Yuliandre: Perlu Sinergi yang Kuat Empat Lembaga Publik Kawal Tahun Politik 2018

Yuliandre: Perlu Sinergi yang Kuat Empat Lembaga Publik Kawal Tahun Politik 2018
BENTENGSUMBAR. COM - Rangkaiaan perayaan Hari Penyiaran Nasional yang bertempat di Hotel Grand Inna, Padang, Kamis, 8 Februari 2018 menjadi momentum ajang pertemuan antar media dari seluruh Indonesia dan menunjukan eksistensi pers pada mayarakat. 

Selain mementum untuk kalangan Pers,kegiatan ini juga menjadi momentum deklarasi dan penandatanganan MoU pengawasan dan pemantauan pilkada yang dikuti oleh empat lembaga publik. Ke-4 lembaga tersebut adalah Komisi Penyiaran Indonesia, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilihan Umum, dan Dewan Pers.

MoU tersebut berisi tentang kesepahaman dan sinergi tentang Pengawasan dan pemantauaan pemberitaan, penyiaran, dan iklan kampanye di Media Eletronik, Cetak dan Media Online Pada Pemilihan Daerah Tahun 2018. Penandatangan MoU ini juga dihadiri oleh Rudiantara selaku Menteri Kominfo.

Ketua Komisi Penyiaran Indonesia, Yuliandre Darwis mengatakan, memasuki tahun politik 2018, perlu sinergi yang kuat dari empat lembaga publik ini, agar bisa mengawal iklan kampanye melalui media, baik eletronik maupun cetak, agar fungsi media bisa digunakan secara berimbang. 

Selanjutnya, pria asli Pariaman ini berharap agar pengawalan atas pemberitaan iklan politik di media dan juga penggunaanfrekuensi publik dari kepentingan politik bisa dimaksimalkan sesuai dengan fungsi masing-masing lembaga, serta diperlukan sinergi kuat antar lembaga, diperlukan juga partisipasi publik untuk mengawal kampanye media yang dianggap tidak berimbang dalam pemberitaan iklan politik.

“Kita berharap tahun politik 2018 dan 2019 berjalan aman dan tidak ada kegaduhan yang bisa saja ditumbulkan oleh pemberitaan media, karena seyogyanya media harus menjadi penyeimbang informasi. Kita harus kawal semua informasi kampanye politik yang disebarkan kepada publik,” ujar Yuliandre disela-sela wawancara.

Editor: Zamri Yahya
Laporan: Rizki Montheza

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »