Wagub Nasrul Abit: Makan Bajamba Tanda Orang Minang Bermufakat

Acara makan bajamba dalam rangka memeriahkan Hari Pers Nasional tahun 2018 di Sumatera Barat.

Wagub Nasrul Abit: Makan Bajamba Tanda Orang Minang Bermufakat
BENTENGSUMBAR. COM - Makan Bajamba menandakan orang Minang itu selalu hidup bermusyawarah mufakat dalam pertemuan makan bersama tanpa membeda-bedakan satu sama lainnya.  Kebersamaan menjadi kekuatan dalam membangun nagari dan kaum. 

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Nasrul Abit saat memberikan sambutan pada acara makan bajamba dalam rangka memeriahkan Hari Pers Nasional tahun 2018 di Sumatera Barat bersama beberapa orang Menteri Kabinet Kerja, Duta besar negara sahabat,  ketua PWI dan pengurus,  Ketua Dewan Pers,  Gubernur, pimpinan redaksi media dan utusan insan pers se Indonesia, di Museum Aditiawarman Padang,  Kamis, 8 Februari 2018 malam.

Wagub Nasrul Abit menyampaikan saat ini ada 300 jamba untuk masing -masing jamba 6 orang berarti ada 1.800 orang hadir malam ini. Ini mungkin salah satu makan bajamba terbesar dalam perhelatan di Sumatera Barat. 

Makan bajamba merupakan makan bersama dalam adat, yang biasa dilakukan dalam perhelatan dan peristiwa penting dalam budaya orang minang, ketika akan mengambil keputusan besar dalam kehidupan bermasyarakat di Sumatera Barat. 

HPN ini merupakan salah satu peristiwa penting itu, yang membuka mata dan pikiran banyak orang akan potensi Sumatera Barat dalam berbagai potensi terutama potensi pariwisata alamnya yang indah,  budayannya yang unik dan makanan yang terlezat di dunia,  ungkap Nasrul Abit. 

"Gubernur Irwan Prayitno yang ngak bisa hadit karena mendampingi Presiden Joko Widodo acara di Kabupaten Tanah Datar. Semoga ini tidak mengurangi kemeriahan makam bajamba ini dalam helat HPN 2018, pers berbuat,  pariwisata maju, ekonomi lancar,  masyarakat sejahtera, bangsa bermartabat," ujar Nasrul Abit. 

Selaku tuan rumah peringatan HPN 2018, kami atas nama pemerintah dan masyarakat Sumatera Barat menyampaikan permohonan maaf,  jika ada hal-hal yang kurang berkenan di hati dalam pelayanan selama dal acara ini.  

Tiada maksud hati untuk membuat para tamu kami kecewa,  kami berupaya memberikan hal yang terbaik untuk keutuhan NKRI dan kejayan Pers Indonesia.  Selamat Hari Pers Nasional,jadilah  pers sehat,  profesional dan bermartabat dalam memajukam bangsa  dan negara,  himbau Wagub Nasrul Abit. 

Ketua PWI pusat Margiono, dalam sambutannya menyampaikan acara HPN 2018 dengan acara makan bajamba memang yang luar biasa. 

"Edan makan besar dengan jumlah orang yang banyak. Ini sesuatu yang menarik dan membanggakan, semoga pariwisata Sumbar ke depan semakin maju dan makin disukai untuk  dikunjungi beramai-ramai. Padang sudah dipilih jadi tuan rumah,  bagaimanapun dinamikannha Padang selalu membuatku rindu," ujar Margiono senang. 

Semantara Menteri Komunikasi dan informasi Rudiantara yang mewakili Presiden RI, menyampaikan ucapan terima kasih provinsk Sumbar mau jadi tuan rumah HPN 2018.

"Kita bangga dengan orang Sumatera Barat,  orang Minang,  apalagi Pak Wagub Nasrul Abit amat antusias menyambut tamu yang datang.  Semoga budaya ini menjadikan Sumatera Barat memang pantas menjadi salah satu distenasi wisata Indonesia unggulan," ungkapnya. 

"Kelestarian keindahan alam dan lingkungan,  budaya dan karakter Sumatera Barat hendaknya menjadi khas yang selalu menarik dari bahagian Negara Kesatuan Republik Indonesia ini," ujar Rudiantara.

Editor: Zamri Yahya
Laporan: Zardi Syahrir

COMMENTS

BLOGGER

$show=post

$show=post

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Ekonomi Eropa Film Hukrim Kesehatan KPI Pusat Lifestyle Musik Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Seleb Timur Tengah Warta Warta DPRD Kota Padang Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri Warta KPU Padang Warta Pemko Padang Warta Pemprov Sumbar
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Wagub Nasrul Abit: Makan Bajamba Tanda Orang Minang Bermufakat
Wagub Nasrul Abit: Makan Bajamba Tanda Orang Minang Bermufakat
Acara makan bajamba dalam rangka memeriahkan Hari Pers Nasional tahun 2018 di Sumatera Barat.
https://1.bp.blogspot.com/-uQYNUbesfBI/Wn017DnoRQI/AAAAAAAANLQ/3KQi5C794sg7dRi1I8DZpu8D8rnGjDd1wCLcBGAs/s640/Wagub%2Bbajamba.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-uQYNUbesfBI/Wn017DnoRQI/AAAAAAAANLQ/3KQi5C794sg7dRi1I8DZpu8D8rnGjDd1wCLcBGAs/s72-c/Wagub%2Bbajamba.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2018/02/wagub-nasrul-abit-makan-bajamba-tanda.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2018/02/wagub-nasrul-abit-makan-bajamba-tanda.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy