KPI dan KPAI Bahas Komitmen Melindungi Anak dari Isi Siaran Media

Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Pusat (KPI Pusat), Yuliandre Darwis menerima kunjungan KPAI.

KPI dan KPAI Bahas Komitmen Melindungi Anak dari Isi Siaran Media
BENTENGSUMBAR. COM - Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Pusat (KPI Pusat) Pusat Yuliandre Darwis menerima langsung kunjungan Ketua, Wakil Ketua dan anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) yang baru saja dilantik, Selasa, 13 Februari 2018.

Pertemuan ini selain sebagai wadah silaturahmi antara KPI dan KPAI, juga dimanfaatkan untuk merencang pembentukan gugus terpadu dalam konteks perlindungan anak di media penyiaran. Usulan pembentukan gugus tugas tersebut disampaikan Yuliandre. Gugus terpadu ini akan memberntuk sinergi antara dua lembaga publik tersebut. 

“Hal yang paling kita utamakan adalah koordinasi antar kedua lembaga. Karena itu, kami sangat gembira atas semangat KPAI untuk membantu KPI. Hal ini sangat bagus untuk melangkah pada tahapan selanjutnya,” kata Yuliandre.

Yuliandre menambahkan, siaran anak menjadi salah satu fokus dari tugas KPI. Selain melindungi isi siaran agar ramah anak, KPI juga mendorong program-program anak yang positif bermunculan di dunia penyiaran dengan membuat Anugrah Penyiaran Ramah Anak.

Ketua KPAI Susanto menyambut baik usulan dibentuknya gugus terpadu antara KPAI dengan KPI. Dengan adanya gugus terpadu diharapkan pengaduan dan keluhan masyarakat pada isi siaran yang berkaitan dengan anak dapat diselesaikan.

“Kami banyak mendapatkan pengaduan dari masyarakat soal konten siaran, tapi itukan bukan kewenangan KPAI. Karena itu, kita perlu kerja bareng untuk merespon dan menyelesaikannya,” katanya kepada Ketua KPI Pusat dan Komisioner KPI Pusat yang hadir.

Susanto menilai tantangan terbesar yang dihadapi saat ini adalah pengaruh dari tayangan media, baik itu dari media siaran maupun media lainnya. Anak termasuk dalam golongan yang rentan dan cenderung paling mudah dipengaruhi. 

Disisi lain, Komisioner KPI Pusat, Dewi Setyarini mengatakan, perlindungan terhadap anak menjadi prioritas utama KPI dalam pengawasan siaran. Setidaknya, hampir 30 persen sanksi yang dilayangkan KPI untuk lembaga penyiaran terkait pelanggaran terhadap pasal perlindungan anak. Sayangnya, kata Komisioner bidang Isi Siaran ini, isu urusan perlindungan anak sering kalah saing dengan isu lainnya. 

“Kami membutuhkan masukan dari berbagai lembaga seperti KPAI, misalnya soal tayangan bullying. Termasuk bagaimana batasan-batasan pornografi di media penyiaran,” kata Dewi. 

Akhir pertemuan kedua Ketua Lembaga Negara saling bertukar plakat sebagai simbolik berakhirnya kunjungan.

Editor: Zamri Yahya
Laporan: Rizki Montheza

COMMENTS

BLOGGER

$show=post

$show=post

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Ekonomi Eropa Film Hukrim Kesehatan KPI Pusat Lifestyle Musik Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Seleb Timur Tengah Warta Warta DPRD Kota Padang Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri Warta KPU Padang Warta Pemko Padang Warta Pemprov Sumbar
false
ltr
item
BentengSumbar.com: KPI dan KPAI Bahas Komitmen Melindungi Anak dari Isi Siaran Media
KPI dan KPAI Bahas Komitmen Melindungi Anak dari Isi Siaran Media
Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Pusat (KPI Pusat), Yuliandre Darwis menerima kunjungan KPAI.
https://1.bp.blogspot.com/-YlECrGX24Hc/WoRKkpYf0xI/AAAAAAAANhY/_1bcWGRMIrkpncnsymnT3qqePl7hbKocwCLcBGAs/s640/KPI.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-YlECrGX24Hc/WoRKkpYf0xI/AAAAAAAANhY/_1bcWGRMIrkpncnsymnT3qqePl7hbKocwCLcBGAs/s72-c/KPI.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2018/02/kpi-dan-kpai-bahas-komitmen-melindungi.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2018/02/kpi-dan-kpai-bahas-komitmen-melindungi.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy