20 Pelajar Asal Sumbar Belajar Pemasaran Online di RKB Sleman

RKB Sleman merupakan sebuah wadah hasil kerja sama BNI dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman.

20 Pelajar Asal Sumbar Belajar Pemasaran Online di RKB Sleman
BENTENGSUMBAR.COM - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI melanjutkan komitmennya mendukung Kementrian BUMN dalam merealisasikan program Siswa Mengenal Nusantara (SMN), yaitu program pertukaran pelajar. Selama delapan hari, Pelajar asal DI Yogyakarta dan Sumatera Barat difasilitasi BNI bekerja sama dengan Primissima di DIY serta 3 BUMN lainnya yaitu Jasindo, Pindad, dan ASDP di Sumatera Barat saling bertukar tempat untuk mengenali keragaman budaya dan kekayaan alam yang dimiliki masing-masing daerah.

Di hari keempat pelaksanaannya Jumat (11/8), BNI mengajak para peserta SMN asal Sumatera Barat ke Rumah Kreatif BUMN (RKB) Sleman.

Arif Suwasono selaku Pemimpin BNI Wilayah Yogyakarta menuturkan, RKB Sleman merupakan sebuah wadah hasil kerja sama BNI dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman yang dibangun untuk memecahkan masalah-masalah UMKM melalui pelatihan dan pendampingan untuk agar hasil olahan dan kerajinan UMKM Sleman dan sekitarbya bisa dipasarkan hingga skala internasional.

"Yang kami bangun adalah produk dan orangnya. Produk diperbaiki kualitasnya agar siap jual, sedangkan sumber daya manusianya kami latih agar berbudaya online, karena tercatat sekitar 80% pengrajin di sekitar Sleman belum akrab dengan pemasaran digital. Selama ini mayoritas dari mereka masih mengandalkan penjualan secara konvensional. Sejak beroperasi, beragam pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) telah diedukasi untuk merambah penjualan internasional secara digital. Mulai dari batik, kerajian dan benda seni khas Sleman hingga kuliner khas serta salak yang merupakan produk unggulan daerah ini," ujar Arif dalam keterangan tertulis, Sabtu (12/8/2017).

Selain mengunjungi RKB Sleman, para peserta juga diajak untuk berwisata sejarah ke Kraton Yogyakarta, Istana Presiden Gedung Agung, Benteng Vredeburg serta berlatih di Sanggar Tari Pujokusuman. Di Kraton Yogyakarta, selain berkeliling melihat arsitektur khas di dalam tembok istana, mereka juga mendapat penjelasan tentang keberadaan kraton lengkap beserta sejarahnya. 

Sedangkan di Gedung Agung, mereka mendapat penjelasan tentang fungsi istana yang menjadi tempat tinggal Presiden Republik Indonesia jika sedang berada di Yogyakarta. Mereka juga diajak berkeliling ke sejumlah ruangan bersejarah di gedung ini serta melihat berbagai koleksi lukisan dari para maestro lukis Indonesia yang karyanya dipajang di Gedung Agung. Sedangkan saat berada di Benteng Vredeburg yang berseberangan dengan Gedung Agung, para peserta berkeliling ke bangunan bergaya kolonial tersebut. Mereka juga menyaksikan diorama yang menceritakan tentang pertempuran merebut kemerdekaan yang berlangsung di kota.

Pengalaman Berharga

Seprah Madeni, salah satu pelajar berprestasi di SMAN 7 Padang yang terpilih untuk mengikuti program SMN ini menuturkan dari kunjungan ini dirinya bisa mendapatkan pengalaman berharga dan menarik. Kunjungan ke RKB Sleman ini dapat memberikan inspirasi, memancing kreativitas serta memotivasi anak didik peserta SMN untuk bisa berwirausaha secara umumnya dan dapat memasarkannya secara digital.

"Di Sumatera Barat sebenarnya juga banyak hal serupa seperti yang ada di Sleman. Tapi belum ada kunjungan semacam ini untuk bisa menyaksikan langsung proses yang dikerjakan untuk meningkatkan kualitas pelaku UMKM. Dengan adanya kegiatan semacam ini tentunya bisa ditiru untuk mengeksplor Sumatera Barat," tambah Seprah.

Anggi Destia Fahrurrozi, salah satu siswi asal Padang yang bersekolah di SMA 1 Kinali Sumatera Barat, mengungkapkan rasa senangnya setelah beberapa hari berada di Yogyakarta. Anggi yang memiliki bakat di bidang pencak silat ini mengatakan bahwa dirinya memanfaatkan waktu sebaik-baiknya selama berada di Yogyakarta untuk bisa menyerap banyak hal yang bisa dilakukan saat pulang ke Sumatera Barat.

"Harapannya dengan adanya acara ini saya bisa lebih mengenal budaya, tradisi serta segala hal yang ada di sini. Pada saat cultural perform nanti, saya bersama para peserta lain akan menyuguhkan Silat Randai yang merupakan kolaborasi silat dan tari," tutup Anggi.

Saat berada di RKB Sleman, 20 siswa dan siswi asal Sumatera Barat diperkenalkan dengan segala hal terkait proses yang dilakukan di tempat ini. Setelah diterangkan tentang proses produksi dan cara pemasaran secara digital, para peserta tersebut juga diajak untuk berkeliling showroom yang menyediakan hasil produksi UMKM. Bahkan sebagian dari mereka juga membeli benda-benda seni serta cinderamata sebagai oleh-oleh saat mereka pulang ke kampung halamannya.

(by/dtc)

COMMENTS

BLOGGER

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: 20 Pelajar Asal Sumbar Belajar Pemasaran Online di RKB Sleman
20 Pelajar Asal Sumbar Belajar Pemasaran Online di RKB Sleman
RKB Sleman merupakan sebuah wadah hasil kerja sama BNI dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman.
https://2.bp.blogspot.com/-drYGKk89fPk/WY8hTrt3NFI/AAAAAAAAuB0/QkvIbnE0cS8-EwglcKV0pcyTndwGcDmkgCLcBGAs/s640/Pelajar.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-drYGKk89fPk/WY8hTrt3NFI/AAAAAAAAuB0/QkvIbnE0cS8-EwglcKV0pcyTndwGcDmkgCLcBGAs/s72-c/Pelajar.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/08/20-pelajar-asal-sumbar-belajar.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/08/20-pelajar-asal-sumbar-belajar.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy