Wagub Nasrul Abit: 3 Daerah Sumbar Lepas dari Ketertinggalan

Wakil Gubernur Propinsi Sumatera Barat, H. Nasrul Abit Datuk Malintang Panai bersama Bupati dan perwakilan kementerian.

Wagub Nasrul Abit: 3 Daerah Sumbar Lepas dari Ketertinggalan
BENTENGSUMBAR. COM - Sebagai Wakil Gubernur Propinsi Sumatera Barat, H. Nasrul Abit Datuk Malintang Panai menegaskan, tiga daerah tertinggal di Sumatera Barat, yaitu Pasaman Barat,  Solok Selatan dan Kepulauan Mentawai pada tahun 2019 lepas dari kategori daerah tertinggal.

"Untuk itu kita hari ini mengundang 3 bupati daerah tertinggal, merupakan tindak lanjut dari rekomendasi Rapat Koordinasi Gubernur dengan Bupati / Walikota," ujarnya pada Rapat Koordinasi Percepatan Pengentasan Kemiskinan dan Daerah Tertinggal, di Bukittinggi,  Senin, 12 Februari 2018.

Hadir pada kesempatan tersebut,  Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet, Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria, dan Bupati Pasaman Barat Sahiran,  Kementerian Desa Tertinggal dan Transmigrasi,  OPD terkait di lingkungan masing-masing daerah. 

"Kita ingin tuntaskan program-program untuk masing-masing daerah tertinggal untuk bisa keluar tahun 2019. Kementerian Desa mengekpos di 2015-2019 ada 80 daerah tertinggal. Kita akan kejar agar masuk dalam kategori keluar dari daerah tertinggal,  dengan kerja dan kerja sehingga kita berhasil," ungkapnya. 

Ia mengatakan, Pemerintah Propinsi Sumatera Barat memiliki kepedulian dan perhatian serta mendukung setiap kabupaten untuk keluar dari kategori daerah tertinggal dan semua butuh prioritas penganggaran. Bahkan tadi ada usulan Bappeda agar ada perlakuan khusus pada 3 kabupaten ini sesuai dengan tingkat kemiskinannya. 

"Yang kemiskinannya lebih tinggi ya dapat bantuan lebih besar. Jadi kami bahas bedah satu-satu masalahnya, namun pertama yang harus diprioritaskan adalah masalah infrastruktur jalan dan jembatan. Kegiatan  ini tentu akan buka daerah terisolir," cakapnya.

Ia mengatakan, pihaknya memprioritaskan ekonomi yang cepat bergerak. Kalau masalah harapan hidup, rata-rata pendidikan akan lama untuk mengejarnya. Jadi yang dibahas adalah yang bisa melompat lebih cepat. 

Direktur Perencanaan dan Identifikasi Daerah Tertinggal, Kementerian Desa dan Daerah Tertinggal, Rafdinal  menjelaskan, target RPJMN, minimal 80 daerah tertinggal harus tuntas tahun 2018. Kalau hanya mengandalkan Rp5,2 triliun dari ribuan triliun APBNP.

"Saya rasa kekuatan kita adalah koordinasi. Kabupaten tertinggal harus bisa berikan data yang valid. Karena data kami dari data Susenas dan Kemenkeu. Begitu juga dengan kemiskinan, di mana itu tugas kita 15,5 persen bisa kita capai di 2019.

"Untuk turunkan satu digit saja, energinya berapa, kita sudah ada hitungannya. Masalahnya kita butuh koordinasi yang baik dan integrasi dari bawah ke atas dan sebaliknya. Saat ini, setelah kami berikan penjelasan teknis, Pak Wagub tadi sudah arahkan. Pak Bupati jangan di sini saja, OPD kabupaten harus koordinasi dengan OPD provinsi dan satukan data," urainya. 

Dikatakannya, ada 27 indikator daerah tertinggal. Masing-masing daerah tertinggal 'penyakitnya' beda-beda, sehingga ia meminta masing kabupaten tertinggal fokus pada penyakit masing-masing.

Editor: Zamri Yahya
Laporan: Zardi

COMMENTS

BLOGGER

$show=post

$show=post

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Ekonomi Eropa Film Hukrim Kesehatan KPI Pusat Lifestyle Musik Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Seleb Timur Tengah Warta Warta DPRD Kota Padang Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri Warta KPU Padang Warta Pemko Padang Warta Pemprov Sumbar
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Wagub Nasrul Abit: 3 Daerah Sumbar Lepas dari Ketertinggalan
Wagub Nasrul Abit: 3 Daerah Sumbar Lepas dari Ketertinggalan
Wakil Gubernur Propinsi Sumatera Barat, H. Nasrul Abit Datuk Malintang Panai bersama Bupati dan perwakilan kementerian.
https://3.bp.blogspot.com/-V9GPEwmrqMM/WoGnQoBNo9I/AAAAAAAANY0/tI07QX53qDIKQxF29I3sWAhzfB4rfNOfQCLcBGAs/s640/NA.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-V9GPEwmrqMM/WoGnQoBNo9I/AAAAAAAANY0/tI07QX53qDIKQxF29I3sWAhzfB4rfNOfQCLcBGAs/s72-c/NA.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2018/02/wagub-nasrul-abit-3-daerah-sumbar-lepas.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2018/02/wagub-nasrul-abit-3-daerah-sumbar-lepas.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy