KPU Padang Ajak Paslon dan Parpol Lakukan Perlawanan Terhadap Politik Uang

Ketua KPU M. Sawati dan Komisioner lainnya bersama pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Padang, usai pengambilan nomor urut calon, Selasa, 13 Februari 2018.

KPU Padang Ajak Paslon dan Parpol Lakukan Perlawanan Terhadap Politik Uang
BENTENGSUMBAR. COM -  Sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang, Muhammad Sawati menegaskan, politik uang dan politisasi SARA merupakan hambatan dalam mewujudkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang berkualitas dan badunsanak. 

Hal itu disampaikannya ketika menghadiri deklarasi "Tolak dan Lawan Politik Uang, Politisi SARA untuk Pemilihan Kepala Daerah Kota Padang Tahun 2018 yang Berintegritas”, bertempat di Ball Room Pagaruyung II Hotel Grand Rocky Padang, Rabu, 14 Februari 2018.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota nomor urut 1, Emzalmi-Desri Ayunda dan nomor urut 2, Mahyeldi dan Hendri Septa serta pimpinan partai politik pengusung masing-masing calon.

Menurut Sawati, semua elemen bangsa, terutama yang terlibat dalam kepemiluan, yaitu pasangan calon dan partai politik serta tim sukses, harus menyatakan perlawanannya terhadap politik uang. Karena praktik politik uang menciptakan potensi tindakan korupsi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Sedangkan politisasi SARA berpotensi menganggu persaudaraan dalam negara kesatuan Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Padang Dori Putra mengatakan, komitmen bersama ini menjadi kunci bagi semua untuk secara bersama-sama menciptakan setiap tahapan Pilkada 2018 bebas dari pengaruh politik transaksional dan penggunaan SARA dalam kampanye Pilkada.

Isi Deklarasi

1. Mengawal pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padang, dari praktik politik uang dan SARA karena merupakan acaman besar bagi demokrasi dan kedaulatan rakyat.
2. Tidak pemilih untuk menentukan pilihan secara cerdas berdasarkan program kerja dan bukan karena politik uang dan SARA.
3. Mengajak pemilih untuk menentukan pilihannya secara cerdas berdasarkan program kerja dan bukan karena politik uang dan SARA.
4. Mendukung kerja-kerja pengawasan dan penanganan pelanggaran terhadap politik uang dan SARA yang di lakukan oleh lembaga pengawasan pemilu.
5. Tidak akan melakukan intimidasi, kekerasan atau aktivitas dalam bentuk apapun juga yang dapat menggangu proses penanganan pelanggaran politik uang dan SARA.

Penyataan komitmen para pengurus partai politik itu disimbolkan dengan pembubuhan cap telapak tangan di spanduk. Telapak tangan itu melambangkan penolakan terhadap praktik politik uang dan penggunaan isu SARA dalam penyelenggaraan Pilkada 2018.

Melalui deklarasi yang dibacakan bersama, para perwakilan partai politik itu, menyatakan komitmennya untuk mengawal pemilihan walikota dan wakil walikota, dari praktik politik uang dan politisasi SARA. Sebab, kedua praktik itu merupakan ancaman besar bagi demokrasi dan kedaulatan rakyat.

Editor: Zamri Yahya
Pewarta: Dedi Prima

COMMENTS

BLOGGER

$show=post

$show=post

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Ekonomi Eropa Film Hukrim Kesehatan KPI Pusat Lifestyle Musik Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Seleb Timur Tengah Warta Warta DPRD Kota Padang Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri Warta KPU Padang Warta Pemko Padang Warta Pemprov Sumbar
false
ltr
item
BentengSumbar.com: KPU Padang Ajak Paslon dan Parpol Lakukan Perlawanan Terhadap Politik Uang
KPU Padang Ajak Paslon dan Parpol Lakukan Perlawanan Terhadap Politik Uang
Ketua KPU M. Sawati dan Komisioner lainnya bersama pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Padang, usai pengambilan nomor urut calon, Selasa, 13 Februari 2018.
https://1.bp.blogspot.com/-3cOtEvSIn6o/WoSNlmL6dFI/AAAAAAAANiw/doyGKl6CoEMu2p6IkMx6ei5kQdpExU7cQCLcBGAs/s640/KPUa.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-3cOtEvSIn6o/WoSNlmL6dFI/AAAAAAAANiw/doyGKl6CoEMu2p6IkMx6ei5kQdpExU7cQCLcBGAs/s72-c/KPUa.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2018/02/kpu-padang-ajak-paslon-dan-parpol.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2018/02/kpu-padang-ajak-paslon-dan-parpol.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy