Penyerangan Jemaat, Yaqut Instruksikan Banser Berkoordinasi dengan Polisi Amankan Gereja

Foto: Apel Banser yang dipimpin Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor, Yaqut Cholil Qoumas.

Penyerangan Jemaat, Yaqut Instruksikan Banser Berkoordinasi dengan Polisi Amankan Gereja
BENTENGSUMBAR. COM - Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor, Yaqut Cholil Qoumas, mendesak aparat kepolisian mengusut tuntas kasus penyerangan terhadap jemaat Gereja St. Lidwina di Bedog, Sleman, Yogyakarta. Serangan terjadi saat jamaat tengah melaksanakan misa hari ini, Ahad, 11 Februari 2018 pagi. Yaqut menduga, ada motif tertentu atas serangkaian aksi teror belakangan ini.

"Kami minta aparat kepolisian usut tuntas kasus ini dan apa motif di belakangnya. Jangan asal dibilang pelakunya diduga gila. Masak semua kejadian teror pelakunya gila semua. Aneh," kata Yaqut, di sela acara Diklat Terpadu Dasar Pimpinan Cabang GP Ansor Korea Selatan, di Stella Marina Hotel, Incheon, Korea Selatan, dilansir dari Republika.co.id, Ahad, 11 Februari 2018.

Gus Yaqut, sapaan akrabnya, tidak yakin jika pelaku benar-benar gila. Apalagi, kata dia, kasus teror ini terjadi tidak berselang lama setelah menimpa sejumlah tokoh agama. Sebelumnya, serangan terjadi tokoh ulama NU di Jawa Barat KH Umar Bisri, Komandan Brigade Persis Ustaz Prawoto, dan Bhiksu di Tangerang.

"Kalau menurut saya, pelaku memang gila, tapi bukan secara psikologis atau fisik, tapi tergila-gila agama. Pelaku gila karena pemahaman agama yang salah," lanjutnya.

Gus Yaqut mengatakan, menurut info yang diterima GP Ansor, pelaku teror di Gereja St. Lidwina bernama Suliyono tersebut terindikasi mulai terpapar radikalisme agama pasca-Pilkada DKI Jakarta. Pelaku diketahui juga sebagai mahasiswa dan menjadi santri di sebuah Pondok Pesantren di Secang, Magelang, Jawa Tengah.

Menurut Gus Yaqut, dengan latar belakang pelaku seperti itu, ia menilai ada motif di balik serangkaian kasus teror belakangan ini. Selain motif agama, kata dia, sangat mungkin ada motif politik di belakangnya. Karena itu, ia meminta aparat mengusut tuntas kasus tersebut dan juga kasus-kasus sebelumnya.

"Saya ingatkan kepada semua pihak di luar sana, jangan macam-macam terhadap Indonesia, jangan ganggu Indonesia. Kita akan lawan setiap upaya yang mengancam Indonesia," ujarnya. Gus Yaqut mengingatkan untuk tidak mempertaruhkan Indonesia untuk kepentingan sesaat atau kepentingan politik atas nama apa pun.

Menurutnya, GP Ansor juga tengah mencari apa motif sebenarnya yang terjadi. Ia mengatakan, hal tersebut adalah masalah serius yang harus diusut tuntas oleh aparat kepolisian. Jangan sampai, kata dia, kasus-kasus tersebut menciptakan ketidakstabilan. Gus Yaqut mengatakan, ia juga menginstruksikan anggota Banser untuk turun mengamankan gereja di Sleman maupun di Yogyakarta.

"Saya instruksikan Banser berkoordinasi dengan aparat kepolisian ikut membantu mengamankan tempat-tempat ibadah, termasuk gereja yang di Sleman dan Yogyakarta," tambahnya.

Seperti diketahui, penyerangan di Gereja St. Lidwina, Sleman, Yogyakarya,terjadi pada Ahad, 11 Februari 2018 pagi saat misa tengah berlangsung. Penyerang diketahui bernama Suliyono, seorang mahasiswa berusia 23 tahun. Pria asal Banyuwangi itu membawa pedang dan melukai empat orang yang tengah beribadah di dalam gereja.Polisi pun akhirnya melumpuhkan pelaku dengam menembaknya, karena terus menyerang jemaat dan petugas.

(by/republika.co.id)

COMMENTS

BLOGGER

$show=post

$show=post

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Ekonomi Eropa Film Hukrim Kesehatan KPI Pusat Lifestyle Musik Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Seleb Timur Tengah Warta Warta DPRD Kota Padang Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri Warta KPU Padang Warta Pemko Padang Warta Pemprov Sumbar
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Penyerangan Jemaat, Yaqut Instruksikan Banser Berkoordinasi dengan Polisi Amankan Gereja
Penyerangan Jemaat, Yaqut Instruksikan Banser Berkoordinasi dengan Polisi Amankan Gereja
Foto: Apel Banser yang dipimpin Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor, Yaqut Cholil Qoumas.
https://3.bp.blogspot.com/-WY_8YbTmJ7o/WoCS7kEa8hI/AAAAAAAANXg/XAv0k-VDI8IJv-MOWCFAB8Zb9or-iWpDgCLcBGAs/s640/Banser.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-WY_8YbTmJ7o/WoCS7kEa8hI/AAAAAAAANXg/XAv0k-VDI8IJv-MOWCFAB8Zb9or-iWpDgCLcBGAs/s72-c/Banser.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2018/02/penyerangan-jemaat-yaqut-instruksikan.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2018/02/penyerangan-jemaat-yaqut-instruksikan.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy