Opini

PARLEMEN

Sports

Edhy Prabowo Jadi Tersangka, Hashim Djojohadikusumo Buka-bukaan soal Ekspor Benih Lobster
Sabtu, November 28, 2020

On Sabtu, November 28, 2020

Edhy Prabowo Jadi Tersangka, Hashim Djojohadikusumo Buka-bukaan soal Ekspor Benih Lobster
BENTENGSUMBAR.COM - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo tersandung kasus korupsi ekspor benih ekspor. Edhy diamankan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) beberapa waktu lalu setelah pulang dari Amerika Serikat di Bandara Soekarno Hatta.


Namun ternyata jauh sebelum kasus tersebut, sempat ada anggapan praktik kronisme terkait ekspor benih lobster. Mengingat, dari beberapa perusahaan yang ditunjuk sebagai eksportir, ada salah satu perusahaan milik kader Gerindra dan yang berafiliasi dengannya.


Salah satunya adalah eskportir PT Bima Sakti Mutiara. Pada posisi jajaran Dewan Komisaris perusahaan tersebut ada nama adik dari Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto yakni Hashim Djojohadikusumo.


Perusahaan ini juga menempatkan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo sebagai Direktur Utama. Rahayu merupkan putri dari Hashim atau keponakan dari Prabowo Subianto.


Saat dikonfirmasi Rahayu memang memgaku akan menunggu kasus kepastian dari kasusnya.


“Saya juga masih menunggu kepastian soal kasusnya sih, ya kan. Tetapi kita belum ada instruksi dan belum ada kabar,” ujarnya belum lama ini.


Sementara itu, jauh-jauh hari sebelumnya, Adik dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yakni Hashim Djojohadikusumo sempat buka suara terkait tuduhan praktik kronisme terkait ekspor benih lobster. Tuduhan tersebut mencuat setelah perusahaannya mendapat izin untuk melakukan budidaya dan ekspor benih lobster.


Menurut Hashim yang dituduhkan oleh beberapa pihak terkait praktik KKN sama sekali tidak benar. Karena seluruh proses dan pemilihan perusahaan yang mendapatkan izin budidaya tersebut sudah sesuai prosedur.


“Semua yang dituduhkan ke saya itu tidak benar,” ucapnya beberapa waktu lalu.


Hashim bercerita, perusahaannya sudah melakukan ekspor sejak tahun 1986. Namun saat itu barang yang diekspor adalah mutiara.


“Keluarga saya sudah bergerak di bidang kelautan 34 tahun. 34 tahun tahun 1986 ekspor pertama kami itu mutiara itu 89. 31 tahun lalu. Kami beururusan dengan Kementerian Kelautan itu sudah berapa dasawarsa. Badan karantina kita mau kirim mutiara kita suntik siput diatur oleh aparat Kementerian Kelautan sekarang,” jelasnya.


Seiring berjalannya waktu, bisnis budidaya mutiara yang dijalani ini mengalami kemandekan. Untuk menyelamatkan perusahaan dirinya melakukan diversifikasi dengan menjamah bidang-bidang lainnya.


Namun saat itu, ketika perusahaanya ingin melakukan budidaya lobster masih dilarang oleh pemerintah. Barulah saat Edhy Prabowo ditunjuk sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan budidaya kembali dibuka.


Menurut Hashim, budidaya yang dilakukan juga harus benar-benar dan juga ada syarat sebelum melakukan ekspor. Tanpa budidaya, perusahaan tidak akan bisa melakukan ekspor.


“Baru dengan menteri baru, budidaya diutamakan yang selama lima tahun dilarang itu diutamakan. Dan diutamakan yang diberikan izin budidaya bukan izin ekspor,” jelasnya.


Sumber: Okezone

Denny Siregar Cari Berita Duka Cita di Twitter: Orang Jahat Itu Matinya Lama..
Sabtu, November 28, 2020

On Sabtu, November 28, 2020

Denny Siregar Cari Berita Duka Cita di Twitter: Orang Jahat Itu Matinya Lama..
BENTENGSUMBAR.COM - Penggiat Media Sosial Denny Siregar mengaku sedang mencari berita duka cita di media sosial twitter.


Namun ia tak menyebutkan sedang mencari berita duka cita orang yang dia maksud.


"Bulak balik scroll twitter, belum ada berita duka cita..Jangan2 bener kata orang, orang jahat itu matinya lama..," tulis Denny Siregar melalui akun twitternya @Dennysiregar7, seperti dilihat BentengSumbar.com, Sabtu, 28 November 2020.


Meski tak menyebutkan berita duka cita sosok yang dicarinya, namun netizen mencoba meraba siapa orang yang dimaksud Denny Siregar.


"Kalau yg dimaksudkan bang denny itu seperti orang yg saya duga saya juga  tidak suka sama beliau,,tapi kalau mendoakan orang supaya  mati,saya juga tidak suka," balas akun @AhmadZu15931776.


"Maka berbuat jahat lah seperti temen Ka Ema. Jahaaapp kamu bib," komentar akun @Putra_Sangihe.


"Tuhan kan adil bang, biar bs ena2 dulu di dunia, sengsara nanti di ahirat. Cuma masalahnya ada konversi waktu antara dunia & ahirat," kata akun @ARilasiTO.


"Jahat loe Den," tegas akun @bendongajeg.


"Kita doaken sehat...sepi rasanya dunia kalo beliyo gak tereak2...," kata akun @mekarperkasa_mr.


"emang yakin Bro,berita dukacita yang ini bakal jadi headline? Dirawat di RS selama 3,5 tahun juga mungkin lho, kalau ngikutin nalar mereka sih," ujar akun @E1sembiring.


"Gw kira gw doang yg tunggu berita duka," kata akun @WinSamb.


"Jangan dulu lah. Emang mau, tanggal 2 vidcon sama arwahnya?" ungkap akun @fariedza.


(by)

Cek Rekening! BLT Gaji Sudah Ditransfer ke 11 Juta Pekerja
Sabtu, November 28, 2020

On Sabtu, November 28, 2020

Cek Rekening! BLT Gaji Sudah Ditransfer ke 11 Juta Pekerja
BENTENGSUMBAR.COM - Segera cek rekening Anda, sebab bantuan subsidi upah/gaji (BSU) atau BLT gaji termin kedua sudah disalurkan kepada 11.052.859 pekerja yang terdiri dari batch 1 hingga 5. Termin 2 ini merupakan bantuan periode November-Desember 2020.


Dapat diketahui, program pemberian BLT gaji ini dibagi menjadi 2 kali penyaluran, yakni termin pertama untuk bantuan periode September-Oktober, dan termin kedua untuk bantuan periode November-Desember.


"Pemerintah kembali menyalurkan bantuan subsidi gaji (BLT gaji) batch V untuk termin kedua ini kepada 567.723 juta pekerja/buruh," kata Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah melalui keterangan tertulis, kemarin Rabu, 25 November 2020.


Tercatat, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah menyalurkan BLT gaji dari batch 1 hingga 5 sebanyak 11, 052 juta penerima. 


Namun, realisasinya berdasarkan laporan data per 23 November 2020, BSU tahap 2 baru masuk ke rekening 5, 928 juta peserta.


Ida merinci penyaluran BLT subsidi gaji tahap 2 mulai dari batch 1 hingga 5, yakni batch 1 sebanyak 2.180.382 pekerja, batch 2 sebanyak 2.713.434 pekerja, batch 3 sebanyak 3.149.031 pekerja, batch 4 sebanyak 2.442.289 pekerja, dan batch 5 sebanyak 567.723 juta pekerja.


"Penyaluran BSU (BLT gaji) ini, tentunya setelah diproses oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) kepada bank penyalur, untuk selanjutnya di ditransfer ke rekening penerima baik Himbara (Himpunan Bank-Bank milik Negara) maupun non-Himbara," jelasnya.


Sumber: detikcom

Gubernur Irwan Prayitno Panen Ikan Kerapu Siap Ekspor
Sabtu, November 28, 2020

On Sabtu, November 28, 2020

Gubernur Irwan Prayitno Panen Ikan Kerapu Siap Ekspor
BENTENGSUMBAR.COM - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat, Yosmeri melakukan panen raya ikan kerapu di Kawasan Mandeh, Jumat, 27 November 2020.


Setidaknya 15 ton ikan kerapu akan dipanen di Kawasan Mandeh yang siap ekspor. Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno yakin program budidaya ikan kerapu sangat membantu masyarakat dan mampu menumbuhkan kemandirian ekonomi nelayan.


"Rencananya hasil ikan kerapu ini akan diekspor ke Hongkong, semuanya sudah siap kirim. Mudah-mudahan usaha budidaya ikan kerapu terus berkembang dan bisa melibatkan masyarakat setempat," kata Irwan Prayitno.


Gubernur Sumbar mengatakan, budidaya ikan kerapu dapat menjadi program unggulan masyarakat Kawasan Mandeh karena sangat cocok dengan kondisi dan sumber daya yang dimiliki serta jaminan dan kepastian pasar. Selain di Kawasan Mandeh, ada juga budidaya ikan kerapu yang siap panen di daerah Kepulauan Mentawai dan Painan.


“Alhamdulillah, meskipun kita sedang dilanda Pandemi Covid-19, hari ini kita panen ikan kerapu yang memiliki kualitas ekspor," ungkap Irwan Prayitno.


Pada masa pandemi Covid-19, Gubernur Irwan Prayitno meminta masyarakat untuk terus berproduktif, selalu tingkatkan kualitas, agar mampu bersaing dan sukses. 


"Terobosan harus kita buat, apalagi dalam kondisi pandemi, kita motivasi para nelayan, selain terus kelaut, mereka juga bisa budidaya ikan kerapu yang jelas sangat menguntungkan," ucapnya.


Karena peluang pasar ikan kerapu sangat banyak dengan jumlah besar, oleh karena itu pemerintah Sumbar sangat mendukung ekspor ikan kerapu.


Selain itu, Irwan Prayitno meminta pada pemiliki budidaya ikan kerapu (Adhi Putra) untuk membantu para nelayan yang ingin budidaya ikan kerapu berupa bibit dan pakan serta memberikan pembinaan kepada nelayan, agar nanti sukses dalam budidaya ikan kerapu.


"Kerjasama ini sering dilakukan, nanti kalau ikannya sudah besar bisa dibeli sama Adhi, ataupun dengan cara bagi hasil," jelas Irwan Prayitno.


Irwan Prayitno yakin program ini sangat membantu masyarakat dan mampu menumbuhkan kemandirian ekonomi mereka.


Gubernur Irwan Prayitno berharap dengan adanya budidaya ikan kerapu bisa meningkat  dan yang terpenting para nelayan Kawasan Mandeh bisa mendorong kemandirian ekonomi masyarakat dan bisa jadi program unggulan.


(Nov)

Sesama Berdarah Solo, Mumtaz Rais Siap Menangkan Gibran di Pilkada
Sabtu, November 28, 2020

On Sabtu, November 28, 2020

Sesama Berdarah Solo, Mumtaz Rais Siap Menangkan Gibran di Pilkada
BENTENGSUMBAR.COM - Putra Amien Rais, Mumtaz Rais, memastikan akan mendukung Gibran Rakabuming Raka dalam Pilkada Solo. Bersama PAN, Mumtaz mendorong Gibran menjadi generasi baru dalam memimpin daerah.


Salah satu alasannya, kata Mumtaz Rais, karena mereka sama-sama berdarah Solo. Seperti diketahui, ayah Mumtaz, Amien Rais memiliki darah Solo.


"Sesama orang yang punya darah Solo, saya bukan hanya mendukung, tapi mem-back up secara moril, apapun itu demi regenerasi kepemimpinan di Jawa Tengah, khususnya Solo," ujar Mumtaz usai bertemu Gibran di kawasan Pasar Kliwon, Solo, Jumat, 27 November 2020.


Menurutnya, Gibran memiliki kompetensi untuk memimpin Solo. Dia yakin Gibran bisa memenangkan Pilkada Solo dengan mudah.


"Dengan kreativitas dan kompetensi serta prestasi yang Mas Gibran punya, kami PAN partai pengusung yakin Mas Gibran memenangkan Pilkada Solo dengan mudah dan mulus, lancar semua," katanya.


Menanggapi dukungan Mumtaz Rais, Gibran Rakabuming Raka mengaku bertambah semangat untuk menang di Pilkada Solo.


"Tambah semangat," kata Gibran singkat.


Sebelumnya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan juga bertemu dengan Gibran. Zulkifli datang ke Solo untuk memberi semangat kepada kader PAN untuk memenangkan Gibran Rakabuming-Teguh Prakosa di Pilkada Solo 2020.


"Saya jauh-jauh dari Jakarta ke Solo mengkonsolidasi teman-teman PAN. Agar di sisa waktu ini bekerja lebih keras lagi," kata Zulhas.


Sumber: detikcom

Pernah Juara PON, Nasrul Abit Akan Prioritaskan Futsal Sumbar
Sabtu, November 28, 2020

On Sabtu, November 28, 2020

Pernah Juara PON, Nasrul Abit Akan Prioritaskan Futsal Sumbar
BENTENGSUMBAR.COM - Calon Gubernur Sumatra Barat (Sumbar), Nasrul Abit, berdialog dengan pelatih dan pemain futsal se-Kota Padang di Posko Relawan Nasrul Abit-Indra Catri (NA-IC), Jalan Raden Saleh, Padang, Kamis, 26 November 2020 malam. 


Dalam dialog itu, Ali, perwakilan ketua pelatih futsal Kota Padang, menyampaikan bahwa olahraga futsal di Sumbar kurang mendapat perhatian dari pemerintah. Akibatnya, para pelatih agak kesulitan dalam mengembangkan potensi generasi muda yang hobi futsal. Walaupun begitu, futsal tetap bisa mengukir prestasi walaupun tidak menonjol seperti sepakbola.


Tim futsal Sumbar, kata Ali, pernah juara cabang olahraga futsal PON XVIII Riau 2012 dan mendapatkan emas setelah mengalahkan tim DKI Jakarta 6-2 di GOR Tembilahan. Kemudian, tim futsal Sumbar pada 2016 gagal bertanding pada PON Jabar. 


Kegagalan kembali terulang pada 2019 untuk mendukung tiket PON Papua. “Mohon perhatian kami di futsal, Pak. Kami merasa dianaktirikan. Selama ini perhatian pemerintah lebih banyak ke sepakbola. Ke depan insyaallah Bapak terpilih, kami bisa diprioritaskan,” ucapnya.


Walaupun tanpa sentuhan pemerintah, kata Ali, futsal Sumbar dengan terseok-seok mampu mengisi Timnas Futsal Indonesia. Bahkan, Kapten Timnas Futsal Indonesia, Randi Satria, merupakan putra Sumbar. “Di timnas ada dua orang putra terbaik kita Randi Satria dan Muhammad Sanja,” katanya.


Ali berharap ada komunikasi pemerintah Sumatra Barat dengan futsal. Dengan begitu, pembinaan untuk bibit muda bisa berjalan maksimal. Ia juga mengatakan bahwa pelatih juga harus disiapkan.


“Apalagi 2024 kita akan menuju PON Sumut. Kami ingin Ayah Nasrul Abit perhatian seperti Anis Baswedan dan Gubernur Sumut untuk futsal,” ujarnya.


Nasrul Abit mengapresiasi futsal yang mengharumkan nama Sumbar di kancah nasional, bahkan internasional. Menurutnya, olahraga selain menorehkan prestasi juga menjauh generasi muda dari narkoba.


“Ke depan melalui KONI, futsal harus mendapatkan perhatian dari pemerintah. Insyaallah pelatih dan pemain akan kami prioritaskan, apalagi ananda membawa nama Sumbar," tuturnya. 


(y)

Mirip Pidato Jokowi, Ketum MUI Miftachul Akhyar: Dakwah Ulama Merangkul, Bukan Memukul
Sabtu, November 28, 2020

On Sabtu, November 28, 2020

Mirip Pidato Jokowi, Ketum MUI Miftachul Akhyar: Dakwah Ulama Merangkul, Bukan Memukul
BENTENGSUMBAR.COM - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) periode 2020-2025, Miftachul Akhyar, menyampaikan sejumlah pesan saat berpidato di acara penutupan Munas X MUI, Jumat, 27 November 2020.


Dilansir Tempo, Miftachul berpesan bahwa tugas ulama adalah berdakwah tanpa mengejek. 


"Merangkul, bukan memukul. Menyayangi bukan menyaingi. Mendidik bukan membidik. Membina bukan menghina. Mencari solusi bukan mencari simpati. Membela bukan mencela. Tugas-tugas ini saya harapkan dalam periode perkhidmatan kita, ini akan mewarnai dalam kehidupan kita semuanya. Umat sedang menunggu apa langkah kita," ujarnya, Jumat, 27 November 2020.


Dalam menyampaikan dakwah, kata Miftachul, ulama harus mengedepankan kasih sayang. 


"Ini harapan Islam pada kita-kita, terutama para penanggung jawab keulamaan untuk memberikan pencerahan kepada umat. Mereka yang melihat umat dengan mata kasih sayang. Manakala menjadi sesuatu, mari cari penyebabnya, bukan hanya kita memvonis tanpa ada klarifikasi," ujarnya.


Pesan-pesan Miftachul kurang lebih juga serupa dengan pidato Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat membuka acara Munas X MUI secara virtual pada Rabu malam, 25 November 2020.


Dalam pidatonya, Jokowi menyebut pemerintah mendukung penuh ikhtiar MUI mewujudkan Islam rahmatan lil ‘alamin dalam kehidupan bangsa yang majemuk. 


Corak keislaman di Indonesia, kata Jokowi, identik dengan pendekatan dakwah kultural yang persuasif dan damai, tidak menebar kebencian, jauh dari karakter ekstrem dan merasa benar sendiri.


"Hal ini menunjukkan bahwa semangat dakwah keislaman kita adalah merangkul, bukan memukul. Karena hakikat berdakwah adalah mengajak umat ke jalan kebaikan sesuai akhlak mulia Rasulullah SAW," kata Jokowi lewat video konferensi, Rabu, 25 November 2020.


(o)

Ma'ruf ke Pengurus Baru MUI: Jaga Umat dari Akidah yang Menyimpang
Sabtu, November 28, 2020

On Sabtu, November 28, 2020

Ma'ruf ke Pengurus Baru MUI: Jaga Umat dari Akidah yang Menyimpang
BENTENGSUMBAR.COM - Wakil Presiden Ma'ruf Amin resmi menutup Musyawarah Nasional (Munas) ke-10 Majelis Ulama Indonesia (MUI). Ma'ruf berpesan kepada Ketua Umum MUI periode 2020-2025, Miftachul Akhyar, dan jajarannya untuk melayani dan membimbing umat dari akidah yang menyimpang.


"Atas nama pemerintah, saya ucapkan selamat kepada segenap jajaran pimpinan MUI dan seluruh peserta Munas ke-10 MUI yang telah berhasil melaksanakan acara penting ini sesuai dengan rencana dan mandatnya. Saya juga bersyukur atas keberhasilan Munas ke-10 MUI ini dalam menetapkan susunan kepengurusan MUI periode 2020-2025 secara musyawarah dan menyepakati agenda kerja utama MUI untuk 5 tahun ke depan," kata Ma'ruf dalam siaran YouTube Wakil Presiden RI, Jumat, 27 November 2020.


Ma'ruf berpesan agar MUI dapat menjalankan perannya dalam menjaga agama dari berbagai macam penodaan. Selain itu, MUI juga diharapkan melanjutkan perannya sebagai mitra pemerintah.


"Pemerintah dan masyarakat memiliki harapan besar kepada MUI untuk terus menjalankan perannya yang sangat besar, yaitu pelayan umat sekaligus sebagai mitra pemerintah dalam rangka juga melakukan upaya menjaga agama dari upaya-upaya yang mengesampingkan peran-peran agama, padahal mestinya agama adalah sumber inspirasi, juga landasan berpikir dan kaidah penuntun dalam kehidupan kita bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, dan juga menjaga agama dari upaya-upaya penodaan-penodaan agama," katanya.


Selain itu, Ma'ruf meminta MUI turut menjaga negara dari pihak yang ingin mencederai NKRI serta menjaga umat dari pemahaman yang menyimpang dari agama.


"Juga menjaga negara dari upaya-upaya yang mencederai kesepakatan nasional kita seluruh bangsa ini. Ketiga adalah menjaga umat daripada akidah-akidah menyimpang, daripada cara-cara bermuamalah yang tidak sesuai syariah, dari mengkonsumsi hal-hal yang tidak halal. Ini bagian yang dilakukan oleh mejelis ulama," tuturnya.


Kunci keberhasilan tugas MUI itu kata Ma'ruf adalah konsisten atau istikamah. Dengan konsisten, MUI bisa menjadi kepercayaan masyarakat dan pemerintah.


"Kunci keberhasilan dalam melaksanakan peran tersebut adalah konsistensi, pengurus MUI di dalam menegakkan prinsip dan garis-garis organisasi yang telah menjadi tradisi pengurus MUI dari masa ke masa. Selama kedua prinsip itu menjadi pedoman, insyaallah kepercayaan masyarakat dan pemerintah terus terjaga," tutur dia.


"Untuk itu, saya berharap dan mendoakan agar pimpinan dan seluruh jajaran MUI periode 2020-2025 selalu istikamah termasuk saya yang ada di dalamnya," lanjutnya.


Sebagai lembaga yang membawahi ormas Islam, Ma'ruf berharap MUI bisa memberikan teladan. Ma'ruf berharap MUI menggerakkan umat dalam menjaga persatuan dan kesatuan.


"Oleh karena itu, MUI sebagai imam kelembagaan bagi segenap ormas Islam Indonesia saya berharap MUI mampu memberikan contoh dan teladan dalam memanivestasikan karakter dan sikap organisasi terutama dalam rangka persatuan dan kesatuan, mengayomi, melindungi dan menggerakkan dalam rangka dalam menjaga persatuan dan kesatuan umat serta keutuhan bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika," ucapnya. 


Sumber: detikcom

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *