Soal Rohingya, AHY: Langkah Pemerintah Harus Kita Apresiasi, Harus Kita Dukung

Soal Rohingya, AHY: Langkah Pemerintah Harus Kita Apresiasi, Harus Kita Dukung
BENTENGSUMBAR.COM - Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengimbau agar Masyarakat Indonesia tidak merespon krisis kemanusiaan yang dialami etnis Rohingya di Myanmar dengan membuat gejolak di negeri sendiri. 

Menurut AHY energi positif Masyarakat Indonesia untuk bela etnis Rohingya dapat diekspresikan melalui pemikiran-pemikiran jika kemampuan untuk melakukan bantuan nyata terbatas.

“Semua langkah dan upaya yang telah dilakukan pemerintah harus kita apresiasi, harus kita dukung. Kita tidak boleh justru menjadi ricuh di dalam negeri sendiri karena itu kontraproduktif dari upaya kita membantu warga Rohingya,” tegas AHY Agus di Club House, Mahogany Residence, Harjamukti, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Sabtu, 16 September 2017 malam.

“Semua upaya untuk menuju ke arah perdamaian Rohingya harus kita dukung melalui pemikiran kalau tidak bisa dengan aksi nyata, lewat pemikiran. Saran-saran strategis pasti dibutuhkan,” lanjut AHY.

AHY menyebut tujuan dukungan terhadap warga Rohingya adalah agar mereka diperlakukan secara manusiawi oleh Pemerintah Myanmar. Untuk itu, pikiran-pikiran solutif diperlukan untuk mengakhiri penderitaan etnis Rohongya di Myanmar.

“Permasalahan yang harus kita carikan solusinya bersama-sama. Kita ingin setiap manusia diperlakukan selayaknya manusia, tanpa melihat perbedaan latar belakang maupun hal-hal lainnya. Itulah yang dinamakan prinsip-prinsip imparsialitas. Kita harus membantu tanpa membeda-bedakan,” imbuh AHY.

AHY mengajak masyarakat untuk mendukung Pemerintah Indonesia menjadi pionir dalam menciptakan perdamaian di Kawasan Asean.

“Kita perlu mendukung upaya pemerintah kita, yang telah dilakukan, dan terus di-follow up dengan berbagai upaya lainnya sehingga kita bisa benar-benar menjadi negara yang dianggap sebagai pioner dalam perdamaian di kawasan,” kata Agus.

“Sebagai sesama anggota ASEAN dan sebagai negara tetangga yang baik, ingin terus memberikan support dalam arti bagaimana kita bisa menghentikan tragedi kemanusiaan tersebut, bagaimana membantu mereka, membuat situasinya lebih baik,” kata AHY.

(by/aktual)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »