Jet Tempur Israel Ditembak Jatuh oleh Militer Suriah

Jet Tempur Israel Ditembak Jatuh oleh Militer Suriah
BENTENGSUMBAR. COM - Sebuah jet tempur milik Israel mengalami celaka di tengah tembakan senjata anti-pesawat yang diluncurkan militer Suriah.

Jet tempur negeri zionis itu jatuh setelah menyerangan target milik Iran yang ada di negara yang bergolak oleh konflik itu.

Kedua pilot berhasil selamat, setelah terlontar dari pesawat dan terbang menggunakan parasut. Mereka kini sedang mendapatkan perawatan di rumah sakit di Israel.

Seperti dikutip dari BBC, Sabtu, 10 Februari 2018, pihak militer Israel mengatakan, jet tempur berjenis F-16 yang jatuh bertugas untuk melancarkan serangan untuk merespons peluncuran drone Iran ke wilayah negeri zionis. Drone tersebut sebelumnya berhasil dicegat oleh helikopter tempur.

"Sebuah helikopter tempur berhasil mencegat sebuah kendaraan terbang tak berawak atau drone milik Iran yang diluncurkan dari Suriah dan menyusup ke Israel," demikian menurut juru bicara militer Israel atau Israel Defence Forces (IDF) Brigadir Jendera Ronen Manelis. 

Drone tersebut dipaksa jatuh di wilayah Israel dan dikuasai pihak Tel Aviv. Sebagai balasan, IDF menargetkan target Iran di Suriah. Misi tersebut diklaim berhasil diselesaikan.

Sementara itu, Suriah menganggap aksi Israel tersebut sebagai bentuk agresi. Sirene peringatan bahaya terdengar di wilayah di Israel utara dan Dataran Tinggi Golan, saat tembakan anti-pesawat diberondongkan Suriah.

Warga mengaku mendengar sejumlah ledakan dan pertempuran udara di daerah dekat perbatasan Israel dengan Yordania dan Suriah.

Media pemerintah Suriah mengutip sebuah sumber militer yang mengatakan bahwa pertahanan udaranya melepaskan tembakan sebagai tanggapan atas tindakan "agresi" Israel terhadap sebuah pangkalan militer pada hari Sabtu. Serangan Israel itu menghancurkan lebih dari satu pesawat. 

Keterlibatan Iran di Suriah

Bersama Rusia, Iran adalah adalah pendukung utama Presiden Suriah Bashar al-Assad, yang pasukannya telah memerangi kelompok pemberontak sejak 2011.

Pada November 2017 lalu, seorang sumber intelijen Barat mengatakan kepada BBC bahwa pihak Teheran membangun sebuah pangkalan militer permanen di Suriah.

Di sisi lain, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengeluarkan peringatan terkait itu. "Israel tidak akan membiarkan hal itu terjadi," kata dia. 

Tuduhan pun mengarah ke Iran, yang dianggap berusaha untuk membangun -- bukan hanya pengaruh di kawasan -- melainkan juga jalur pasokan logistik dari Iran untuk mendukung gerakan Hizbullah di Lebanon.

Serangan Israel di Suriah adalah hal yang tak biasa. Sementara, serangan jet tempur Israel ke pangkalan Iran menandai salah satu eskalasi yang paling serius di negara itu.

(Sumber: Liputan6.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »