Gagal Menentang Usaha Erdogan, Mantan Mendagri Turki Bentuk Partai Baru

Meral Aksener gagal menentang usaha Erdogan untuk memiliki kekuasaan presiden lebih besar dalam referendum pada April lalu,

Gagal Menentang Usaha Erdogan, Mantan Mendagri Turki Bentuk Partai Baru
BENTENGSUMBAR. COM - Seorang politisi nasionalis Turki yang terkenal dan mantan menteri mengumumkan pada Rabu ia sedang membentuk partai baru yang bisa menjadi tantangan bagi Presiden Tayyip Erdogan dalam pemilihan mendatang.

Mantan Menteri Dalam Negeri Meral Aksener, yang gagal menentang usaha Erdogan untuk memiliki kekuasaan presiden lebih besar dalam referendum pada April lalu, mengatakan Turki memerlukan perubahan setelah hampir 15 tahun di bawah kekuasaan Partai AK.

Iyi Parti (Partai Baik) yang dipimpinnya dipandang oleh banyak pihak di Turki berpotensi menjadi salah satu penantang terkuat bagi Erdogan dalam pemilihan-pemilihan parlemen dan presiden yang dijadwalkan tahun 2019, tetapi partai itu mulai dengan hanya sebuah fraksi kecil dari dukungan Partai AK.

Hanya lima anggota dari parlemen yang memiliki 550 kursi telah bergabung dengan partai baru itu walaupun lembaga jajak pendapat mengatakan partai tersebut bisa meraih dukungan dari beberapa partai termasuk Partai AK dan juga kelompok-kelompok nasionalis dan sekuler.

Turki dan rakyatnya sudah jenuh, dan tak ada cara lain untuk mengubah atmosfer politik, kata Aksener dalam acara peresmian partainya di Ankara.

"Kami jalan keluar, Anda jalan keluar. Jalan itu ialah negara Turki yang berpenduduk 80 juta" kata dia, berdiri di depan logo partainya - matahari kuning yang bersinar di langit biru. "Rakyat kita jelas mengatakan mereka menginginkan ... sebuah pemerintahan baru."

Aksener dipecat tahun lalu dari Partai Gerakan Nasionalis (MHP), partai paling kecil di antara tiga partai oposisi di parlemen, setelah melancarkan usaha gagal untuk mendepak ketua partai Devlet Bahceli, yang dukungannya membantu Erdogan meraih kemenangan yang memperluas otoritasnya.

Sejak pemberhentiannya, Aksener yang berusia 61 tahun telah menjadi salah satu tokoh yang bersuara lantang di negara itu, sering mengeritik Erdogan dan pemerintah.

Partai Iyi dapat meraih lebih dukungan lebih sepersepuluh dari yang diperoleh Partai AK, kata Hakan Bayrakci dari SONAR, perusahaan yang melakukan jajak pendapat. Partai itu juga bisa mengikis basis dukungan partai MHP nasionalis dan dan CHP seekuler, katanya.

"Partai Meral Aksener akan memimpin ke arah perubahan-perubahan besar dalam atmosfir politik Turki," kata Bayrakci kepada Reuters. "Ini mungkin tidak terjadi segera tapi bisa terjadi dalam tiga sampai lima bulan ke depan, saya yakin perubahan ini akan dapat terlihat," demikan Reuters.

(yy/antara)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Gagal Menentang Usaha Erdogan, Mantan Mendagri Turki Bentuk Partai Baru
Gagal Menentang Usaha Erdogan, Mantan Mendagri Turki Bentuk Partai Baru
Meral Aksener gagal menentang usaha Erdogan untuk memiliki kekuasaan presiden lebih besar dalam referendum pada April lalu,
https://2.bp.blogspot.com/-yOr-l4m1uuo/WfFsleMSrrI/AAAAAAAAyD8/VBfS2Yw49dEy5iE4L80gp4A0R3rS4u14gCLcBGAs/s640/Meral%2BAksener.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-yOr-l4m1uuo/WfFsleMSrrI/AAAAAAAAyD8/VBfS2Yw49dEy5iE4L80gp4A0R3rS4u14gCLcBGAs/s72-c/Meral%2BAksener.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/10/gagal-menentang-usaha-erdogan-mantan.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/10/gagal-menentang-usaha-erdogan-mantan.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy