Efect Bunyi atau Suara dalam Game Visual Novel Mr. Love Queen’s Choice Terhadap Game dan Pemain

Efect Bunyi atau Suara dalam Game Visual Novel Mr. Love Queen’s Choice Terhadap Game dan Pemain
Mr Love: Quenn’s  choice adalah permainan visual novel yang di produksi oleh Perusahaan game asal Cina.
MR
Love: Quenn’s  choice adalah permainan visual novel yang di produksi oleh Perusahaan game asal Cina yang kemudian di terjemahkan ke dalam berbagai bahasa seperti Bahasa (jepang ,inggris ,dll).

Game ini menceritakan “tokoh utama yang Bernama watasi” yang bisa jadi merupakan sebutan bagi karakter utama, yaitu watashi (aku,dalam Bahasa jepang ).

Watasi adalah seorang producer di salah satu Perusahaan televisi yang bernama LFG  yang mana Perusahaan tersebut merupakan Perusahaan mendiang ayah watasi dan Perusahaan tv ini menghasilkan program unggulan yang Bernama “miracle finder”.

Tapi sejak ayah watasi meninggal program tersebut mengalami rating yang rendah investor utama Perusahaan tv  yang Bernama LFG kecewa dan menolak memperpanjang kontrak akan tetapi watasi tidak menyerah dengan program andalanya dan menemui ceo Perusahaan yang Bernama victor untuk mengubah pikirannya sekaligus meyakinkannya.

Victor memberikan sebuah   syarat untuk memperpanjang kontrak yaitu watasi harus membuat program “miracle finder” Kembali ke masa ke jayaan nya  dalam usaha memenuhi syarat victor watasi bertemu dengan berbagai macam orang yang membuat dia jatuh cinta.

Game ini mendapat respond positif saat pertama di realese  salah satu factor yang membuat game ini terkenal adalah tampilan karakternya yang menawan , pengisi suara yang membuat para pemain terbawa kedalam game , banyak nya suara atau bunyi pendukung dalam game juga menambah kemenarikan dalam game Mr.love queen choice dalam game ini juga terdapat berbagi macam jenis bunyi atau suara apakah bunyi tersebut memiliki effect terhadap game visual novel Mr. love:queen choice dan apakah dengan bunyi yang dihasilkan game ini kita bisa menentukan alur dari game visual novel Mr.love queen choice tanpa memahami text yang disajikan.

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI) Bunyi atau suara merupakan sesuatu yang terdengar (didengar) atau ditangkap oleh telinga, sehingga dapat dikatakan bahwa segala gelombang yang dapat diterima oleh telinga dapat dikatakan sebagai di dalam game visual novel ini terdapat berbagai jenis bunyi , yaitu bunyi seiyu (pengisi suara  ), bunyi music , bunyi pendukung (Langkah kaki, mobil ,ketukan pintu dll ) ,ketiga bunyi ini memiliki fungsi  masing-masing dalam menjadikan sebuah game menjadi game yang lebih hidup dan bisa dinikmati oleh pemainnya.

Bunyi atau suara seiyu (pengisi suara ) ,bunyi ini berasal dari 4 tokoh utama yang mana setiap tokoh mempunyai pengisi suara yang berbeda dan itu menghasilkan keberagaman  suara yang di hasilkan setiap karakter, karakter  yang ada dalam permainan visual novel Mr Love : Quenn choice yaitu victor ,Lucien ,gavin dan kiro setiap karakter mememiliki jenis bunyi atau suara yang berbeda beda victor, memiliki jenis bunyi suara yang tegas ,seksi dan kita dapat mendengarkan emosi di dalamnya ,Lucien  memiliki suara yang lembut  , gavin memiliki jenis bunyi suara yang terkesan cool enak di dengar dan terkesan lebih hidup.

Sama dengan gavin kiro memiiliki bunyi  suara yang cukup personal  dan hidup , bunyi suara yang ada pada karakter game ini hanya berfungsi untuk membuat karakter game Mr.love : queen choice menjadi lebih hidup dan membuat seakan akan para pemain masuk kedalam sebuah game dan dengan adanya bunyi  suara seiyu, emosi yang di sampaikan setiap karakter bisa lebih terlihat hal tersebut menjadikan pemain lebih menikamti game Mr.love : queen choice.

Bunyi atau suara music , music yang digunakan di dalam game visual novel ini berjumlah 84 music  yang mana hampir setiap music memakai piano sebagai instrument utama dari game visual novel ini yamg membedakan music satu dan yang lainnya hanya tempo music yang cepat dan lambat dan di tambah dengan sedikit perpaduan suara contoh nya suara seruling , suara manusia,suara celo dan lainnya , dan bunyi music ini disesuaikan dengan ke adaan dari setiap alur game.

Misalnya saat terjadi adegan yang menegangkan music nya kan menjadi cepat saat ada adegan yang romantic tempo musiknya akan menjadi sedikit pelan , sehingga dengan adanya music dapat membangun  suasana dari game visual Mr.love:queen choice  jadi fungsi  bunyi atau suara music disini hanya sebagai pemabangun suasana terhadap setiap jalan cerita yang di lalui para pemain.

Bunyi atau suara pendukung adalah yang dimaksud pendukung disini adalah bunyi atau suara yan hanya melengkapi beberapa bagian dalam game ,bunyi ini terdiri dari bunyi ketukan pintu , bunyi pisau yang seolah -olah akan menusuk, bunyi mobil , bunyi motor dan lain lain.

Karena game visual novel itu sendiri hanya menyajikan suara dan gambar para tokohnya sehingga ada beberapa bagian dari game  yang akan kurang kulau hanya di jelaskan dengan text ,oleh sebab itu penambahan suara seperti pisau ,pintu , mobil dapat menjelaskan keadaan yang tejadi dalam game visual novel Mr.love:queen choice sehingga pemain lebih menikmati game.

Bunyi-bunyi atau suara dalam game visual novel "Mr. Love: Queen's Choice" memiliki pengaruh terhadap pengalaman pemain dan game . Dengan penggunaan bunyi suara seiyu (pengisi suara)  , bunyi music, dan bunyi pendukung, game ini menciptakan keberagaman dan kedalaman dalam karakter serta suasana. 

Bunyi atau suara seiyu membantu menghidupkan karakter dan membuat pemain terbawa ke dalam game sehingga para pemain betah saat bermain game  , sedangkan bunyi music merupakan pembangun suasana dalam  game ini sehingga  memberikan nuansa yang sesuai dengan setiap alur cerita yang di sajikan . 

Bunyi pendukung seperti ketukan pintu, suara pisau, atau bunyi kendaraan ,karna game ini hanya menampilkan gambar dari tokoh tokohnya dan di tambah dengan adanya teks sebagai  pembantu jalan cerita, bunyi tambahan ini ada untuk mengisi kekosongan saat bermain game , sehingga pemain bisa dengan mudah memahami situasi dan  kondisi yang dialami tokoh dan memberikan pemain pengalaman yang lebih menarik . 

Keseluruhan, bunyi-bunyi tersebut tidak hanya berfungsi sebagai pelengkap, tetapi juga sebagai elemen penting dalam menyampaikan emosi dan menghidupkan dunia game "Mr. Love: Queen's Choice.” , dan dengan bunyi-bunyi yang di hasilkan game ini, para pemain tidak dapat menentukan jalan sebuah permainan tanpa memahami teks yang di dajikan game terlebih dahulu.

*Penulis: Firdaus Abdul Salam, mahasiswa Sastra Jepang Universitas Andalas

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »