoW4M9LZVzlQCLcBGAs/s72-c/Fuad.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2018/01/waspadai-penyebar-hoax-dan-ujaran.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2018/01/waspadai-penyebar-hoax-dan-ujaran.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy