PILIHAN REDAKSI

Ali Imron Pernah Minta Izin Ngebom Rumah Amien Rais, Denny Siregar: Harusnya Waktu Itu Jangan Ditangkap Dulu

BENTENGSUMBAR.COM – Pegiat media sosial Denny Siregar angkat bicara mengenai pengakuan pelaku Bom Bali 1. Pasalnya, Ali Imron d...

Iklan Bank Nagari

Unggah Foto Hoax Tol Cisumdawu, Menteri Tjahjo Minta Maaf

          Unggah Foto Hoax Tol Cisumdawu, Menteri Tjahjo Minta Maaf
BENTENGSUMBAR.COM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB), Tjahjo Kumolo menyampaikan permintaan maaf karena telah mengunggah foto 'Jalan Tol Cisumdawu di Jabar' yang sudah dilabeli 'disinformasi' oleh Kominfo.

Permintaan maaf itu disampaikannya melalui cuitan pada akun Twitter @tjahjo_kumolo, Minggu, 10 Oktober 2021.

"Mohon maaf postingan jalan Tol di Jabar ternyata salah bukan di Jabar (saya dapat informasi salah) trims perhatiannya- tjahjokumolo," cuitnya.

Unggahan Tjahjo adalah foto jalan tol yang diklaim sebagai Tol Cisumdawu. Unggahan tersebut telah dihapus dari akun Twitter miliknya.

Dalam postingan yang sudah dihapusnya itu, terselip informasi:
Jalan tol terkeren di Indonesia, CISUMDAWU (CILEUNYI - SUMEDANG - DAWUAN), yang membelah gunung dan masuk gunung, memungkinkan Bandung <> Tegal ditempuh hanya dalam 2 jam, Bandung <> Semarang hanya 3,5 jam.

Kominfo sudah melabeli foto yang diklaim sebagai Tol Cisumdawu tersebut sebagai disinformasi.

"Akun dengan nama Emak-emak Cyber Army memposting sebuah foto dengan narasi 'Penampakan tol Cisumdawu, Cileunyi-Sumedang-Dawuan, 60 km, yang memangkas dan menerobos bukit'. Sebelumnya gambar tersebut diklaim sebagai jalanan yang ada di India," tulis Kominfo melalui situsnya.

Dijelaskan, foto yang diklaim sebagai Tol Cisumdawu tersebut bukanlah di Indonesia, melainkan di Turki.

"Setelah ditelusuri, ternyata klaim terhadap foto tersebut tidaklah benar. Gambar jalan tol tersebut bukanlah di India maupun di Indonesia, melainkan jalan raya D400 Mersin-Antalya di Turki," lanjutnya. (Bizlaw)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...