Jokowi Sediakan Rumah DP 1 % Untuk Buruh dan Pekerja, Ahok Ingin Rumah Murah Bagi PNS, Ini Reaksi Sandiaga Uno

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan peletakan batu pertama pembangunan rusunami 9.000 unit di kawasan Serpong, Tangerang Selatan, Kamis, 27 April 2017.

Jokowi Sediakan Rumah DP 1 % Untuk Buruh dan Pekerja, Ahok Ingin Rumah Murah Bagi PNS, Ini Reaksi Sandiaga Uno
BENTENGSUMBAR.COM - Presiden Joko Widodo meresmikan peletakan batu pertama pembangunan hunian vertikal murah bagi buruh dan pekerja di Kelurahan Serua, Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Kamis, 27 April 2017 kemaren.

Total, ada 9.000 unit dalam 11 tower yang akan dibangun di lahan seluas 8,2 hektare tersebut. Sebanyak 6.000 unit di antaranya diperuntukan bagi buruh dan pekerja. Sementara, sisanya diperuntukan bagi masyarakat umum.

Jokowi menjelaskan, unit khusus bagi buruh dan pekerja bertipe 30 akan dijual dengan harga Rp 293 juta. Adapun, down payment (DP) per unit hanya 1 persen atau Rp 2,9 juta dengan cicilan Rp 1,2 juta per bulannya.

Jokowi mengaku, sudah melihat maket per unit hunian tersebut. Jokowi mengatakan, hunian itu sangat bagus bagi kehidupan rumah tangga buruh dan pekerja.

Rumah Murah Untuk PNS

Sementara itu, dalam waktu dekat, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), akan persiapkan rumah bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Namun, ia akan mengajak BUMN terlebih dahulu untuk bekerja sama dalam menjual unit-unit apartemen di atas MRT.

"Semua MRT sudah difondasi untuk apartemen di atasnya. Saya mau minta kerja sama dengan BUMN, kenapa tidak jual unit ini kepada PNS-PNS, sehingga murah. Karena kita tidak hitung tanah, tidak hitung keuntungan sebagai pengembang," kata Ahok saat ditemui dalam konferensi pers, Jumat, 28 April 2017 sore.

Ahok memberikan sejumlah paparan contoh tentang program rumah untuk PNS itu. Misalnya, PNS memiliki tanah diklat di Kuningan, lalu tetangganya bikin apartemen Rp 2,7 miliar. Kalau bikin ukuran 36, itu bisa Rp 4 sampai 5 miliiar. Jika dijual pada PNS, nantinya akan dapat keuntungan sebagai kontraktor juga.

"PNS harus patungan menyumbang satu gedung diklat dari membeli apartemen itu. Dia mungkin belinya cuma Rp 700 juta. Misal contoh ya, bangun satu komplek ada apartemen, dua tower, 40 lantai tuh. Termasuk diklat, itu berapa duit? Misalnya, Rp 3,5 triliun dan ada 5.000 unit. Nah Rp 3,5 triliun itu dibagi 5.000, misalnya harganya jadi Rp 700 juta," kata dia.

Itu merupakan cara baru yang akan Ahok lakukan. Ia ingin, PNS bisa tinggal di tengah kota. Awalnya, program tersebut diperuntukan khusus yang baru nikah atau masih muda. Tetapi, ia khawatir PNS yang sudah tua tidak bersemangat untuk urus perizinan. "Jadi akhirnya kami pilih cara undian saja," katanya.

Sandiaga Uno Apresiasi Presiden Jokowi

Cawagub DKI Jakarta Sandiaga Uno mengapresiasi program Presiden Jokowi menyediakan hunian untuk warga dengan cicilan 1 satu persen untuk kepemilikan rumah susun. Sandiaga bersyukur ada program kredit rumah murah bagi warga yang mirip dengan rumah DP Rp 0.

"Alhamdulillah. Sekarang pemerintah pusat juga memberikan solusi terhadap warga yang menginginkan memiliki rumah," kata Sandiaga di Posko Melawai Jalan Melawai Nomor 16, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat, 28 April 2017.

Lebih lanjut Sandiaga mengatakan, hunian atau rumah menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh warga. Ada sekitar 300 ribu antrean warga yang menginginkan harga rumah terjangkau.

"Ada 300 ribu antrean hunian dengan harga terjangkau oleh warga," ucap Sandiaga.

Sandiaga pun mengapresiasi dan berterima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah menghadirkan solusi nyata untuk warganya.

"Jadi saya ucapkan salut kepada pak Presiden ini betul-betul solusi yang dihadirkan oleh pemerintah," pungkasnya.

Diketahui, pemerintah membangun 9.000 unit rusunami di Ciputat, yang dijual dengan harga kurang lebih Rp 293 juta. Rumah tersebut dijual dengan uang muka atau Down Payment (DP) yang sangat rendah, hanya 1 persen, cicilan 1 bulan Rp 1,2 juta.

Presiden Jokowi menjelaskan, setelah di Ciputat, minggu depan pemerintah juga membangun di Depok, yang dijual dengan harga lebih murah lagi, Rp 112 juta.

(buya/kompas/republika/merdeka)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Jokowi Sediakan Rumah DP 1 % Untuk Buruh dan Pekerja, Ahok Ingin Rumah Murah Bagi PNS, Ini Reaksi Sandiaga Uno
Jokowi Sediakan Rumah DP 1 % Untuk Buruh dan Pekerja, Ahok Ingin Rumah Murah Bagi PNS, Ini Reaksi Sandiaga Uno
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan peletakan batu pertama pembangunan rusunami 9.000 unit di kawasan Serpong, Tangerang Selatan, Kamis, 27 April 2017.
https://4.bp.blogspot.com/-zj678QmfAG0/WQPdFsoCENI/AAAAAAAAqsk/4es3x_9XC0wJR6jmpYlvU0PODE_Zpp02gCLcB/s640/Presiden%2BJokowi.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-zj678QmfAG0/WQPdFsoCENI/AAAAAAAAqsk/4es3x_9XC0wJR6jmpYlvU0PODE_Zpp02gCLcB/s72-c/Presiden%2BJokowi.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/04/jokowi-sediakan-rumah-dp-1-untuk-buruh.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/04/jokowi-sediakan-rumah-dp-1-untuk-buruh.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy