Hasil Survei Cyrus Nyatakan PKS Tak Lolos ke Senayan, Ini Kata Jazuli Juwaini

Hasil Survei Cyrus Nyatakan PKS Tak Lolos ke Senayan, Ini Kata Jazuli Juwaini
BENTENGSUMBAR. COM - Secara mengejutkan, Cyrus Network merilis hasil survei yang menyatakan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan beberapa partai lainnya tak akan lulus ke Senayan. Pasalnya, partai-partai tersebut tak memenuhi parliamentary treshold.

Hasil survei Cyrus memprediksi PKS tak lolos masuk parlemen dalam Pileg 2019 ditanggapi oleh Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini. Ia yakin partainya bisa memenuhi parliamentary treshold atas pertolongan Allah.

"Kami yakin 2019 PKS tetap lolos, bahkan bisa mencapai target 12 persen atas pertolongan Allah dan kerja keras seluruh komponen PKS," kata Jazuli kepada wartawan, Jumat, 20 April 2018.

Hasil survei Cyrus itu disebutkan Jazuli menjadi pemacu jajaran PKS untuk bekerja keras memenangkan Pileg 2019. Namun menurutnya, hasil survei bukan menjadi satu-satunya indikator dalam memprediksi perolehan suara PKS di pileg mendatang.

Alasannya, pada Pemilu 2014, PKS juga pernah diprediksikan tak lolos masuk parlemen. Namun akhirnya kenyataan berkata lain.

"Apapun hasil survei bagi kami harus dijadikan salah satu pijakan untuk terus bekerja keras melayani rakyat, selalu hadir dalam masalah-masalah rakyat. Agar rakyat merasakan kehadiran kader-kader PKS di tengah-tengah mereka," sebutnya.

"Sudah ada contohnya saat Pemilu 2014 yang lalu tidak ada satupun lembaga survei yang memberikan angka 3,5% untuk PKS. Tapi nyatanya Alhmdulillah dapat 7% kurang lebih. Karena ada sisi yang tidak bisa disentuh oleh lembaga survei dari militansi kader PKS," imbuh Jazuli.

Survei Cyrus merilis elektabilitas parpol untuk DPR RI. Disebutkan ada sebagian partai yang perolehan suaranya tak terdongkrak dan malah terancam gagal ke parlemen. 

Sebagaimana diketahui, UU No 7/2017 tentang Pemilu mengatur ambang batas parlemen adalah 4% dari total suara sah nasional di pemilu legislatif. Hasil survei Cyrus itu adalah sebagai berikut:

1. PDIP 26,9%
2. Partai Golkar 11,5%
3. Partai Gerindra 11,5%
4. PKB 7,3%
5. Partai Demokrat 5,0%
6. PPP 4,3%
7. Partai Perindo 4,3%
8. PKS 3,5%
9. Partai NasDem 3,3%
10. PAN 1,5%
11. Partai Hanura 1,0%
12. Partai Berkarya 0,8%
13. PSI 0,3%
14. Partai Garuda 0,3%
15. PBB 0,2%
Belum memutuskan 13,6%
Tidak memilih 0,8%
Rahasia/tidak menjawab 3,8% 

(Sumber: detik.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »