Tsamara: DPR Digaji oleh Rakyat, Masa Rakyat Tidak Boleh Kritik

Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tsamara Amany.

Tsamara: DPR Digaji oleh Rakyat, Masa Rakyat Tidak Boleh Kritik
BENTENGSUMBAR. COM - Salah satu argumentasi DPR dalam mengesahkan aturan mempidanakan orang atau pihak yang merendahkan martabat DPR, adalah karena ingin menjaga kehormatan DPR sebagai lembaga negara.

Namun, argumentasi itu justru seperti bumerang buat DPR. Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tsamara Amany, menilai menjaga kehormatan mestinya bukan dengan membuat ancaman, tapi ditunjukkan dengan kinerja.

"Kalau para anggota DPR ingin dihormati, kerjalah yang sebaik mungkin. Selesaikan RUU yang jadi prolegnas. Jangan misal membuat Pansus Angket KPK yang ditolak rakyat. Maka percayalah, rakyat pasti akan hormati," ucap Tsamara dalam keterangan tertulis, Selasa, 13 Februari 2018.

Tsamara menyebut ketentuan yang diatur dalam UU tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3) itu jelas sebagai kemunduran demokrasi. Padahal, dalam demokrasi memungkinkan siapapun bersuara termasuk ada proses kritik di dalamnya.

"Coba kita lihat tugas DPR itu apa salah satunya? Mengawasi pemerintah, itulah mengapa kita butuh oposisi-oposisi yang kritis dalam mengawasi kinerja mereka. Itu sah, karena itulah demokrasi," tuturnya. 

"Lalu siapa yang seharusnya mengawasi DPR? Kita, rakyat. Bukankah sah pula jika kita bebas beraspirasi kepada mereka dan sah pula jika mengkritisi mereka? Ingat mereka itu dipilih dan digaji oleh rakyat," kritk politikus muda itu.

Tsamara berharap UU ini segera diuji materi ke Mahkamah Konstitusi (MK) dan dibatalkan. 

"Jika tidak dibatalkan, ini jelas menciderai demokrasi kita. Kita akan kesulitan menemukan orang-orang yang berani bersuara," tegasnya.

Ketentuan pengkritik bisa dipidana itu tertuang dalam Pasal 122 huruf k UU MD3. Dalam melaksanakan fungsi, Mahkamah Kehormatan Dewan bertugas:

k. Mengambil langkah hukum dan/atau langkah lain terhadap orang peseorangan, kelompok orang, atau badan hukum yang merendahkan kehormatan DPR dan anggota DPR

(Sumber: Kumparan.com)

COMMENTS

BLOGGER

$show=post

$show=post

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Ekonomi Eropa Film Hukrim Kesehatan KPI Pusat Lifestyle Musik Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Seleb Timur Tengah Warta Warta DPRD Kota Padang Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri Warta KPU Padang Warta Pemko Padang Warta Pemprov Sumbar
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Tsamara: DPR Digaji oleh Rakyat, Masa Rakyat Tidak Boleh Kritik
Tsamara: DPR Digaji oleh Rakyat, Masa Rakyat Tidak Boleh Kritik
Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tsamara Amany.
https://2.bp.blogspot.com/-BtP5QOgqyc8/WoPZwFEu2PI/AAAAAAAANgI/HeAUQ0TVfpI-o5TXyFVFUZi5rZsRLZHBACLcBGAs/s640/Tsamara.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-BtP5QOgqyc8/WoPZwFEu2PI/AAAAAAAANgI/HeAUQ0TVfpI-o5TXyFVFUZi5rZsRLZHBACLcBGAs/s72-c/Tsamara.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2018/02/tsamara-dpr-digaji-oleh-rakyat-masa.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2018/02/tsamara-dpr-digaji-oleh-rakyat-masa.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy