PILIHAN REDAKSI

Guntur Romli Sebut Alquran Tidak Melarang Nikah Beda Agama, Ketua KNPI: Tidak Paham Agama, Sepertinya Perlu Dirukiyah

BENTENGSUMBAR.COM - Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Haris Pertama tidak sependapat dengan pernyataan politikus PS...

Advertorial

Guntur Romli Sebut Alquran Tidak Melarang Nikah Beda Agama, Ketua KNPI: Tidak Paham Agama, Sepertinya Perlu Dirukiyah
Selasa, Juni 28, 2022

On Selasa, Juni 28, 2022

BENTENGSUMBAR.COM - Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Haris Pertama tidak sependapat dengan pernyataan politikus PSI Guntur Romli alias Gun Romli soal nikah beda agama tidak dilarang dalam Alquran.

Haris menilai Gun Romli bukanlah seorang ahli agama. Lantaran tidak memiliki keahlian khusus dalam bidang agama, Haris meminta Gun Romli berbicara menggunakan akal dan pikirannya secara proporsional.

"Otaknya kemana ya ini manusia? Tidak paham tentang agama, tapi selalu bicara agama," kata Haris dalam akun Twitternya, @knpiharis, Selasa 28 Juni.

Jengkel dengan perilaku Gun Romli yang kerap berbicara tentang agama tanpa dasar yang kuat, Haris mengolok Gun Romli.

Dia menyarankan Gun Romli menjalani rukiah, metode penyembuhan untuk orang mengalami sakit umumnya karea sengatan hewan, kerasukan hingga gangguan jin.

"Manusia seperti ini harus di rukiah," ujarnya diiringi emoji tertawa.

Sebelumnya, Gun Romli menyatakan setuju dengan pernikahan beda agama. Politikus PSI itu mengatakan pernikahan beda agama halal dalam Alquran.

"Saya lihat pihak yang mengharamkan keliru mengutip ayat Alquran," ujar Gun Romli dalam unggahan YouTube kanal Cokro TV berjudul "NIKAH BEDA AGAMA HALAL DALAM AL-QURAN, INI AYATNYA! I Guntur Romli".

Bahkan Gun Romli menyebut Majelis Ulama Indonesia (MUI) kerap mengharamkan hal yang halal. Fatwa MUI tahun 2005 yang menyebutkan pernikahan beda agama haram tidak sah.

Dia lantas mengutip Alquran surat Al Maidah ayat 5. Menurut Gun Romli, yang memutuskan pernikahan beda agama halal atau haram hanya Allah SWT.

"Siapa yang menghalalkan nikah dengan perempuan-perempuan ahlul kitab? Allah SWT!" tutur Gun Romli.

Sumber: Voi

Ibu Guru Sri Rahayu Mendadak Viral, Curhat soal Beda Perlakuan Mantan Muridnya yang Jadi Dokter dan Pemotor
Selasa, Juni 28, 2022

On Selasa, Juni 28, 2022

BENTENGSUMBAR.COM - Seorang guru SMP bernama Sri Rahayu mendadak mendapat perhatian khalayak, karena dianggap bijak.

Itu setelah video curhatannya tentang dua mantan siswanya viral di media-media sosial, Senin (27/6/2022).

Dalam video yang dilihat SuaraSumbar.id pada akun Instagram @memomedsos, ibu guru itu tampak tengah menceritakan pengalamannya kepada siswa-siswinya di dalam kelas.

Ibu guru tersebut mengakui, pernah mempunyai pengalaman bertemu dengan mantan murid yang diasuhnya semasa sekolah, tapi kini mempunyai karakter bereda.

"Saya pernah bertemu dengan siswa saya yang hebat. Ranking satu terus. Sekarang diangkat menjadi dokter," kata Ibu Guru Sri Rahayu.

Saat bertemu dengan siswanya yang berprestasi itu, Ibu Sri menegur lebih dulu.

"Aduh, kamu yang siswa di kelas saya ya. Kan saya wali kelas kamu dari kelas 1 sampai 3 di SMP 3."

Tapi, mantan siswanya itu tidak menyambut baik. Mantan siswanya justru bertanya, "Siapa ya?"

Berpikir mungkin eks muridnya lupa, ibu guru itu mengatakan namanya, "Ini ibu nak, Ibu Sri Rahayu."

Namun, mantan siswanya itu hanya menjawab seadanya, tanpa memperlihatkan mimik muka teringat dengan jasa-jasanya.

"Allahu Akbar, padahal dia dulu saya elu-elukan. Tapi sekarang begitu karakternya."

Dia melanjutkan, dia juga sempat bertemu dengan mantan siswanya yang lain saat pergi ke luar kota.

"Saya ke luar kota, malam-malam, ada tugas. Tapi di jalan, motor mogok, masuk air. Dari pinggir jalan saya melambai-lambaikan tangan, minta bantuan dari orang lewat."

Tapi, sudah lama ia melambai-lambaikan tangan, tidak ada satu pun pengguna jalan yang berhenti dan mau menolongnya.

Hingga suatu saat, ada dua orang pemuda bermotor berhenti di dekatnya. Kondisi jalan gelap.

Ibu guru itu lantas mencurigai kedua pemuda itu. Namun, satu dari dua pemuda itu justru menghampirinya.

"Ibu Sri kan?" kata pemuda itu.

"Kamu siapa?" kata Bu Sri.

"Ibu, ini saya bu. Murid ibu dulu di SMP 3."

Ibu Guru Sri mengatakan, pemuda itu akhirnya memeluknya dan menangis.

Si pemuda lantas bertanya kepada Ibu Sri ada di pinggiran jalan, malam-malam. Ibu itu lalu menjelaskan perihal motornya yang mogok.

"Akhirnya dia bilang, 'Ya sudah, ibu naik motor dengan teman saya. Motor ibu saya yang bawa, nanti didorong."

Begitu, padahal jarak dari jalan itu ke hotel tempat saya menginap 10 kilometer," kata Ibu Guru Sri.

Keesokan harinya, si pemuda datang lagi ke hotel tempat Bu Sri menginap untuk mengantarkan sepeda motor.

"Tidak hanya sudah benar, tapi sudah bersih itu motor saya. Dicucinya."

Tak hanya sampai di situ, selang dua hari, Bu Sri kembali ke hotel itu untuk check-out. Saat mau membayar tagihan hotel, dia justru mendapat informasi mengagetkan.

"Orang hotelnya bilang semua tagihan saya sudah dilunasi pemuda yang mengaku mantan murid saya."

Sampai di situ ceritanya berakhir. Ibu Sri kemudian menjelaskan kepada murid-muridnya, hikmah dari pengalamannya tersebut.

"Ternyata benar, mencetak karakter, kedisiplinan siswa yang bagus akan membuat dirinya menjadi baik. Tapi kalau hanya mencetak siswa memakai selembar kertas nilai, belum tentu."

Kontan saja unggahan itu memantik pujian dari warganet. Mereka menilai Ibu Sri sebagai guru yang bijak, tak hanya menilai siswa-siswinya dari nilai-nilai ujian.

Sumber: Suara.com

Denny Siregar: Rambut Wanita di Arab Saudi Makin Pendek, Sedang Jenggot Kadrun di Indonesia Makin Panjang
Minggu, Juni 26, 2022

On Minggu, Juni 26, 2022

BENTENGSUMBAR.COM – Pegiat media sosial, Denny Siregar menyinggung bahwa rambut perempuan di Arab Saudi semakin pendek, sementara jenggotkadrun di Indonesia semakin panjang.

Denny Siregar juga menyindir bahwa jenggot kadrun memang semakin panjang, namun otak kadrun semakin pendek.

“Rambut wanita di Arab Saudi makin lama makin pendek,” kata Denny Siregar melalui akun Twitter @Dennysiregar7, seperti dikutip Terkini.id pada Minggu, 26 Juni 2022.

“Sedang jenggot kadrun di Indonesia, makin lama makin panjang. Otaknya yang makin pendek,” sambungnya.

Dilansir dari Kompas TV, di Arab Saudi kini sedang tren perempuan memangkas rambut menjadi pendek.

Fenomena itu terlihat di jalanan kota-kota Riyadh, ibu kota Arab Saudi. Tren ini utamanya naik usai dihapuskannya kewajiban perempuan hanya boleh berhijab di tempat publik oleh Pangeran Salman.

Seorang perempuan Arab Saudi, Safi (bukan nama sebenarnya) mengisahkan pilihannya untuk memangkas rambutnya menjadi pendek.

Safi yang berprofesi sebagai dokter berjalan ke salon Riyadh dan meminta penata rambut untuk memotong rambutnya yang panjang dan bergelombang sampai ke leher menjadi pendek.

Potongan rambut itu sendiri dikenal dengan istilah “boy” yang diambil dari bahasa Inggris, yang berarti laki-laki.

Maraknya gaya rambut kasual pendek bermula dari banyaknya pekerja perempuan yang masuk dalam angkatan kerja di Arab Saudi.

Potongan rambut pendek ini dianggap praktis, memudahkan, dan profesional.

Safi sendiri mengaku sengaja tampil dengan gaya rambut ini sebagai upaya perlidungan dirinya dari mata genit laki-laki dan memungkinkan dirinya fokus ke pasien.

“Orang-orang suka sisi feminin perempuan. Gaya seperti ini justru jadi perisai bagi saya dan memberi saya kekuatan,” ungkapnya dikutip dari France24, Jumat, 23 Juni 2022.

Seorang penata rambut Riyadh, Lamis menuturkan tren gaya rambut pendek ini memang jadi tren belakangan ini di Arab Saudi.

Bahkan, menurutnya, permintaan itu meningkat bahkan pernah sampai 30 orang perhari.

“Tampilan ini menjadi sangat populer sekarang. Permintaannya meningkat, terutama setelah perempuan memasuki pasar tenaga kerja,” ujarnya.

Gibran Sukses Cari Sponsor ASEAN Para Games, Yusuf Muhammad: Anies Baswedan Harus Belajar Jangan Banyak Ngibul
Sabtu, Juni 25, 2022

On Sabtu, Juni 25, 2022

BENTENGSUMBAR.COM – Pegiat media sosial Yusuf Muhammad atau kerap disapa Yusuf Dumdum melontarkan sebuah sindiran kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Lewat media sosial Twitternya Yusuf Dumdum menuturkan bahwa Anies harus banyak belajar dari Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka yang bekerja keras untuk mendapatkan sponsor untuk gelaran ASEAN Para Games 2022.

Seperti diketahui, Gibran menemui Menteri BUMN Erick Thohir dan juga Hary Tanoesoedibjo dengan tujuan meminta sponsor kepada kedua pesohor untuk gelaran internasional tersebut.

“Ngerih juga manuver Gibran. Nemuin @erickthohir dan HT langsung dapat sponsor,” cuitnya dalam akun Twitter pribadinya @yusuf_dumdum yang dikutip Sabtu 24 Juni 2022.

Yusuf Dumdum pun membandingkan geliat yang dilakukan Gibran ini dengan kinerja yang ditampilkan oleh Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta.

Yusuf Dumdum menuturkan Anies harus banyak belajar dari Gibran bagaimana cara bekerja yang baik dan benar.

Selanjutnya Yusuf Dumdum kembali menyindir Anies dengan ungkapan jangan terus bermain politik identitas dan menjadi tukang ngibul.

Gibran Sukses Cari Sponsor ASEAN Para Games, Yusuf Muhammad: Anies Baswedan Harus Belajar Jangan Banyak Ngibul

“@aniesbaswedan harus belajar sama Gibran soal gimana cara kerja yg bener. Jangan banyak ngibul dan main politik identitas,” tutup Yusuf Dumdum.
Cuitan Yusuf Dumdum ini pun sontak menuai banyak pro dan kontra dari para warganet yang memenuhi kolom komentar.

“Ya begitulah etikanya, ajukan jauh2 hari proposalnya. Kepala daerahnya yg presentasi, apa kegiatannya dan apa benefit yg di dapat sponsor di acara tsb,” ungkap akun @wangi_mentik.

“Sebentar lagi pasti ada yg ngoceh2 tidak terima. Terutama barisan yg kemarin bikin event tapi gak dapet sponsor BUMN,” tulis akun @DjokerGemblung.

“Nah gini caranya nyari sponsor..Kok malah pake WA,,mepet lagi waktunya,” tulis akun @abdbasithaljawi.

Wanita Berhijab Pamer Makan Babi: Masuk Neraka? Ayat Mana?!
Sabtu, Juni 25, 2022

On Sabtu, Juni 25, 2022

BENTENGSUMBAR.COM – Seorang wanita berhijab makan babi buat geger warganet, dirinya bahkan menantang soal ajaran islam, ia menanyakan ayat.

Ayat yang ditanyakan oleh sang wanita ialah yang menunjukan bahwa makan babi dapat membuat seorang muslim masuk neraka.

Tidak diwartakan identitas wanita berhijab itu, akan tetapi dirinya terlihat mengenakan kerudung hitam.

Diduga bahwa daging yang dimakannya adalah daging babi, lantaran ia menyinggung soal daging babi dan neraka saat hendak memakan daging itu.

Video wanita berhijab makan daging babi itu diunggah oleh akun youtube, yaitu channel Penegak Islam, sebagaimana dilansir Terkini.id pada Jum’at, 24 Juni 2022.

Dalam salah satu konten channel youtube itu tidak hanya membagikan video wanita berhijab makan babi, akan tetapi juga ditampilkan pernyataan seorang ustadz mengomentari.

“Ayat mana yang menunjukan kalau makan babi masuk neraka?!,” ujar sang wanita dalam video itu.

“Boleh jelaskan ayat mana yang menunjukan kalau makan babi masuk neraka,” ujarnya melanjutkan.

Terlihat wajah sang ustadz yang melihat video itu geram, ia kemudian mengulangi lagi pertanyaan si wanita berhijab yang menantang ajaran islam.

Sebagaimana diketahui secara umum bahwa dalam ajaran agama islam, babi haram karena merupakan salah satu hewan yang dilarang untuk dimakan.

Lantas tindakan wanita berhijab itu menuai banyak perhatian, lantaran dirinya memakan daging babi, sedangkan ia berhijab.

GAWAT!! Novel Bamukmin Desak Anies Cabut Izin Holywings, Janji Bakal Ambil Langkah Ini: Jakarta Kota Religi
Sabtu, Juni 25, 2022

On Sabtu, Juni 25, 2022

BENTENGSUMBAR.COM - Wakil Ketua Sekretaris Jenderal Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin mendesak Pemprov DKI untuk mencabut izin operasional kafe Holywings.

Pasalnya, nama Muhammad yang dicantumkan dalam promosi minuman keras (miras) merupakan tindakan pelecehan agama khsusnya umat Islam.

"Kami akan meminta kepada Pemprov DKI untuk mengambil langkah tegas yaitu baik penutupan juga izin operasioanalnya karna Jakarta ini adalah kota religi dan mayoritas Islam," ujar Novel saat dihubungi, Jumat (24/6/2022).

Novel mengatakan, jika ini dibiarkan begitu saja dapat mengundang kegaduhan dan memancing rakyat khususnya umat islam untuk mengambil langkah main hakim sendiri.

"Hal ini juga menjadi masalah nasional yang pasti sudah mengundang kegaduhan kalau di biarkan akan memancing rakyat untuk melakukan tindakan main hakim sendiri," tegas Novel.

Novel menyebut, ini sudah masuk dalam kategori penistaan agama, maka pihaknya pun akan mengambil langkah hukum untuk menjerat Holywings.

"Dan kami mencoba ambil langkah hukum agar holywings dijerat hukum sudah masuk dugaan unsur pidana penistaan agama yang memadukan miras kepada nama muhammad karena jelas miras adalah minuman yg sangat diharamkan dan nama Nabi Muhamad Adalah nama nulia serta Nabi muhamad sangat memerangi minuman keras," tandas Novel.

Maka dari itu, pihaknya sangat mengecam dan mengutuk keras terhadap Holywings yang telah melakukan tindakan penistaan agama.

Sumber: Poskota

Ade Armando Minta Sahkan Saja Nikah Beda Agama: Biar Tak Ada Lagi yang Terpaksa Pindah Agama
Sabtu, Juni 25, 2022

On Sabtu, Juni 25, 2022

BENTENGSUMBAR.COM - Ketua Pergerakan Indonesia untuk Semua (PIS), Ade Armando, meminta MK sahkan nikah beda agama.

Ade Armando mendorong Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan permohonan judicial review terhadap sejumlah pasal dalam UU Perkawinan sehingga memberi ruang bagi nikah beda agama.

Menurut Ade Armando, dengan MK sahkan nikah beda agama, maka tidak ada lagi warga yang terpaksa pindah agama, karena keharusan aturan nikah wajib satu agama. Yuk simak yuk selengkapnya bestie Hopers alasan detailnya.

Tinjau ulang aturan nikah harus satu agama

Ade berpandangan perubahan UU Perkawinan diperlukan agar tidak ada lagi warga yang dipaksa mengubah agamanya demi bisa menikahi kekasihnya seperti praktik yang lazim terjadi di tengah masyarakat selama ini.

PIS percaya setiap warga berhak untuk menikahi siapapun yang dicintainya tanpa harus mengorbankan agama yang diyakininya.

"Melangsungkan pernikahan dan memeluk agama seharusnya bukanlah dua hal yang saling meniadakan satu dengan yang lain. Karena itu, aturan yang mencederai hak-hak yang dijamin dalam konstitusi tersebut, harus ditinjau ulang,” kata Ade dalam pernyataannya di YouTube Gerakan PIS dikutip Hops.ID, Jumat 23 Juni 2022.

Realitasnya nih di tengah masyarakat, seringkali didapati perempuan dan laki-laki yang saling jatuh hati dan ingin melangsungkan perkawinan, meski masing-masing berbeda agama.

Apalagi, peluang perkawinan beda agama semakin besar, mengingat Indonesia adalah negara yang beragam budaya, etnis, dan agama.

Dalam situasi seperti itu, yang umum dilakukan adalah salah satu pihak dipaksa mengubah keyakinannya agar perkawinan sah di mata hukum. Praktik pemaksaan dalam perkawinan ini dilakukan hanya untuk memenuhi syarat formil UU Perkawinan.

"Mengapa kita tidak mau berempati bahwa bukan hal yang mudah bagi salah satu pihak yang ingin melangsungkan perkawinan beda agama untuk menundukkan diri terhadap agama pasangannya? Bukankah keyakinan dan kepercayaan terhadap Tuhan harus berangkat dari kesadaran diri yang mendalam dan secara sukarela, bukan paksaan eksternal?" ujar Ade.

Apalagi, ketetapan tentang pelarangan nikah beda agama sebenarnya tidak disepakati secara mutlak oleh semua ahli agama.

Yang yakini nikah beda agama dilarang ya jangan nikah beda agama

Dalam Islam misalnya, kata dia, ada beragam tafsiran tentang kesahan pernikahan beda agama. Tidak bisa dipungkiri ada tafsiran yang mengizinkan pernikahan beda agama. Pandangan ini juga merujuk ayat Alquran dan pengalaman sejumlah sahabat Nabi Muhammad.

Karena ini adalah soal interpretasi, kata Ade Armando, maka selayaknya UU Perkawinan mengakomodasi pasangan yang berpandangan perkawinan berbeda agama adalah perkara yang dibolehkan.

"Bagi mereka yang mengangap pernikahan beda agama dilarang sesuai keyakinannya, mereka dapat memilih untuk tidak menikah beda agama. Sebaliknya, bila ada yang menganggap pernikahan beda agama sah menurut keyakinannya, sepantasnya mereka dapat melaksanakan pernikahannya," katanya.

Dengan solusi itu, perkawinan dan pencatatan perkawinan berbeda agama tetap dianggap sah di mata hukum, tanpa dibedakan dengan pasangan perkawinan seiman.

Dengan begitu, UU Perkawinan menjadi UU yang dapat melindungi dan menjamin hak konstitusional dan hak asasi semua warga negara.

Untuk itu, PIS berharap para Hakim MK yang terhormat mau mempertimbangkan gejala-gejala sosial yang terjadi di tengah masyarakat bagi perbaikan UU Perkawinan.

"Pernikahan adalah hak asasi dan merupakan perintah dari Allah SWT. Karenanya, pelaksanaannya tidak boleh dilarang oleh siapa pun," kata Ade.

Sumber: HopsID

Terkuak! Felix Siauw Sebut Promo Holywing Gratis Alkohol untuk Nama Muhammad Terstruktur, Sengaja Disebar Kelompok Pembeci Agama Lewat Simbol-simbol
Sabtu, Juni 25, 2022

On Sabtu, Juni 25, 2022

BENTENGSUMBAR.COM – Adanya promosi gratis minum alkohol bagi pemilik nama Muhammad dan Maria oleh Hoolywing Indonesia, terus mendapat reaksi keras sejumlah pihak.

Mereka menilai, tempat hiburan Holywing telah melecehkan dan menyakitkan umat Islam sebab telah mengkaitkan simbol-simbol agama dengan alkohol. Pihak pengelola pun, diyakini melakukan bukan tanpa kesengajaan.

“Mengenai Holywing promosi alkohol yang mengkaitkan nama Nabi Muhammad dengan Maria, setidaknya kita ketahui bukan ketidak sengajaan, ini promosi terstruktur karena mereka ingin ambil kontraversi hingga viral,” ucap penceramah, Felix Siauw, dalam unggahannya di Instagram, Jumat (24/6/2022).

Menurut Felix, dugaan kesengajaan yang dilakukan pengelola Hoolywing tersebut tergambar dengan disandingkan satu hal dengan lainnya yang bersebrangan seperti minuman keras dengan tokoh religious dalam hal ini Nabi Muhammad.

“Karena itulah kita bisa tahu bahwa ini disengaja. Penghinaan, caci maki, penistaan agama disengaja di Indonesia karena tidak ada tindakan dari pemerintah atau pihak berwenang agar membuat kapok,” ujarnya.

Ia juga menyebut bahwa timbulnya Islamphobia, hingga radikal bisa jadi karena tidak tegasnya pemerintah terhadap para pencaci maki dan penghina agama. Padahal, Muslim bertindak sebagai bentuk pembelaan iman mereka.

Felix Siauw pun menambahkan, bahwa Holiwyng adalah salah satu kasus contoh. Dimana memang ada kelompok-kelompok yang membenci agama, dan menjadikan simbol-simbol untuk menyerang agama.

“Dan sekali lagi ini sistematis tejadi ada dalam pikiran orang-orang untuk mengolok-olok agama yang keren, tanda kemajuan bahkan kemoderenan seperti negara-negara di luar,” katanya.

Kerananya sebagai Muslim, Felix Siauw pun mengajak agar Holywing ini dilaporkan dan tegas sampaikan bahwa apa yang dilakukan sebagai penghinaan agama sekalipun pengelola telah meminta maaf.

Sumber: Poskota

Kiai NU Ternama Belain Megawati Soal Tukang Bakso: Sesuai Bhinneka Tunggal Ika, Mosok Nggak Paham Sih
Jumat, Juni 24, 2022

On Jumat, Juni 24, 2022

BENTENGSUMBAR.COM - Banyak yang hujat Megawati Soekarnoputri soal omongan jangan cari mantu tukang bakso. Tapi ada nih yang membela Megawati. Kiai NU ternama belain Megawati sampai bilang itu sesuai Bhinneka Tunggal Ika.

Akun kiai NU, Nadirsyah Hosen atau Gus Nadir membela Megawati soal jangan cari mantu tukang bakso.

Apa sih alasan akun kiai NU ternama Gus Nadir belain Megawati soal omongan jangan cari mantu tukang bakso. Yuk gas yuk bestie Hopers, simak ya selengkapnya.

Kok salah paham dengan Megawati sih

Akun Gus Nadir turut merespons video viral omongan Megawati soal jangan cari mantu tukang bakso lho.

Akun kiai NU itu memahami omongan Megawati itu biasa saja, sebagai guyonan. Itu kan omongan guyonan Megawati ke keluarganya kok yang ribut orang lain sih.

"Ini kok banyak yg salah paham sih. Suasana cair dan akrab saat pembukaan Rakernas PDI Perjuangan. Bu Mega cerita soal guyon sama anak2nya ttg mencari jodoh. Plus kini sdh terjadi pernikahan antar suku, termasuk di Papua —hal yg baik sesuai Bhinneka Tunggal Ika. Mosok gak paham?" tulis akun Gus Nadir dikutip Hops.ID dari akun Twitter @na_dirs, Kamis 23 Juni 2022.

Nah omongan Megawati bikin beberapa pihak geram. Megawati kok ya omongannya dianggap remehkan tukang bakso.

Jadi awal mula kenapa Megawati ngomong soal tukang bakso, adalah soal topik perbaikan genetika manusia Indonesia gimana supaya tingginya bisa seperti Paspampres yang 185 cm.

Megawati kemudian bilang perlu rekayasa genetika dengan kawin campur, supaya generasi anak muda Indonesia ke depan itu badannya tinggi tinggi gitu.

Megawai bilang jangan cari mant tukang bakso

Makanya Megawati berbagi pengalaman, kalau cari mantu itu ya diseleksi gitu lah jangan asal. Makanya rekayasa genetika, salah satunya dengan kawin campur dari lintas suku.

"Lho ini bener lho serius, sudah terbukti lho. Jadi ketika saya mau cari mantu, saya bilang tiga anak saya, awas lho kalu nyarinya kayak tukang bakso, hahaha. Mbak Puan ketawa," kata Mega disambut tawa peseta Rakornas dikutip Hops.ID dari Youtube PDI Perjuangan, Kamis 23 Juni 2022.

Megawati kemudian bilang maaf banget contohkan dengan cari mantu jangan kayak tukang bakso.

Dia menegaskan maksudnya bukan apa, tapi gimana supaya kawin campur itu bisa terjadi.

"Sori, jadi bayangkan, saya pikir gimananya wajahnya. Maaf, tapi bukan apa, manusia Indonesia ini kenapa harus Bhineka Tunggal Ika. Jadi harus kan berpadu, bukan hanya sisi fisik dan perasaan, dari rekayasa genetika itu lho," kata Megawati.

Jadi omongan Megawati mencontohkan dia pesan anaknya untuk jangan pilih mantu tukang bakso itu konteksnya upaya untuk mencari bibit bagus untuk generasi ke depan.

Megawati mengulas postur tinggi Paspampres itu bisa jadi postur itu karena genetika. Nah untuk itu, Megawati mengutarakan penting juga itu kawin campur supaya nanti yang muncul adalah generasi yang postur badannya tinggi.

Nah Megawati mengungkapkan di dalam keluarganya itu selektif untuk pilih pasangan. Sampai dia mencontohkan gurauan dia sudah wanti wanti anaknya untuk jangan cari pasangan seperti tukang bakso.

Sumber: HopsID

Sesalkan Kolom Agama di KTP Tak Juga Dihapus, Peter Gontha: Agama Hubungannya Personal dengan Tuhan
Jumat, Juni 24, 2022

On Jumat, Juni 24, 2022

BENTENGSUMBAR.COM - Mantan Komisaris PT Garuda Indonesia Peter Gontha, baru-baru ini mempersoalkan soal kolom agama di Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Peter Gontha berpendapat bahwa kolom agama di KTP RI sebaiknya dihapus.

Menurut Peter Gontha, penghapusan kolom agama di KTP RI nantinya bisa meminimalisir potensi perpecahan dan polarisasi di tengah masyarakat.

Mulanya Peter membahas soal polemik para pemimpin negeri yang menjadi penyebab polarisasi dan perpecahan di masyarakat.

“Adalah pemimpin-pemimpin bangsa kita sendiri, yang mengkategorasikan, mempolarisasi, mengkotak-kotakan bangsa sesuai agamanya,” tulisnya di akun Instagram pribadinya @petergontha, dikutip Hops.ID pada Kamis, 23 Juni 2022.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa pemimpin negeri ini tidak boleh sembarangan menyalahkan masyarakat atas polarisasi yang telah terbentuk.

Sebab menurutnya, bagaimanapun hal itu merupakan dampak dari ulahnya sendiri.

Peter Gontha juga menyinggung soal KTP yang berlaku di Indonesia.

"Penguasa kaya kita meminta supaya pemerintah segera melakukan terobosan untuk mengkaji ulang penggunaan kolom agama di KTP.

“Jangan salahkan masyarakat, si kadrun, si cebong atau si kampret. Dari mulai presiden ke-1 sampai ke-7, yang harusnya bisa mengubah ini dengan cukup melakukan koreksi terhadap kartu Inidentitas penduduk,” lanjutnya.

“Di KTP masih tercantum (kolom) agama,” tambah dia.

Menurut Peter Gontha, kolom agama di KTP tidak penting, lantaran hal itu bersifat personal.

“Apa gunanya mencantumkan agama seseorang, agama adalah hubungan personal seseorang dengan Tuhan,” papar dia.

Selain itu, Peter Gontha menyinggung soal penerapan KTP di luar negeri. Di sana KTP dikatakan sudah menjadi ranah pribadi dan tidak semua orang tahu atas hal tersebut.

“Di Negara lain hal ini menjadi informasi milik pribadi,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Peter Gontha kadang merasa risih ketika dalam ruang pekerjaan, hal-hal yang bersifat pribadi masih dianggap sebagai indikator.

“Melamar pun hal ini di tanya. Kapan kita berubah,” tutup Peter Gontha dalam postingannya.

Sumber: HopsID