Polisi akan Periksa Kejiwaan Penyerang Gereja Lidwina Sleman

Pelaku penyerangan Gereja Lidwina, Sleman.

Polisi akan Periksa Kejiwaan Penyerang Gereja Lidwina Sleman
BENTENGSUMBAR. COM - Pelaku penyerangan Gereja Lidwina, Sleman saat ini dirawat di RS Bhayangkara setelah dilumpuhkan polisi. Kejiwaan pelaku akan diperiksa. 

"Saat ini pelaku dibawa ke RS Bhayangkara, kita nanti juga akan periksa kejiwaan pelaku, sejauh ini belum bisa disimpulkan," kata Kapolres Sleman, AKBP M Firman Lukmanul Hakim di Gereja St Lidwina, Sleman, Minggu, 11 Februari 2018.

Pelaku bernama Suliyono berasal dari Banyuwangi. Pagi tadi, dia menyerang gereja dengan pedang. 

Akibatnya, pastor serta jemaat terluka. Polisi yang berusaha melumpuhkan Suliyono juga diserang. 

Polisi menemukan dokumen imigrasi yang dibawa oleh Suliyono. Motif penyerangan masih diselidiki. 

Pelaku Asal Banyuwangi

Pelaku yang berinisial S, kelahiran 1995, menurut polisi, berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur.

"(Aparat kepolisian) terpaksa mengeluarkan tembakan ke arah pelaku dan mengenai perut pelaku sehingga dapat dilumpuhkan dan di bawa ke rumah sakit UGM," demikian keterangan tertulis kepolisian setempat yang diterima BBC Indonesia, Minggu, 11 Februari 2018.

Pelaku melakukan serangan dengan senjata tajam saat misa berlangsung di gereja tersebut yang mengakibatkan tiga orang terluka, yaitu seorang pastur, satu orang jemaah dan seorang pengurus gereja.

Belakangan seorang anggota polisi juga terluka saat berusaha melumpuhkan sang pelaku penyerangan.

Keterangan polisi menyebutkan pelaku terpaksa ditembak karena menolak untuk menyerahkan diri dan bahkan menyerang petugas dengan senjata tajamnya.

"Petugas sempat mengeluarkan tembakan peringatan," ujar polisi dalam keterangan tertulis.

Kronologis Penyerangan

Serangan terjadi sekitar pukul 07.30 WIB, Minggu, 11 Februari 2018, saat digelar misa di gereja Katolik yang terletak di Dukuh Jambon Tirhanggo, Gamping, Sleman, DIY Yogyakarta.

Menurut polisi, pelaku masuk dari pintu gereja bagian barat dan langsung menyerang korban pertama, yaitu pengurus gereja bernama Martinus Parmadi Subiantoro, yang "mengenai punggungnya".

Serangan itu membuat "jemaat yang berada di belakang atau kanopi (gereja) membubarkan diri".

"Pelaku masuk ke gedung utama gereja sambil mengayun-ayunkan senjata tajam sehingga para jemaat juga membubarkan diri," ungkap polisi.

Pelaku Mengayunkan Senjata Tajam ke Patung Yesus

Selanjutnya pelaku berlari ke arah koor dan langsung menyerang Romo Prier yang sedang memimpin misa. Korban terluka pada bagian belakang kepalanya.

Tidak lama kemudian, pelaku menyerang para jemaat yang masih berada di dalam gereja dan mengenai korban bernama Budijono - yang bersangkutan mengalami luka sobek pada bagian kepala belakang dan leher bagian belakang akibat senjata tajam.

Keterangan polisi kemudian menyebutkan pelaku "masih mengayun ayunkan senjata tajamnya ke patung Yesus dan patung bunda Maria" di mimbar gereja.

Pelaku Dilumpuhkan Polisi

Saat pelaku masih berada di dalam gereja, seorang petugas Polsek Gamping, Aiptu Munir -yang dihubungi melalui telepon - selanjutnya tiba di tempat kejadian perkara.

Petugas kepolisian itu mencoba melakukan negosiasi kepada pelaku agar menyerahkan diri, namun pelaku berusaha menyerang petugas sehingga petugas mengeluarkan tembakan peringatan, kata polisi.

Namun pelaku masih saja menyerang petugas dan menyebabkan tangan Munir terluka. Pelaku akhirnya ditembak dan mengenai perutnya, ungkap polisi.

(ibnu/detik.com/bbc.com)

COMMENTS

BLOGGER

$show=post

$show=post

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Ekonomi Eropa Film Hukrim Kesehatan KPI Pusat Lifestyle Musik Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Seleb Timur Tengah Warta Warta DPRD Kota Padang Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri Warta KPU Padang Warta Pemko Padang Warta Pemprov Sumbar
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Polisi akan Periksa Kejiwaan Penyerang Gereja Lidwina Sleman
Polisi akan Periksa Kejiwaan Penyerang Gereja Lidwina Sleman
Pelaku penyerangan Gereja Lidwina, Sleman.
https://3.bp.blogspot.com/-5XjGQWQzPEo/WoAmd52fxFI/AAAAAAAANUo/4J4rCRVhNi04WaU5c87Pk6ZlgyBP-pEYwCLcBGAs/s640/Pelaku%2Bpenyerangan%2BGereja%2BLidwina.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-5XjGQWQzPEo/WoAmd52fxFI/AAAAAAAANUo/4J4rCRVhNi04WaU5c87Pk6ZlgyBP-pEYwCLcBGAs/s72-c/Pelaku%2Bpenyerangan%2BGereja%2BLidwina.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2018/02/polisi-akan-periksa-kejiwaan-penyerang.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2018/02/polisi-akan-periksa-kejiwaan-penyerang.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy