Gubernur Irwan Hadiri Rakor Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Istana Negara

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyalami peserta Rakor pengendalian kebakaran hutan dan lahan tahun 2018.

Gubernur Irwan Hadiri Rakor Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Istana Negara
BENTENGSUMBAR. COM - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menghadiri rapat koordinasi yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara. Rakor tersebut membahas tentang pengendalian kebakaran hutan dan lahan tahun 2018. 

Hadir pada kesempatan itu, Kapolri Tito Karnavian, Panglima TNI, para Kapolda, Danrem, 12 Gubernur dan Menko Ekuin. 

"Dari data yang saya terima, terjadi penurunan dari tahun 2015 sejumlah 2,6 juta Ha menjadi 124 ribu Ha pada tahun 2017. Saya memberikan apresiasi kepada seluruh pihak termasuk TNI, Polri, kepala daerah dan masyarakat karena terjadi penurunan hotspot dari 21.929 menjadi 2.567," ujar Presiden Jokowi.

Namun demikian, Presiden meminta semua pihak agar tidak berhenti sampai di sini dan tidak cepat merasa puas, tetap selalu waspada melakukan deteksi dini dan pencegahan secara gerak cepat. 

"Jika ada hotspot terutama di daerah rawan, perhatikan betul kesiapan, dan mengaktifkan satgas di provinsi, kabupaten, kota, Kecamatan, desa. Bila mendapatkan info dari BMKG dan jangan menunggu terjadi kebakaran baru bergerak" sebutnya.

Selanjutnya Presiden memerintahkan seluruh kepala daerah untuk sosialisasi, merangkul dan menggalang kekuatan dari setiap elemen agar sadar dan peduli kepada kemungkinan terjadi kebakaran hutan dan lahan. Tentunya penegak hukum diminta bersikap tegas dan segera bertindak bila ada yang membakar hutan.

"Apabila masih ada hutan dan lahan yang terbakar dan tidak segera diatasi, maka Kapolda dan Danrem akan dicopot dari jabatannya. Seperti perintah sebelumnya,” cakapnya.

Sekaitan dengan instruksi Presiden tersebut, Gubernur Sumbar akan menyikapinya dan akan mengkoordinasikan dengan Forkompimda serta stakeholder terkait.

"Sebagai wakil pemerintah pusat di daerah, saya akan menindaklanjuti instruksi Presiden  segera dan akan berkoordinasi dengan Forkompimda serta stakeholder terkait di sumbar. Juga akan memberi sangsi bagi SKPD atau staf terkait yang tidak peduli. Ini penting, karena menyangkut dengan kelestarian alam dan keberlangsungan hidup kita semua," pungkas Irwan Prayitno

Editor: Zamri Yahya
Laporan: Jasman Rizal

COMMENTS

BLOGGER

$show=post

$show=post

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Ekonomi Eropa Film Hukrim Kesehatan KPI Pusat Lifestyle Musik Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Seleb Timur Tengah Warta Warta DPRD Kota Padang Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri Warta KPU Padang Warta Pemko Padang Warta Pemprov Sumbar
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Gubernur Irwan Hadiri Rakor Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Istana Negara
Gubernur Irwan Hadiri Rakor Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Istana Negara
Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyalami peserta Rakor pengendalian kebakaran hutan dan lahan tahun 2018.
https://2.bp.blogspot.com/-RrJa-34wxW4/WnoQjpNwLyI/AAAAAAAANCw/Zvc24uPHdYYq_Afz3v46MdlwVanlBtftwCLcBGAs/s640/IP.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-RrJa-34wxW4/WnoQjpNwLyI/AAAAAAAANCw/Zvc24uPHdYYq_Afz3v46MdlwVanlBtftwCLcBGAs/s72-c/IP.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2018/02/gubernur-irwan-hadiri-rakor.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2018/02/gubernur-irwan-hadiri-rakor.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy