Gubernur Irwan Prayitno: Pemerintah dan Masyarakat Sumbar Dukung Program Jokowi

Gubernur Irwan Prayitno: Pemerintah dan Masyarakat Sumbar Dukung Program Jokowi
BENTENGSUMBAR. COM - Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Irwan Prayitno menegaskan, pemerintah provinsi dan masyarakat Sumatera Barat mendukung program dan kegiatan yang dilaksanakan pemerintah pusat saat ini.  Bahkan, dirinya mengaku senang dan bangga dengan Presiden Joko Widodo yang begitu perhatian dan peduli terhadap pembangunan dan masyarakat Sumatera Barat. 

"Perhatian pemerintah pusat kepada masyarakat Sumatera Barat terlihat dari berbagai program serta dukungan dana APBN dalam berbagai pembangunan infrastruktur dan kegiatan sektor lainnya," ungkapnya pada acara kunjungan Presiden Joko Widodo dan Ibu negara Hj. Iriana Joko Widodo serta beberapa menteri Kabinet dalam penyerahan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) kepada 3.000 kk dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada 1.245 siswa di Lapangan Bola Kecamatan Sitiung Darmasraya, Rabu, 7 Februari 2018. 

Tanpa dukungan pemerintah,  kata Irwan lagi, percepatan pembangunan sulit dilakukan karena Sumatera Barat termasuk daerah yang minim pendapatan asli daerah dan APBD.  Sementara kebutuhan dalam meningkatkan daya saing daerah membutuhkan biaya besar. 

"Berbagai program pro rakyat telah memberikan semangat masyarakat untuk bangkit, kerja, kerja dan kerja mewujudkan kesejahteraan," katanya. 

Menurut Irwan Prayitno, Sumatera Barat saat ini masih memiliki 3 daerah tertinggal yang membutuhkan dukungan pemerintah pusat guna keluar dari daerah tertinggal,  karena ketiga daerah tesebut (Kabupaten Kepulaukan Mentawai,  Kabupaten Pasaman Barat dan Kabupaten Solok Selatan) membutuhkan pembangunan infrastruktur tranportasi jalan dan jembatan yang memadai. 

Disamping pembangunan lainnya, seperti pendidikan,  kesehatan, penerangan listrik,  alat telekomunikasi sebagai memenuhi kreteria 14 indikator terlepas dari daerah tertinggal. 

"Atas perhatian dan kepedulian Presiden Bapak Joko Widodo dan Bapak Menteri Kabinet Kerja, atas nama pemerintah dan masyarakat Sumatera Barat, saya mengucapkan penghargaan dan terima kasih,"  ujar Gubernur Irwan Prayitno melalui syair pantunnya. 

Presiden Joko Widodo dalam kesempatan menyampaikan, pemberian bantuan sosial PKH,  ada dana Rp, 1.890 .000 tahap pertama dapat diambil Rp500.000. PKH dapat digunakan untuk kebutuhan untuk gizi anak-anak,  beli makan,  seragam sekolah, buku pelajaran, tas kebutuhan bagaimana anak-anak kita jadi orang pintar dan cerdas 

"Dana PKH gak boleh beli rokok suami,  jangan dibentak. Dana PKH untuk gizi dan sekolah anak. Dan untuk Kartu Indonesia Pintar (KIP) nilai bantuan untuk SD Rp450 ribu,  SMP Rp750 ribu SMK/SMA Rp1 juta. Tujuannya untuk kebutuhan sekolah, tidak boleh beli pulsa, nanti bisa kartunya akan dicabut," tegas pesan Presiden Jokowi

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi juga berkesempatan menyerahkan sertifikat tanah kepada 4000 orang di GOR kabupaten Darmasraya. Kemudian peninjauan lokasi Padat Karya di Nagari Sungai Duo Kecamatan Sitiung  dan kemungkinan bermalam di Kabupaten Dhamasraya.

Editor: Zamri Yahya
Laporan: Jasman Rizal

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »