Pansus Angket KPK Cacat Hukum, Mahfud MD: Subjeknya Keliru

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD.

Pansus Angket KPK Cacat Hukum, Mahfud MD: Subjeknya Keliru
BENTENGSUMBAR.COM - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menilai pembentukan panitia khusus hak angket terhadap KPK oleh DPR cacat hukum. Salah satu alasan yang menyebabkan pansus itu cacat hukum adalah kekeliruan subjek dan objek hak angket itu sendiri. 

"Subjeknya keliru karena secara historis hak angket itu dulu hanya dimaksudkan untuk pemerintah," ujar Mahfud di Gedung KPK, Jakarta, Rabu, 11 Juni 2017. 

Pemerintah yang dimaksud adalah presiden, wakil presiden, menteri, jaksa agung, kapolri, dan lembaga pemerintah non-kementerian. Sementara KPK, menurut Mahfud, bukan lembaga pemerintah. 

Selain itu, pembentukan pansus tersebut juga diduga kuat melanggar undang-undang. Hal ini, kata dia, terlihat dari pemaksaan ketok palu saat sidang paripurna pada April lalu. 

"Padahal saat itu banyak yang tidak setuju. Kalau keadaan belum bulat mestinya voting, ditanya dulu. Seperti itu dianggap manipulasi persidangan," katanya. 

Dalam ketentuan pasal 201 ayat (3) UU MD3 juga mengatur bahwa semua fraksi harus terwakili dalam pansus hak angket tersebut. Sedangkan hingga saat ini masih ada tiga fraksi yang menolak yakni Demokrat, PKB, dan PKS. 

Mahfud juga menyoroti pokok materi hak angket yang dibahas. Menurutnya, materi hak angket oleh DPR harus strategis dan menyangkut hal penting di luar permasalahan rutin, dalam hal ini yang dihadapi oleh KPK. 

Dibuktikan di Pengadilan

Sementara itu, salah satu materi yang akan dibahas ini adalah permasalahan anggota fraksi Hanura Miryam S Haryani yang diduga memberikan keterangan palsu saat bersaksi dalam sidang kasus dugaan korupsi proyek e-KTP. 

"Ini pentingnya apa. Pengakuan Miryam yang mengaku ditekan itu hal biasa. Tidak ada yang gawat di situ dan sudah dibuktikan di sidang praperadilan," tuturnya. 

Jika DPR memang menginginkan membahas materi lain tentang persoalan KPK, menurut Mahfud, hal itu juga tidak diperbolehkan. Sebab, pembentukan pansus hak angket itu harus fokus terhadap suatu permasalahan yang penting. 

"Kalau nanti dicari-cari masalahnya apa itu tidak boleh. Tidak fair secara hukum," ucap Mahfud. 

Mahfud merupakan salah satu ahli hukum tata negara yang digandeng KPK untuk mengkaji keabsahan hak angket oleh DPR. Lembaga anti rasuah sebelumnya juga telah mengkaji permasalahan tersebut bersama ahli hukum pidana Indriyanto Seno Adji. 

(by/cnni)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Pansus Angket KPK Cacat Hukum, Mahfud MD: Subjeknya Keliru
Pansus Angket KPK Cacat Hukum, Mahfud MD: Subjeknya Keliru
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD.
https://2.bp.blogspot.com/-eGkgUmCgwtQ/WUE6hN_r5II/AAAAAAAAGDg/Mv57MY8Dk3giFa_pMY056AOB-4a2ZyWkwCLcBGAs/s640/Mahfud%2BMD.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-eGkgUmCgwtQ/WUE6hN_r5II/AAAAAAAAGDg/Mv57MY8Dk3giFa_pMY056AOB-4a2ZyWkwCLcBGAs/s72-c/Mahfud%2BMD.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/06/pansus-angket-kpk-cacat-hukum-mahfud-md.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/06/pansus-angket-kpk-cacat-hukum-mahfud-md.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy