Polisi Sambut Baik Usul PDIP soal Penggunaan NIK untuk Akun Medsos

Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Fadil Imran.

Polisi Sambut Baik Usul PDIP soal Penggunaan NIK untuk Akun Medsos
BENTENGSUMBAR. COM - Kepolisian mengapresiasi usulan PDIP soal penggunaan nomor induk kependudukan (NIK) untuk membuat akun media sosial. Hal itu dinilai dapat mengurangi tindakan kejahatan lewat medsos.

"Hal-hal yang jelas, hal-hal yang terang benderang akan mengurangi orang untuk berbuat kejahatan. Apa pun bentuknya, kalau semua jelas, itu akan menutup ruang untuk melakukan kejahatan," kata Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Fadil Imran seusai diskusi publik 'Melawan Hoax' di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Jumat, 9 Februari 2018.

Ia pun mencontohkan saat seseorang berada di tempat gelap dan terang. Menurutnya, orang di tempat terang akan berpikir ulang untuk melakukan kejahatan.

"Anda berada di tempat gelap dengan Anda di berada di tempat terang, apalagi ada polisi yang jaga, kira-kira seperti apa yang Anda lakukan. Jadi wacana untuk membuat aturan atau regulasi agar akun-akun itu riil semua, saya kira patut disambut dengan senang hati," ucapnya.

Berikutnya, ia mencontohkan aturan Kominfo yang mewajibkan registrasi SIM card menggunakan NIK. Fadil menyebut angka penipuan menurun karena orang takut akan mudah dilacak.

"Terbukti kebijakan Menteri Komunikasi dan Informatika tentang wajib daftar ulang terhadap registrasi nomor handphone itu signifikan menurunkan kejahatan yang berimplikasi pada penipuan. Orang tidak mau lagi kirim SMS Anda mendapat hadiah undian dan sebagainya. Karena terdata sesuai e-KTP," ucap Fadil.

Sebelumnya, PDIP mengusulkan penggunaan nomor induk kependudukan (NIK) sebagai syarat membuat akun media sosial (medsos). Penggunaan NIK ini disebut bisa membuat orang-orang lebih bertanggung jawab di dunia maya.

"Mau buat akun harus dengan KTP yang sah. Bisa punya 5-10 (akun), boleh. Tapi dengan KTP yang jelas. Misalnya, Eriko Sotarduga, lahir di Medan, 10 April. Kalau tahun, janganlah ya, ketahuan nanti umurnya. Nomor KTP, status, dan itu membuat bahwa kita bertanggung jawab," kata Wasekjen PDIP Eriko Sotarduga di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat. 

(Sumber: detik.com)

COMMENTS

BLOGGER

$show=post

$show=post

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Ekonomi Eropa Film Hukrim Kesehatan KPI Pusat Lifestyle Musik Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Seleb Timur Tengah Warta Warta DPRD Kota Padang Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri Warta KPU Padang Warta Pemko Padang Warta Pemprov Sumbar
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Polisi Sambut Baik Usul PDIP soal Penggunaan NIK untuk Akun Medsos
Polisi Sambut Baik Usul PDIP soal Penggunaan NIK untuk Akun Medsos
Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Fadil Imran.
https://1.bp.blogspot.com/-An3nYxV6P6w/WoGr2QlSRRI/AAAAAAAANZA/OaBrfw6jEMgxFutTHuf6rpH-kw8MOxg5gCLcBGAs/s640/Fadli%2BImran.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-An3nYxV6P6w/WoGr2QlSRRI/AAAAAAAANZA/OaBrfw6jEMgxFutTHuf6rpH-kw8MOxg5gCLcBGAs/s72-c/Fadli%2BImran.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2018/02/polisi-sambut-baik-usul-pdip-soal.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2018/02/polisi-sambut-baik-usul-pdip-soal.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy