Reshuffle Kabinet, Pengamat Ini Sebut Presiden Bidik Sofyan Djalil

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Sofyan Djalil.

Reshuffle Kabinet, Pengamat Ini Sebut Presiden Bidik Sofyan Djalil
BENTENGSUMBAR.COM - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Sofyan Djalil, diduga kuat sebagai menteri yang masuk target reshuffle Presiden Joko Widodo.

"Kalau Anda tanya kira-kira menteri siapa yang akan dicopot, sebagai seorang ilmuwan politik firasat saya mengatakan Menteri Agraria itu akan dicopot," kata analis politik dan militer Indonesia, Salim Said, dalam diskusi bertajuk "Partai Politik dan Budaya Korupsi" di Puri Denpasar Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin, 25 April 2017.

Salim diminta menanggapi pernyataan Jokowi yang berjanji tak akan segan-segan mencopot menteri jika tak berhasil mencapai target pemerintah.

Hal menyangkut reshuffle disampaikan Jokowi saat menghadiri Kongres Ekonomi Umat (KEU) 2017, Sabtu (22/4).  Dalam sambutannya kala itu, Jokowi memaparkan dua agenda besar untuk mengatasi ketimpangan ekonomi yaitu redistribusi aset dan reforma agraria. Soal redistribusi aset, Jokowi menjelaskan bahwa saat ini terdapat 126 juta bidang tanah, tapi baru 46 juta yang telah disertifikat. Ini jelas masalah, karena warga yang tidak memiliki sertifikat terhambat untuk mengkases modal ke lembaga keuangan. Jokowi pun menetapkan target untuk Menteri Agraria/Kepala BPN mengeluarkan 7 juta sertifikat pada 2018, dan 9 juta sertifikat pada 2019 untuk rakyat.

"Target itu harus bisa diselesaikan. Kalau memang tidak selesai, pasti urusannya akan lain, bisa diganti (menterinya)," tegas Jokowi.

Di mata Salim Said, ancaman reshuffle kabinet merupakan strategi Jokowi untuk menunjukkan bahwa hanya dia yang memegang kendali pemerintahan.

"Itu adalah langkah Beliau untuk menunjukan i'm in command. Apakah dia berhasil atau tidak? Sebab ada orang yang sudah dipilih, tapi dicopot lagi, seperti Rizal Ramli," jelas Salim yang pernah menjadi wartawan sejak zaman Orde Lama.

Reshuffle kabinet merupakan hak prerogatif presiden. Tetapi Salim yakin bahwa perombakan kabinet akan terjadi dalam waktu tidak lama lagi. Sebab, belum lama ini Jokowi juga pernah mengeluh soal pertahanan negara yang kurang optimal.

"Soal siapa yang menggantikan, saya enggak tahu. Yang jelas itu harus orang yang di mata Presiden Jokowi yang mendukung dia, yang bisa kontrol," imbuhnya.

(by/rmol)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Reshuffle Kabinet, Pengamat Ini Sebut Presiden Bidik Sofyan Djalil
Reshuffle Kabinet, Pengamat Ini Sebut Presiden Bidik Sofyan Djalil
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Sofyan Djalil.
https://2.bp.blogspot.com/-n33IehhICsA/WP4-FL5tUaI/AAAAAAAAqd0/UaIw572wo0E65ZCWJcjkUIRSfBqfEYpbACLcB/s640/Sofyan%2BDjalil.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-n33IehhICsA/WP4-FL5tUaI/AAAAAAAAqd0/UaIw572wo0E65ZCWJcjkUIRSfBqfEYpbACLcB/s72-c/Sofyan%2BDjalil.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/04/reshuffle-kabinet-pengamat-ini-sebut.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/04/reshuffle-kabinet-pengamat-ini-sebut.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy