Irwan Prayitno: Mari Kita Latih dan Terapkan Jiwa Berkurban Menjadi Jati Diri

Menurut Irwan Prayitno, Idul Adha merupakan pelajaran dari sosok Nabi Ibrahim yang tulus dan iklas beribadah kepada Allah SWT

Irwan Prayitno: Mari Kita Latih dan Terapkan Jiwa Berkurban Menjadi Jati Diri
BENTENGSUMBAR.COM - Seandainya disetiap keluarga yang mampu melakukan kurban dalam setiap Idul Adha ini di Sumatera Barat, maka semua masyarakat akan dapat menikmati rasa indahnya saling berbagi untuk sesama. Tentu tingkat kemiskinan akan dapat berkurang di daerah ini.

Menurut Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Irwan Prayitno, Idul Adha merupakan sebuah pelajaran dari sosok Nabi Ibrahim yang tulus dan iklas dalam beribadah kepada Allah SWT, dengan melakukan kurban untuk berbagi sebagai upaya menjadi umat yang pandai bersyukur.

"Semonga Idul Adha, juga mengisyaratkan prilaku saling peduli dan membantu satu sama lainnya yang kekurangan. Oleh karena itu mari kita latih dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari jiwa berkurban menjadi jati diri, untuk Indonesia yang lebih baik, khususnya untuk mewujudkan Sumatera Barat yang maju, madani dan sejahtera," ujarnya dalam sambutannya pada penyelenggaraan sholat idul Adha 1438 H di Halaman kantor gubernur, Jum'at, 1 September 2017.

Gubernur Sumatera Barat juga menghimbau panitia masjid atau mushalla yang melaksanakan penyembelihan hewan kurban untuk dapat mendisribusikan daging kurban secara merata. 

"Bagi masjid dan mushalla yang daging kurbannya cukup banyak, sementara masyarakat di sekitar tidak seberapa, untuk dapat membagikan daging kurbannya pada daerah yang peserta kurbannya sedikit atau pada kantong-kantong masyarakat yang kurang mampu," harapnya. 

Dia juga menjelaskan, dibandingkan tahun 1437 H/ 2016 M, jumlah hewan kurban yang berhasil terkumpul pada 1438 H/ 2017 M mengalami peningkatan sebesar 0,077 persen di 19 Kabupaten/ Kota se Sumatera Barat. 

"Dan tahun ini, Presiden RI kembali memberikan 1 (satu) ekor sapi untuk kurban dengan berat kurang lebih 1 (satu) ton, dan akan disembelih esok hari (sabtu) di Masjid Raya Sumbar bersama dengan hewan-hewan kurban lainnya" sebutnya.  

Gubernur Irwan Prayitno juga mengajak masyarakat Sumatera Barat untuk mendoakan kaum muslimin yang sedang menjalankan ibadah haji ditanah suci Mekkah, semoga dapat menjalankan ibadah dengan baik, dan kembali ke tanah air menjadi haji yang mabrur. 

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Hari Besar Islam (PHBI) Sumbar, Ali Asmar menjelaskan, pada tahun ini jumlah hewan kurban di 19 Kabupaten/ Kota se Sumatera Barat sebanyak 40.419 ekor, sedangkan pada tahun lalu berjumlah 40.388 ekor. 

"Tahun ini jumlah hewan kurban tersebut terdiri dari 452 ekor kerbau, 35.258 ekor sapi dan 4.709 ekor kambing, sedangkan untuk tahun lalu kerbau sebanyak 437 ekor, sapi 35. 193 ekor serta kambing 4.758 ekor," terang Ali Asmar.

(zardi)

COMMENTS

BLOGGER

$show=home$hide=mobile

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Agama Catatan BY Celebrity Dunia Ekonomi Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Ranah Bingkuang Ranah Minang Warta Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Irwan Prayitno: Mari Kita Latih dan Terapkan Jiwa Berkurban Menjadi Jati Diri
Irwan Prayitno: Mari Kita Latih dan Terapkan Jiwa Berkurban Menjadi Jati Diri
Menurut Irwan Prayitno, Idul Adha merupakan pelajaran dari sosok Nabi Ibrahim yang tulus dan iklas beribadah kepada Allah SWT
https://3.bp.blogspot.com/-anEtc3WT_38/WakRqciz9gI/AAAAAAAAuvM/CBOBtgpe9PMJdPEscOs4wWHalrDKLsnygCLcBGAs/s640/IP.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-anEtc3WT_38/WakRqciz9gI/AAAAAAAAuvM/CBOBtgpe9PMJdPEscOs4wWHalrDKLsnygCLcBGAs/s72-c/IP.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/09/irwan-prayitno-mari-kita-latih-dan.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/09/irwan-prayitno-mari-kita-latih-dan.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy