Alumni IAIN IB Disebut-Sebut Lirik Kursi 'Panas' Wako Bukittinggi

Kolonel Marinir Azwarlis Zakaria dalam suatu acara yang diadakan mahasiswa Fakultas Dakwah
BentengSumbar.com --- Banyaknya alumni Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol yang terjun ke dunia politik tak dapat dipungkiri. Mereka tidak sajo di atas mimbar memberikan pencerahan jiawa, tetapi juga memiliki kebolehan dalam memimpin masyarakat, termasuk menjadi Kepala Daerah (KDH) dan wakil rakyat.

Direktur Eksekutif LSM Mamak Ranah Minang, Syahrial Aziz mengatakan, dunia politik bagi alumnus IAIN bukanlah hal yang tabu. Sebab, IAIN tidak hanya mencetak para ulama, tetapi juga pemimpin ummat secara politik. "Jangan kita beranggapan IAIN hanya khusus mencetak ustad, da'i, dan ulama. Sebab, selama di kampus, mahasiswanya juga diajarkan cara berorganisasi dan memimpin organisasi yang baik. Bahkan, di IAIN ada jurusan khusus yang mengkaji politik, yaitu Jinayah Siyasah (Ilmu Hukum Pidana dan Politik Islam, red)," ujarnya.

Syahrial Aziz sangat setuju jika ada alumni IAIN Imam Bonjol Padang yang maju menjadi Kepala Daerah, baik Gubernur, Walikota, maupun Bupati. Seperti Kolonel Marinir Azwarlis Zakaria yang disebut-sebut melirik 'kursi panas' Walikota Bukittinggi. Pemimpin Redaksi Tabloidbijak.com ini menilai, Kolonel Marinir Azwarlis Zakaria sangat layak untuk maju pada bursa Calon Walikota (Cawako) Bukitttingi pada Pilkada 2015 mendatang.

“Saya tahu persis kepribadian dan karakter beliau. Karena pak Azwarlis Zakaria itu satu angkatan di atas saya. Beliau dulu juga sama-sama aktif di Resimen Mahasiswa (Menwa) dengan saya,” ungkap alumni Fakultas Dakwah IAIN Imam Bonjol Padang angkatan 1984 ini. Pengalaman Azwarlis selama di militer patut dijadikan catatan untuk menjadi seorang pemimpin. Sebab, selama ini basic militer jarang gagal dalam memimpin di negara ini.

Dikatakannya,  dukungan secara langsung kepada Azwarlis Zakaria untuk maju pada Pilkada Bukittinggi 2015 itu, akan disampaikannya saat pertemuan Alumni Fakultas Dakwah seluruh angkatan di Hotel Rocky Bukittinggi, 14-16 November 2014 ini. "Kita berharap, hendaknya bapak Azwarlis juga sukses memimpin Kota Bukittinggi nantinya jika diberi amanah oleh rakyat setempat,” ucap Yal Aziz seraya memberikan pandangan.

Sementara itu, Salman K Memet, yang merupakan teman seangkatan Yal Aziz saat kuliah di Fakultas Dakwah IAIN Imam Bonjol Padang menilai, acara reunian yang diadakan di Kota Wisata tersebut sangat positif dalam rangka menjalin silaturrahmi antar alumni. Di samping itu, hasil pertemuan tersebut bisa menjadi masukan bagi almamater IAIN Imam Bonjol ke depan. “Saya juga akan datang untuk menghadiri acara reuni almuni fakultas dakwah tersebut,” kata Drs Salman K Memet, Kakankemenag Kota Payakumbuh saat dihubungi secara terpisah.

Pendapat senada juga disampaikan Ketua Alumni IAIN Imam Bonjol Padang, Irdinansyah Tarmizi yang saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Tanah Datar. Menurutnya, kualitas dan kapabilitas Azwarlis Zakaria dalam memimpin pasukan di militer tak perlu diragukan. Sehingga wajar karirnya berjalan dengan mulus hingga menyandang pangkat Kolonel Marinir Angkatan Laut RI saat ini.

“Jiwa kepemimpinan beliau sudah tampak ketika masih di kampus dulu. Sebagai alumni IAIN, kita harus mendukung beliau jika memang ingin mengabdi untuk kampung halaman tercinta,” tutur mantan anggota DPRD Sumbar periode 2009-2014 tersebut. (bom)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »