Akui Potensi Sumur Gas Sinamar, Direksi PGN Sebut ke Sijunjung karena Andre Rosiade

BENTENGSUMBAR.COM - Direktur Utama Pertamina Gas Nasional (PGN) Muhamad Haryo Yunianto mengatakan, rencana PGN menjadi offtaker atau pembeli hasil produksi gas Lapangan Sinamar, Blok South West Bukit Barisan, Sijunjung adalah berkat Anggota DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade. Bahkan, direksi PGN langsung datang ke lokasi titik yang dikelola oleh PT. Rizki Bukit Barisan (RBB) yang segera memasuki tahap produksi.

“Kami datang ke Sijunjung sebagai langkah lanjutan pertemuan Pemkab Sijunjung di kantor PGN Jakarta yang diprakarsai pak Andre Rosiade,” kata Dirut PGN Haryo didampingi Direktur Infrastruktur dan Teknologi Achmad Muchtasyar, Kamis (25/8/2022) saat kunjungan ke Sumur Gas Sinamar 3 Sijunjung bersama Anggota DPR RI Andre Rosiade, Bupati Sijunjung Benny Dwifa, Wakil Bupati Iradatillah dan juga tokoh masyarakat Sijunjung lainnya.

Manajemen PGN sangat berterima kasih sudah diterima dan diberikan penjelasan langsung di lokasi soal potensi gas Sijunjung. 

“Alhamdulillah kami telah diberikan saran dan mendapatkan data. Insya Allah ini bisa dilanjutkan dan bisa menambah APBD. Karena otomatis PGN akan berinvestasi 40-50 juta US Dolar. Membangun berbagai sarana dan prasarana yang bisa merekrut tenaga kerja. Kita berharap segera terwujud,” katanya,” katanya.

Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Achmad Muchtasyar menambahkan, mendapatkan sumber-sumber gas baru adalah langkah PGN mengurangi impor elpiji Indonesia yang mencapai 70 persen.

PGN akan terus membangun jaringan gas rumah tangga, yang bisa saja bersumber dari Sijunjung untuk Sumbar atau Pulau Sumatra. 

“Minimal dimanfaatkan di Sumbar dulu. Karena kami nilai produksinya mencapai 10 mm sampai 35 mm. Angka ini cukup besar atau bisa untuk Sumatra. Bisa untuk industri pupuk di Aceh, semen di Padang dan lainnya. Tergantung kualitas dan kapasitasnya. Kami sedang berdiskusi dengan RBB. Terkait keteknisan yang ada sedikit tantangan. Ada kandungan CO2 yang cukup tinggi. Sekarang juga dicari cara mengangkut dan lainnya. Investasi PGN akan sangat besar, bisa mencapai Rp450 miliar untuk 5 sumur,” katanya.

Direksi PGN mengakui potensi gas yang ada di Sijunjung mencapai 10 mm untuk satu struktur. Sedangkan Sijunjung memiliki sebanyak 11 struktur yang berpotensi besar. 

Melihat potensi yang ada, sebagai perusahaan negara yang mengelola gas hasil bumi dari hulu ke hilir, PGN berkomitmen agar potensi gas di Sijunjung bisa segera diproduksi.

Anggota DPR RI Andre Rosiade menyebutkan, sebagai wakil rakyat dia harus memberikan kontribusi yang nyata untuk Sumbar. 

“Kami sebagai anggota DPR dari Fraksi Gerindra, sesuai pesan pak Prabowo harus jadi solusi. Bantu pembangunan Sumbar. Sebagai kader kami bekerja dan berkolaborasi dengan Pemda untuk masyarakat. Insya Allah kolaborasi kami bersama bisa menyejahterakan masyarakat,” kata ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini. 

Andre Rosiade berkomitmen akan memperjuangkan potensi gas yang dimiliki Sijunjung bisa segera diproduksi. 

"Kami melihat Sijunjung punya sumber daya alam yang bagus, jika produksi gas ini bisa segera dimulai akan berdampak terhadap kemajuan dan pembangunan daerah, PAD meningkat, lapangan kerja terbuka dan berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat," papar Andre.

Terkait sektor pendukung lainnya, kata Andre Rosiade, akan terus upayakan nanti bersama. 

“Namun, yang jelas PGN komitmen dulu untuk membeli gas di Sijunjung," kara Andre yang juga putra asli Sijunjung ini.

Bupati Sijunjung Benny Dwifa menjelaskan, kunjungan lapangan oleh PGN dan Andre Rosiade merupakan tindaklanjut dari pertemuan sebelumnya di Jakarta. 

"Kunjungan PGN bersama tim untuk melihat langsung lokasi sumur gas yang ada di Sijunjung, sebagai tindaklanjut dari pertemuan sebelumnya," tutur Bupati.

Benny Dwifa berharap agar potensi gas sebagai sumber daya alam yang dimiliki Sijunjung bisa segera di produksi. 

"Tentunya ini akan berdampak positif untuk daerah dan masyarakat di Sijunjung. Pendapatan asli daerah (PAD) akan meningkat, dan ini akan menyedot lapangan kerja yang cukup banyak," terangnya.

Bupati Sijunjung mengapresiasi upaya Andre Rosiade selaku Anggota DPR RI yang telah memfasilitasi pertemuan Pemkab Sijunjung bersama PGN.

"Alhamdulillah, berkat Bang Andre kita bisa bertemu dengan PGN, terutama untuk menjadi solusi pemanfaatan gas yang ada di Sijunjung, karena memang selama ini kita terkendala pada buyer/pembeli. Semoga proses produksi gas ini bisa terealisasi dalam waktu dekat," ungkap Bupati. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »