KPK: Jakarta Sudah Transparan Soal Anggaran Saat Zaman Ahok

KPK: Jakarta Sudah Transparan Soal Anggaran Saat Zaman Ahok
BENTENGSUMBAR. COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menilai DKI Jakarta merupakan salah satu daerah yang sistem anggarannya sudah transparan saat Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Sebab, saat itu anggaran yang janggal dapat terdeteksi.

"Jakarta sebetulnya sudah transparan waktu zaman ahok. Dia (Ahok) bisa tau nih 'loh kenapa anggaran ini muncul' yang tiba-tiba muncul anggaran GPS," ujar Wakil Ketua KPK Alexander Marwata kepada wartawan di Djakarta Teater, Jl. MH Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 8 Desember 2017.

Menurut Alex dalam menyusunan anggaran suatu daerah diperlukan adanya e-planning dan e-budgeting. Hal itu dimaksudkan untuk meminimalisir negosiasi yang berujung penyelewengan dana.

"Makanya pentingnya e-planning dan e-budgeting, kita harapkan untuk penyusunan anggaran transparan. Masyarakat bisa mengikuti. Kita dorong e-budgeting karena supaya proses negosisasi yang berujung pada perencanaan yang nggak bener itu bisa terhindari," jelasnya.

Alex kemudian menyoroti beberapa daerah lain yang anggaran daerahnya telah transparan. "Saya pikir beberapa daerah yang cukup bagus (transparansi anggarannya adalah) Surabaya, Semarang, Makassar," tuturnya. 

(Sumber: detik.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »